Atari 2600

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seperangkat Atari 2600.

Atari 2600 (atau Atari Video Computer System sebelum November 1982) adalah konsol permainan video oleh Atari, Inc. Dirilis pada tanggal 11 September 1977, terkenal karena mempopulerkan penggunaan perangkat keras berbasis mikroprosesor dan kaset ROM yang berisi kode permainan, format yang pertama kali digunakan dengan konsol video game Fairchild Channel F pada tahun 1976. Format ini kontras dengan model yang lebih tua yang memiliki perangkat keras khusus non-mikroprosesor, yang hanya bisa memainkan game yang dibangun secara fisik ke dalam unit.

Selama lima tahun, 1977 sampai akhir 1982, konsol ini resmi dijual sebagai Atari VCS, sebagai singkatan dari Video Computer System. Setelah perilisan Atari 5200 pada bulan November 1982, VCS diubah namanya menjadi "Atari 2600", setelah nomor bagian Atari unit, CX2600. 2600 biasanya satu paket dengan dua pengendali joystick, sepasang paddle controller, dan kaset permainan: pada awalnya Combat, dan kemudian Pac-Man.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ted Dabney dan Nolan Bushnell mengembangkan sistem game Atari pada tahun 1970an. Awalnya beroperasi dengan nama "Syzygy", Bushnell dan Dabney mengubah nama perusahaan mereka menjadi "Atari" pada tahun 1972.

Pada tahun 1973, Atari Inc. telah membeli sebuah think tank teknik yang disebut Cyan Engineering untuk meneliti sistem video game generasi berikutnya, dan telah mengerjakan prototipe yang dikenal dengan nama "Stella" (dinamai sesuai dengan salah satu sepeda insinyur) untuk beberapa waktu. Tidak seperti mesin generasi sebelumnya yang menggunakan logika kustom untuk memainkan sejumlah kecil permainan, intinya adalah CPU yang lengkap, Teknologi MOS 650 yang terkenal dalam versi hemat biaya yang dikenal sebagai 6507. Ini digabungkan dengan RAM-dan-I. / O chip, MOS Technology 6532, dan sebuah chip display dan sound dikenal sebagai Television Interface Adaptor (TIA). Dua versi pertama dari mesin tersebut berisi chip keempat di sirkuit video, IC penyangga CMOS 4050 standar. Beberapa versi kemudian dari konsol menghilangkan chip penyangga.

Program untuk komputer kecil pada umumnya disimpan di kaset, disket, atau pita kertas. Pada awal 1970-an, Hewlett-Packard memproduksi komputer desktop seharga ribuan dolar, seperti HP 9830, yang memuat Read Only Memory (ROM) ke dalam pelepas kartrid untuk menambahkan fitur pemrograman khusus, dan ini dipertimbangkan untuk digunakan dalam permainan. Awalnya, desainnya tidak akan berbasis kartrid, tapi setelah melihat sistem kartrid "palsu" di mesin lain, mereka menyadari bahwa mereka dapat menempatkan permainan pada kartrid pada dasarnya untuk harga konektor dan kemasannya.

Pada tahun 1976, Fairchild Semiconductor merilis sistem berbasis CPU mereka sendiri, the Video Entertainment System. Stella masih belum siap untuk berproduksi, tetapi jelas bahwa sebelum ada sejumlah produk "saya juga" yang mengisi pasar, yang telah terjadi setelah mereka merilis Pong. Atari Inc. tidak memiliki arus kas untuk menyelesaikan sistem dengan cepat, mengingat penjualan sistem Pong mereka telah mendingin. Nolan Bushnell akhirnya beralih ke Warner Communications, dan menjual perusahaan tersebut kepada mereka pada tahun 1976 seharga US $ 28 juta dengan janji bahwa Stella akan diproduksi sesegera mungkin.

Kunci suksesnya mesin adalah mempekerjakan Jay Miner, perancang chip yang berhasil meremas seluruh bungkus kawat peralatan yang membentuk TIA menjadi satu chip tunggal. Setelah itu selesai dan debugged, sistem sudah siap untuk pengiriman.

Peluncuran[sunting | sunting sumber]

Unit ini awalnya dihargai US $ 199 ($ 786 disesuaikan dengan inflasi), dan dikirim dengan dua joystick dan cartridge Combat (delapan game tambahan tersedia saat diluncurkan dan dijual terpisah). Dalam sebuah langkah untuk bersaing langsung dengan Channel F, Atari Inc. menamai mesin itu Sistem Komputer Video (atau VCS untuk jangka pendek), karena Channel F pada saat itu dikenal sebagai VES, untuk Entertainment Entertainment System. VCS juga dinamakan ulang sebagai Sears Video Arcade dan dijual melalui toko Sears, Roebuck and Company. Terobosan lain untuk sistem game adalah penemuan Atari terhadap lawan yang dikendalikan komputer, bukan tantangan dua pemain biasa atau asimetris di masa lalu. Ketika Fairchild mengetahui tentang nama Atari Inc., mereka dengan cepat mengubah nama sistem mereka untuk menjadi Channel F. Namun, kedua sistem sekarang berada di tengah putaran ganas pemotongan harga: Klon Pong yang telah dibuat usang oleh mesin yang lebih baru dan lebih kuat ini dijual ke diskon untuk harga yang lebih rendah. . Segera saja banyak perusahaan kloning gulung tikar, dan Fairchild dan Atari Inc. menjual ke publik yang benar-benar terbakar habis di Pong. Pada tahun 1977, Atari Inc. menjual 250.000 Video Computer Systems.

Untuk tahun pertama produksi, Sistem Komputer Video diproduksi di Sunnyvale, California. Konsol yang diproduksi di sana memiliki cetakan plastik tebal di sisi dan bawahnya. Bobot tambahan ini ditambahkan ke konsol, dan karena keenam switch berada di depan, konsol ini dijuluki "Heavy Sixers". Setelah tahun pertama ini, produksi pindah ke Hong Kong, dan konsol yang diproduksi di sana memiliki cetakan plastik yang lebih tipis. Pada tahun 1978, hanya 550.000 unit dari produksi yang terjual sebanyak 800.000 terjual, membutuhkan dukungan keuangan lebih lanjut dari Warner untuk menutupi kerugian. Hal ini menyebabkan langsung adanya ketidaksepakatan yang menyebabkan pendiri Atari Inc. Nolan Bushnell meninggalkan perusahaan tersebut pada tahun 1978. Meskipun pensiun Bushnell pada tahun 1978, penemuan game petualangan grafis pertama Warren Robinett, Adventure, dikembangkan pada tahun yang sama dan mengubah dasar-dasar game. karena membuka permainan dengan "ruang virtual lebih besar dari layar". Begitu masyarakat menyadari bahwa bisa bermain video game selain Pong, dan pemrogram belajar cara mendorong kemampuan perangkat kerasnya, VCS mendapatkan popularitas. Pada saat ini, Fairchild telah menyerah, mengira bahwa video game adalah mode yang lewat, sehingga menyerahkan seluruh pasar yang berkembang pesat ke Atari Inc. Pada tahun 1979, VCS adalah hadiah Natal dan konsol terlaris, karena konten eksklusifnya, dan 1 juta unit terjual tahun itu.

Atari Inc. kemudian melisensikan pertarungan arcade yang menghantam Space Invaders oleh Taito, yang sangat meningkatkan popularitas unit saat diluncurkan pada Januari 1980, menggandakan penjualan menjadi lebih dari 2 juta unit. VCS dan cartridge-nya adalah faktor utama di balik Atari Inc. yang menghasilkan pendapatan lebih dari $ 2 miliar pada tahun 1980. Penjualan kemudian meningkat dua kali lipat lagi untuk dua tahun ke depan; Pada tahun 1982, konsol tersebut telah menjual 10 juta unit, sementara game terlaris Pac-Man terjual 7 juta kopi. Konsol ini juga menjual 450.000 unit di Jerman Barat pada tahun 1984. Pada tahun 1982, konsol 2600 biaya Atari sekitar $ 40 dibuat dan dijual dengan harga rata-rata $ 125. Perusahaan menghabiskan $ 4,50 sampai $ 6 untuk memproduksi setiap kartrid dan $ 1 sampai $ 2 untuk iklan, dan menjualnya seharga $ 18,95 grosir.

Pada tahun 1980, VCS diberi revisi kecil di mana saklar kesulitan kiri dan kanan dipindahkan ke bagian belakang konsol, membiarkan empat sakelar di bagian depan. Selain ini, konsol empat saklar ini hampir identik dengan model enam tombol sebelumnya. Pada tahun 1982, versi lain dari konsol empat tombol diluncurkan tanpa woodgrain. Mereka dijuluki "Darth Vader" konsol karena penampilan mereka yang sangat hitam. Ini juga merupakan konsol pertama yang secara resmi disebut "Atari 2600", karena Atari 5200 dirilis pada tahun yang sama. Selama periode ini, Atari Inc. memperluas 2600 keluarga dengan dua konsol kompatibel lainnya. Meskipun panel faux-wood dan yang sekarang tampak grafis primitif, konsol game menjadi sangat populer untuk saat ini.

Namun kemudian, mereka merancang Atari 2700, versi nirkabel konsol yang tidak pernah dilepaskan karena cacat desain. Perusahaan ini juga membangun versi mesin yang lebih ramping yang dijuluki Atari 2800 untuk dijual langsung ke pasar Jepang pada awal 1983, tetapi mengalami persaingan dengan Nintendo Famicom yang baru dirilis.

Dalam sebuah survei yang disebutkan oleh Jeff Rovin dilaporkan bahwa lebih banyak toko melaporkan kerusakan sistem Atari 2600 daripada yang lain, dan pusat perbaikan Atari tampaknya memiliki masalah yang paling banyak dengan konsol yang diproduksi pada tahun 1980. Dalam satu kasus dinyatakan bahwa sebuah sistem diperbaiki lima kali sebelum listrik statis dari karpet ditemukan telah menyebabkan masalah. Pengendali juga merupakan sumber kerusakan karena cara mereka dapat dicengkeram oleh pemain yang memegangnya dengan kepalan tangan mereka, yang memungkinkan pemain untuk terbawa dan kendali berlebihan, yang kemungkinannya kecil dengan sistem lain yang dilepaskan pada saat itu, seperti Magnavox Odyssey², yang memiliki kontroler yang hampir setengah ukurannya kontroler Atari 2600.