Bahasa Komoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
bahasa Komoro
Shikomor
Dituturkan di Komoro and Mayotte
Wilayah kepulauan Komoro dan Mayotte; juga Madagascar dan Réunion
Jumlah penutur 700,000  (1993)
Rumpun bahasa
Kode-kode bahasa
ISO 639-3

Bahasa Komoro atau (Shikomor) adalah bahasa yang secara luas dituturkan di kepulauan Komoro, yakni kepulauan yang merdeka di samudera Hindia, juga dituturkan di Mozambique, Madagascar dan juga Mayotte. Bahasa ini sangat mirip dengan bahasa Swahili, dan bahkan dapat dikategorikan sebagai varian atau dialek dari bahasa Swahili, hanya saja bahasa Komoro sangat banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab. Tiap-tiap pulau memiliki dialek yang berbeda-beda; di Anjouan bahasa ini disebut Shindzuani, di Mohéli disebut Shimwali, sedangkan di Mayotte disebut dengan Shimaore, dan di Grande Comore disebut dengan Shingazija. Tidak ada aturan resmi dalam hal penulisan, namun abjad Arab dan Latin dipakai secara luas.

Shimasiwa adalah nama lain dari bahasa Komoro, yang bermakna "bahasa dari pulau-pulau (Komoro)". Bahasa ini adalah bahasa resmi untuk menyanyikan lagu kebangsaan Komoro Udzima wa ya Masiwa.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • (Perancis) Ahmed-Chamanga, Mohamed. (1992) Lexique Comorien (shindzuani) - Français. Paris: L'Harmattan.
  • (Perancis) Ahmed-Chamanga, Mohamed. (1997) Dictionnaire français-comorien (dialecte Shindzuani). Paris: L'Harmattan.
  • (Inggris) Johansen, Aimee. A History of Comorian Linguistics. in John M. Mugane (ed.), Linguistic Typology and Representation of African Languages. Africa World Press. Trenton, New Jersey.

External links[sunting | sunting sumber]