Asian Games Musim Dingin 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
VI Asian Winter Games
Asian Games Musim Dingin 2007
Logo VI Asian Winter Games
Slogan: Asian Winter Games Charming Changchun
Jumlah negara peserta 26
Jumlah atlet 796
Jumlah pertandingan 47 dari 10 cabang olahraga
Upacara pembukaan 28 Januari, 2007
Upacara penutupan 4 Februari, 2007
Dibuka oleh Hu Jintao
Janji atlet Li Ye
Janji wasit Yang Jiasheng
Pembawa obor Li Jiajun
Stadion Changchun Five-Role Gymnasium

Asian Games Musim Dingin 2007 adalah Asian Games Musim Dingin yang ke-6 dan diadakan di Changchun, Tiongkok dari 28 Januari 2007 sampai 4 Februari 2007. Ini kali kedua Tiongkok menjadi tuan rumah Asian Games Musim Dingin; pertama kali diselenggarakan di Harbin pada tahun 1996.

[sunting | sunting sumber]

6th winter asiad.png

Logo Asian Games Musim Dingin 2007 digambarkan dengan dua goresan kaligrafi Tiongkok yang membentuk gabungan gerakan dalam olahraga ski jumping dan short-track speed skating dan membawa pesan dari Asian Games Musim Dingin 2007 dengan gambar 3D. Logo dibentuk dengan huruf pertama "C" dari "Changchun".

Huruf "C" dengan warna biru mewakili karakteristik kota Changchun yang dikenal sebagai "kota ilmu pengetahuan dan teknologi" dan "kota es dan salju". Sedangkan huruf "C" dengan warna hijau mewakili karakteristik kota Changchun sebagai "kota hutan" dan "kota musim semi di antara Tembok Raksasa". Warna hijau berarti damai, yang membawa pesan persahabatan yang utama dan persaingan/kompetisi yang kedua.

Logo menggambarkan kedinamisan dan kekuatan dari kebudayaan dan karakteristik wilayah timur laut yang memiliki sikap ramah tamah dan berani dan kebebasan dalam menyampaikan ide-ide baru. Logo tidak hanya dengan jelas menjelaskan semanggat olahraga "tertinggi, tercepat, terkuat" tetapi juga memperlihatkan kesiapan dalam mempersiapkan kesuksesan pelaksanaan Asian Games Musim Dingin dan membangun Changchun baru.[1]

Maskot[sunting | sunting sumber]

6th winter asiad mascot.png

Maskot Asian Games Musim Dingin adalah Lulu, seekor rusa sika, yang dapat ditemukan di sekitar Changchun. Maskot mencerminkan keunikan budaya, pada tradisi tradisional Tiongkok, sika memberikan simbol kesuksesan dan keberuntungan, lemah lembut, kuat, dan gesit atau cepat dalam memberikan respon, yang dengan tepat mencerminkan kecepatan dan kemampuan yang terbaik dari atlet-atlet. Dengan maskot ini diharapkan dapat menampilkan kekuatan dan kecepatan dalam olahraga dan membawa pesan persahabatan dan cinta, sehingga para atlet dan masyarakat Asia dapat merasakan nuansa alami dan manusiawi di Changchun.[2]

Upacara pembukaan[sunting | sunting sumber]

Asian Games Musim Dingin 2007 di Changchun dibuka secara resmi pada 28 Januari 2007 oleh Presiden Republik Rakyat Tiongkok Hu Jintao dihadapan sekitar 10.000 penonton dan ratusan atlet dari seluruh Asia di Changchun Wuhuan Gymnasium.

Asian Games Musim Dingin kali ini diikuti oleh 816 atlet dari 26 negara peserta, termasuk di dalamnya 160 atlet dari tuan rumah dan 1 atlet dari Palestina.

Pada saat defile atlet, Korea Utara dan Korea Selatan bergabung dalam satu bendera, walaupun dalam pertandingan mereka terpisah.

Setalah penyalaan obor dilanjutkan dengan pertunjukan seni dan budaya selama dua jam dengan tema "The Wintery Glow of Changchun".

Musim dingin kali ini yang tidak adanya salju membuat panitia penyelenggara, yang sudah menghabiskan biaya sekitar 490 juta yuan ($63,01 juta) untuk mempersiapkan tempat-tempat pertandingan, harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat salju buatan.[3]

Upacara penutupan[sunting | sunting sumber]

Asian Games Musim Dingin 2007 merupakan Asian Games Musim Dingin terbesar dalam sejarah penyelenggaraan Asian Games Musim Dingin, di mana 45 negara dan region yang tergabung dalam Komite Olimpiade Asia berkumpul bersama. 802 atlet dari 26 negara dan region berpartisipasi dalam 5 cabang olahraga, 10 disiplin dan 47 event. Seluruh atlet mengukir prestasi yang luar biasa hasil kerja keras mereka dan 12 rekor Asian Games terpecahkan.

Pada 4 Februari 2007, pukul 20:15 waktu setempat, Asian Games Musim Dingin 2007 ditutup secara resmi oleh Presiden Wen Jiabao dengan Tiongkok berada di peringkat pertama, dengan 19 emas, 19 perak dan 23 perunggu.

Upacara penutupan Asian Games Musim Dingin 2007 menampilkan pertunjukan seni dan budaya yang bertema "Eternal Asia", yang menggambarkan keindahan timur laut Tiongkok dan hubungan yang harmonis dengan negara-negara lain di Asia.[4]

Olahraga[sunting | sunting sumber]

47 pertandingan dari sepuluh cabang olahraga dipertandingkan pada Asian Games Musim Dingin 2007

Venue[sunting | sunting sumber]

Terdiri dari enam venue untuk 47 pertandingan yang dipertandingkan:

  • Beida Lake Skiing Site - alpine skiing, biatlon, ski gaya bebas, snowboarding
  • Changchun Wuhuan (Five-Role) Gymnasium - upacara pembukaan, upacara penutupan, figure skating, short track speed skating
  • Changchun Municipal Skating Rink - curling
  • Changchun Fu'ao Ice Hockey Rink - hoki es (pria)
  • Jilin Provincial Skating Rink - hoki es (wanita)
  • Jilin Provincial Speed Skating Rink - speed skating

Negara peserta[sunting | sunting sumber]

Asian Games Musim Dingin 2007 membuat suatu catatan baru di mana untuk pertama kalinya seluruh negara anggota Komite Olimpiade Asia mengirimkan delegasinya.

Berikut ini adalah 26 negara yang bertanding serta jumlah atlet yang dikirim

Perolehan Medali[sunting | sunting sumber]

Asian Games Musim Dingin 2007
Oca1.png
Peringkat Negara Medali emas Emas Medali perak Perak Medali perunggu Perunggu Jumlah medali
1  Republik Rakyat Tiongkok 19 19 23 61
2  Jepang 13 9 14 36
3  Korea Selatan 9 13 11 33
4  Kazakhstan 6 6 6 18
5  Mongolia 0 0 1 1
5  Uzbekistan 0 0 1 1

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]