Arjawinangun, Cirebon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Arjawinangun
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Cirebon
Pemerintahan
 • Camat -
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan -
Penjual gado-gado di Arjawinangun pada tahun 1955

Arjawinangun adalah sebuah kota kecamatan di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak di bagian barat Kabupaten Cirebon, yang cukup dekat dengan Kabupaten Indramayu. Terletak di pesisir Pantai Utara Jawa Barat. Kota kecamatan yang cukup strategis ini dilewati jalan propinsi yang lebih dikenal dengan jalur Pantura, dilewati oleh jalur Kereta Api Lintas Jawa. Jika anda yang biasa pulang kampung dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur melewati jalur pantura pasti anda melewati kota kecamatan ini.

Potensi Yang Dimiliki Oleh Arjawinangun

Mata Pencaharian : Pedagang, 60 % Petani, 40 Lain-lain, 30%

Bila dilihat dari mata pencaharian penduduk, mungkin perdagangan sangatlah memegang peranan penting dalam perekonomian Arjawinangun. Geliat ekonomi Arjawinangun memang sangat terlihat di pasar-pasar tradisional bahkan menjamur hingga seluruh sudut kota.

Aset yang sangat besar yang dimiliki oleh Kecamatan Arjawinangun adalah pasar kain atau tekstil yang di klaim terbesar di Asia Tenggara, yang mampu menyaingi pasar-pasar tekstil lainnya. Pasar ini mampu memberikan pendapatan terbesar untuk Kabupaten Cirebon.

Namun sebagai daerah yang ada di sebuah negara agraris ,Kecamatan Arjawinangun pun tetap mengandalkan hasil pertaniannya yang siap di kirim ke berbagai pasar Tradisional di jawa Barat termasuk pasar tradisional yang dimiliki Arjawinangun. Komoditas pertainian yang sangat Vital yang dimilki oleh Arjawinangun adalah Padi, tanaman Palawija, dan buah-buahan seperti jambu biji.

Dari Sektor Industri Arjawinangun pun memiliki beberapa Industri-industri rotan yang merupakan komoditi ekspor di Kabupaten Cirebon. Dilihat dari kemajuan tekhnologi Arjawinangunpun sudah bisa mensejajarkan dengan daerah lainnya di Jawa barat. Komunikasi yang sudah merambah hingga ke Dunia Internet, Beberapa BTS yang sudah banyak terpasang, selain yang dimilki oleh Perusahaan telekomunikasi milik pemerintah. Geliat nya sudah banyak terlihat, dari banyaknya pengguna jasa Telekomunikasi Seluler yang membuat makin banyaknya pengusaha-pengusaha yang berkecimpung dalam dunia Komunikasi Seluler, untuk memenuhi kebutuhan akan Telekomunikasi.

Menjamurnya Internet pun mungkin tidak akan terbendung lagi, hal ini dikarenakan imbas dari masuknya saluran-saluran TV baik lokal maupun Nasional, Pelajaran Ilmu Komputer yang sudah dimasukkan dalam kurikulum pendidikan khususnya untuk muatan Lokal.

Beberapa Faktor mampu membuat Arjawinangun semakin maju, salah satunya adalah Jalan Propinsi yang melewati kota Arjawinangun. Secara tidak langsung mampu menularkan kemajuan-kemajuan yang datang dari kota besar Jakarta. Mobilitas yang tinggi inilah yang menjadikan kota Arjawinangun selalu menerima pengaruh-pengaruh dari luar.

Beberapa sarana Akhirnya dibuat untuk menunjang kemajuan di kota Arjawinangun.


Sarana Perdagangan Pasar Sandang Tegalgubug, Arjawinangun sudah terkenal di pasar Nasional, terletak di sisi jalan jalur pantura. Terdapat juga pasar tradisional dan pasar ayam yang terletak di pusat kota kecamatan ini.

Sarana Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Arjawinangun yang sudah dilengkapi dengan sarana-sarana pendukung kesehatan yang memadai, terletak tepat di sisi jalan jalur patura.


Sarana Pendidikan Tersedianya sekolah-sekolah dari tingkat dasar hingga SMU, dari sekolah milik pemerintah hingga swasta. Pondok Pesantren yang sudah dikenal di berbagai daerah, bisa anda temui disini dibawah asuhan ulama-ulama handal asli Arjawinangun. Beberapa sekolah negeri di Arjawinangun : 1. SDN 1 Arjawinangun 2. SDN 2 Arjawinangun 3. SDN 3 Arjawinangun 4. SDN 4 Arjawinangun 5. SDN 5 Arjawinangun 6. SDN 6 Arjawinangun 7. SDN 1 Jungjang 8. SDN 2 Jungjang 9. SDN 3 Jungjang 10. SMPN 1 Arjawinangun 11. SMPN 2 Arjawinangun 12. SMAN 1 Arjawinangun

Sarana Peribadatan Tiga rumah ibadah bisa anda temukan di Arjawinangun Wihara yang berhadapan langsung dengan Gereja, Masjid yang terletak di jantung Kota Alun-alun . Ini sebagai simbol bahwa kerukunan umat beragama sangat terjaga dan kebebasan beribadah masing-masing umat beragama pun sangatlah terjamin. Rumah peribadatan tersebut juga berdekatan dengan sekolah negeri, yaitu SDN 1 Arjawinangun, SDN 2 Arjawinangun, SDN 3 Arjawinangun, SDN 4 Arjawinangun, dan SMPN 1 Arjawinangun

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Arjawinangun
  2. Bulak
  3. Geyongan
  4. Jungjang Wetan
  5. Jungjang
  6. Karangsambung
  7. Kebonturi
  8. Rawagatel
  9. Sende
  10. Tegalgubug Lor
  11. Tegalgubug