Ann Maulina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ann Maulina
Lahir21 September 1992 (umur 31)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Pekerjaan

Ann Maulina (Lahir 21 September 1992) adalah seorang komikus, ilustrator, sekaligus seniman gim Indonesia yang sudah banyak menggarap proyek komik dan gim.[1] Salah satu karyanya yang dikenal secara internasional adalah komik dari sebuah gim playstation 4 berjudul Horizon Zero Dawn.[2] Karya Ann yang berjudul Raruurien juga pernah menerima penghargaan Bronze Award dari International Manga Awards.[3]

Karier[sunting | sunting sumber]

Ann sudah memulai kariernya sebagai game artist bahkan sebelum lulus kuliah. Pada tahun 2013, Ia pernah menjadi magang di sebuah rumah produksi bernama Jotter Production yang banyak mengerjakan proyek desain dan ilustrasi gim.[1]

Pada Tahun 2014, Ann telah menyelesaikan pendidikannya sebagai mahasiswa Desain Komunikasi Visual di Institut Teknologi Nasional Bandung, dengan proyek akhir sebuah permainan papan bernama Sam Numit yang inspirasinya diambil dari cerita rakyat Timun Mas.

Setelah lulus, Ann bekerja di salah satu perusahaan pengembang gim, Tinker Games. Selain bekerja sebagai seniman gim di Tinker, Ia juga mengerjakan proyek komik sampingan berjudul Glow yang diprakarsai oleh perusahaan Mythopoeia. Dalam pengerjaan komik Glow ini, Ann juga bekerja dalam satu tim dengan seniman Indonesia Bryan Valenza.[4]

Pada tahun 2015, Ann bersama kedua teman kantornya Mukhlis Nur dan Dewitri Virika membuat grup yang berisikan komikus dan ilustrator dengan nama Krōma. Bersama kedua rekannya, Ann menerbitkan komik bernama Comic Anthology Kroma pada November 2015 yang awalnya diterbitkan secara indi dan diterbitkan kembali oleh penerbit Bentang Komik dengan nama Kroma: magic I.[5] Raruurien adalah salah satu dari tiga judul yang terdapat dalam komik antologi tersebut. Dalam perkembangannya, Raruurien sempat diterbitkan dalam platform Webtoon sebagai kanvas komik hingga akhirnya dilanjutkan secara independen di situs daringnya sendiri. Pada tahun 2017, komik Raruurien mendapatkan Bronze Award pada acara penghargaan tahunan International Manga Award ke-10.

Lalu, pada tahun 2019, Ann direkrut oleh perusahaan komik asal Britania Raya, Titan Comics. Ia bersama Anne Toole sebagai penulis ceritanya, membuat beberapa novel grafis yang merupakan adaptasi cerita dari gim konsol Playstation 4 Horizon Zero Dawn. Judul novel grafis yang mereka buat antara lain Horizon Zero Dawn - Free Comic Book Day Issue yang terbit pada bulan Juli 2020 dan Horizon Zero Dawn Vol.1: The Sunhawk yang penerbitan pertamanya dipecah kedalam empat isu mulai dari Agustus 2020 hingga November 2020. Ia juga pernah mengerjakan komik dari Marvel sebagai inker dan juga penciler. Pada Maret 2023, kekayaan intelektual Raruurien mulai memasuki media lain berupa virtual space. Ann bekerjasama dengan Assemblr Metaverse membuat pameran digital dengan nama Raruurien Art Exhibition. Melalu ruang digital ini, karya-karya Ann dapat dinikmati dalam bentuk Tiga Dimensi (3D).[6] Selain membuat komik, Ann juga masih aktif sebagai Ilustrator pekerja lepas. Ia sempat mengerjakan sampul komik untuk Marvel dan DC.

Karya[sunting | sunting sumber]


  1. ^ a b Fahmi, Mohammad (11 Oktober 2015). "[Artistalk] Inspirasi dari Keluarga, Menjadi Ilustrasi Berharga – Wawancara dengan Ann Maulina dari Tinker Games". TechinAsia. Diakses tanggal 18 Maret 2023. 
  2. ^ Pratnyawan, Agung (18 Februari 2022). "Orang Indonesia Jadi Ilustrator Terpilih di Peluncuran Horizon Forbidden West". Suara.com. Diakses tanggal 18 Maret 2023. 
  3. ^ Paramitha, Tasya (30 Desember 2016). "Dua Anak Bangsa Menang di International Manga Awards 2016". Viva. Diakses tanggal 18 Maret 2023. 
  4. ^ "2018 Plans & Announcements". Mythworks. 7 Februari 2018. Diakses tanggal 25 Mei 2023. 
  5. ^ "Bentang Komik & Penyihir Kroma Hadir di Popcon Asia 2016". Bentang Pustaka. 21 Januari 2019. Diakses tanggal 25 Mei 2023. 
  6. ^ "Event Recap: Space Dive with Raruurien". assemblr. 21 Maret 2023. Diakses tanggal 25 Mei 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]