Kepulauan Leeward

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kepulauan Leeward adalah sebuah kepulauan di Antillen Kecil bagian utara. Dia dinamakan "leeward" (secara harfiah bermakna 'bawah angin') karena angin umum di kawasan itu bertiup dari arah selatan ke utara. Sehingga menurut jurusan angin, Kepulauan Leeward berada di belakang — atau bawah angin — Kepulauan Windward, tempat angin pasat bertiup dari selatan.

Kepulauan Leeward juga merujuk pada wilayah jajahan Britania Raya di kawasan ini, yaitu Antigua, Barbuda, Kepulauan Virgin Britania, Montserrat, Saint Kitts, Nevis, Anguilla dan (hingga 1940) Dominika, dari 1671 hingga 1816 dan lagi dari 1833 hingga 1960. Wilayah jajahan ini bernama Koloni Federal Kepulauan Leeward dari 1871 hingga 1956 dan Teritori Kepulauan Leeward dari 1956 hingga 1960.

Daftar pulau[sunting | sunting sumber]

The Leeward Islands

Berikut ialah daftar pulau yang termasuk dalam Kepulauan Leeward menurut definisi lazim:

Pulau Aves, sebuah pulau kecil dan terpencil, dapat pula dimasukkan dalam daftar itu.

Antillen Belanda sendiri terdiri dari dua kelompok kepulauan dengan nama yang sama — Kepulauan Leeward dan Kepulauan Windward — namun berbeda konvensi penamaan.

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Pembagian antara Kepulauan Leeward dan Kepulauan Windward dalam bahasa Inggris berbeda dengan bahasa lainnya, terutama bahasa Perancis, Spanyol, Jerman, dan Belanda. Dalam bahasa Inggris, pembagian umum ditetapkan di antara pulau Dominika dan Martinique. Sedangkan dalam bahasa Spanyol, pulau-pulau dari Kepulauan Virgin hingga ke sebelah selatan, termasuk Trinidad dan Tobago, dinamakan "Kepulauan Windward"; yang terletak di lepas pesisir Venezuela dinamakan "Kepulauan Leeward".

Selain itu, dalam dialek bahasa Inggris setempat, pulau-pulau dalam Kepulauan Leeward dari Kepulauan Virgin hingga Dominika dinamakan Kepulauan Windward, sama seperti definisi Kepulauan Windward yang lain.