Badai Isaac 2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

| colspan=2 style="text-align: center" | Bagian dari Musim badai Atlantik 2012

Badai Isaac
Kategory 1 badai (SSHS)
Isaac sebagai badai Kategori 1 pada tanggal 28 Agustus, 2012
Terbentuk 21 Agustus 2012
Menghilang 1 September 2012
Angin tertinggi 1 menit berturut:
80 mph (130 km/h)
Tekanan terendah 968 mbar (hPa; 28.59 inHg)
Korban tewas 41 langsung, 3 tidak langsung
Kerusakan $3 billion (2012 USD)
(Perkiraan)
Wilayah terpengaruh Kepulauan Leeward, Puerto Rico, Hispaniola, Kuba, Bahama, Amerika Serikat Tenggara (Florida, Louisiana, Mississippi, dan Alabama)

Badai Isaac adalah sebuah siklon tropis berkecepatan lambat yang menyebabkan kerusakan parah di sepanjang Pantai Teluk Amerika Serikat pada akhir bulan Agustus 2012. Sebelum menjadi badai, Isaac sempat tercatat mencapai tekanan barometrik terendah pada tanggal 28 Agustus 2012, yaitu 976 mbar (hPa).[1] Pada tanggal 21 Agustus, badai ini berkembang menjadi badai tropis. Badai tropis ini melewati Hispaniola dan Kuba, menewaskan sedikitnya 34 orang di Hispaniola, sebelum memasuki Teluk Meksiko.

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat mengatakan bahwa Isaac membawa angin berkecepatan maksimum 95 kilometer per jam, dan menjatuhkan curah hujan hingga 63 sentimeter di beberapa bagian Louisiana, Mississippi, Alabama dan Arkansas. Badai itu diperkirakan akan bergerak menuju bagian barat tengah Amerika yang dilanda kekeringan, dimana hujan sangat dibutuhkan. Isaac melanda Louisiana dan negara-negara bagian Mississippi dan Alabama di Pantai Teluk pada tanggal 30 September sebagai topan kategori satu, yang menyebabkan angin kencang, hujan lebat, dan banjir besar. Ratusan warga di Paroki Plaquemines, Louisiana, sebuah daerah kecil di selatan New Orleans, terkurung air setelah banjir membobol bendungan. Di Teluk Meksiko, badai itu membawa curah hujan sampai 38 centimeter di wilayah rawan banjir di New Orleans sebelum akhirnya melemah. Petugas tanggap darurat mengatakan lebih dari 700.000 orang mengalami pemadaman listrik, sebagian besar di negara bagian Louisiana.[2] Setidaknya 9 kematian telah dikonfirmasi di Amerika Serikat, 5 di Louisiana dan dua masing-masing di Mississippi dan Florida.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Hurricane Isaac (2012)