Arnoul I, Comte Flandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Arnoul I, Pangeran Flandria)
Langsung ke: navigasi, cari

Arnoul dari Flandria (tahun 890 – 28 Maret, 965), disebut yang Agung, merupakan seorang Comte Flandria ketiga, yang memimpin Provinsi Flandria, sebuah wilayah yang sekarang adalah barat laut Belgia dan barat daya Belanda.

Arnoul adalah putra Baudouin II dengan Ælfthryth dari Wessex, putri Alfred yang Agung. Ia dinamakan sama seperti leluhur kerabat jauhnya, Santo Arnoul dari Metz; hal ini untuk menegaskan garis keturunan keluarganya dari wangsa Karolingia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Arnoul I dengan hebat mengembangkan pemerintahan Flandria ke selatan, mengambil seluruh atau sebagian dari Artois, Ponthieu, Amiens, dan Ostravent. Ia mengeksploitasikan konflik di antara Charles yang Sederhana dan Robert I dari Perancis, dan kemudian antara Louis IV dan para baronnya.

Dalam ekspansi selatannya Arnoul tidak dapat menghindari konfliknya dengan Normandia, yang mencoba untuk melindungi perbatasan utara mereka. Hal tersebut memimpin pembunuhan Adipati Normandia pada tahun 943, Guillaume, di tangan anak buah Arnoul.

Ancaman Viking menyurut di masa akhir kehidupan Arnoul, dan ia memalingkan perhatiannya kepada reformasi pemerintahan Flandria.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 934 ia menikahi Adele dari Vermandois, putri Herbert II dari Vermandois. Mereka memiliki keturunan sebagai berikut :

Ia juga memiliki seorang putri sebelumnya, Hildegarde.

Arnoul membuat putra sulung dan pewarisnya Baudouin III wakil pemimpin pada tahun 958, namun Baudouin terlalu cepat meninggal pada tahun 962, sehingga Arnoul digantikan oleh anak Baudouin yang masih kecil, Arnoul II.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Baudouin II
Comte Flandria
918–965
bersama dengan Baudouin III (958–962)
Diteruskan oleh:
Arnoul II
Didahului oleh:
Adalolphe
Comte Boulogne
933–964
Diteruskan oleh:
Arnoul II