Charles yang Sederhana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Charles yang Sederhana

Charles III (17 September 879 – 7 Oktober 929), disebut yang Sederhana atau yang Polos (dari Latin Karolus Simplex), merupakan seorang Raja Perancis yang tak dipersoalkan dari tahun 898 s/d tahun 922 dan Raja Lotharingia dari tahun 911 s/d tahun 919/23. Ia adalah anggota keluarga Wangsa Karolingia, yang ketiga dan putra anumerta Louis II dari Perancis dan istri keduanya, Adelaide dari Paris.

Sebagai seorang anak, Charles dihalangi untuk mewarisi tahta pada saat kematian saudara tirinya Carloman pada tahun 884. Para nobel kerajaan sebaliknya meminta sepupunya, Charles III dari Perancis, untuk memerintah. Ia juga dihalangi untuk menjadi ahli waris Charles yang tidak populer, yang digulingkan pada bulan November 887 dan meninggal pada bulan Januari 888, meskipun tidak diketahui jika penurunan tahtanya diterima atau pernah diakui di Frankia Barat sebelum kematiannya. Nobel yang ditunjuk Eudes, pahlawan Pengepungan Paris, raja, meskipun terdapat fraksi yang mendukung Guido III dari Spoleto. Charles diletakkan di bawah perlindungan Ramnulf II dari Poitiers, Daftar Penguasa Aquitaine, yang mencoba menuntut takhta untuknya dan pada akhirnya menggunakan gelar kerajaan itu sendiri sampai ia berdamai dengan Eudes. Akhirnya, pada tahun 893 Charles dimahkotai oleh sebuah fraksi yang menentang Eudes di Katedral Reims. Ia efektif menjadi penguasa hanya dengan kematian Eudes pada tahun 898.[1]

Pada tahun 911 Charles mengalahkan pemimpin Viking Rollo, membuatnya menandatangani Perjanjian Saint-Clair-sur-Epte yang membuat Rollo kaki tangannya dan membuatnya menjadi penganut Kristiani. Charles kemudian memberinya wilayah di sekitar Rouen, di jantung yang kemudian menjadi Normandia dan putrinya Gisela di dalam sebuah pernikahan. Pada tahun yang sama perjanjian dengan Viking, Louis si Bocah, Raja Jerman, wafat dan para nobel Lotharingia, yang setia padanya, dibawah pimpinan Régnier I dari Hainaut, mendeklarasikan Charles sebagai raja baru mereka, memutuskan diri dari bangsa Jerman yang telah memilih Konrad dari Franken sebagai raja.[1] Charles tried to win their support by marrying a Lotharingian woman named Frederuna, who died in 917. He also defended the country against two attacks by Conrad, King of the Germans.[2]

Kerajaan yang dipimpin oleh Charles yang Sederhana pada tahun 915 (merah)

Pada tanggal 7 Oktober 919 Charles menikah kembali dengan Eadgifu, putri Edward Tua, Raja Inggris. Pada saat itu sifat memanjakan Charles kepada seseorang yang bernama Haganon telah membuat para aristokrasi menentangnya. Ia menghadiahkan Haganon biara-biara yang telah dihadiahkan kepada baron-baron lainnya, mengasingkan para baron tersebut. Di Lotharingia ia bermusuhan dengan adipati yang baru, Gilbert, yang mengumumkan untuk raja Jerman Heinrich I dari Sachsen pada tahun 919.[1]Akan tetapi oposisi kepada Charles di Lotharingia tidak universal, dan ia mendapatkan dukungan dari Wigerich. Pada tahun 922 beberapa baron dari Frankia Barat, yang dipimpin oleh Robert dari Neustria dan Rudolph dari Bourgogne, memberontak. Robert, yang merupakan saudara Eudes, terpilih oleh para pemberontak dan dimahkotai di dalam oposisi kepada Charles, yang harus melarikan diri ke Lotharingia. Pada tanggal 2 Juli 922, Charles kehilangan pendukungnya yang paling setia, Herve, Uskup Agung dari Rheims, yang menggantikan Foulques pada tahun 900.

Ia kembali pada tahun berikutnya (923) dengan pasukan Norman namun dikalahkan pada tanggal 15 Juni di dekat Soissons oleh Robert, yang tewas di medan perang.[1] Charles ditangkap dan dipenjarakan di dalam sebuah kastil di Péronne di bawah pengawalan Herbert II dari Vermandois.[3] Rudolph dipilih untuk menggantikannya. Pada tahun 925 Lotharingia menerima Rudolph sebagai raja mereka. Charles meninggal di dalam penjara pada tanggal 7 Oktober 929 dan dimakamkan di biara terdekat Saint-Fursy. Meskipun ia memiliki banyak keturunan dari Frederuna, hanya putranya Eadgifu yang akhirnya dimahkotai pada tahun 936 sebagai Louis IV dari Perancis. Setelah kekalahan Charles, Eadgifu dan Louis melarikan diri ke Inggris.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Michel Parisse, "Lotharingia", The New Cambridge Medieval History, III: c. 900–c. 1024, ed. Timothy Reuter (Cambridge: Cambridge University Press, 2005), 313–15.
  2. ^ Gwatking, H. M., Whitney, J. P., et al. Cambridge Medieval History: Volume III—Germany and the Western Empire.
  3. ^ Jean Dunbabin, "West Francia: The Kingdom", The New Cambridge Medieval History, III: c. 900–c. 1024, ed. Timothy Reuter (Cambridge: Cambridge University Press, 2005), 378–79.

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Eudes
Raja Frankia Barat
898–922
Diteruskan oleh:
Robert I
Didahului oleh:
Louis si Bocah
Raja Lotharingia
911–919/23
Diteruskan oleh:
Gilbert dari Lorraine