Maza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maza

Maza
Maza dilukis oleh Adam dari komik Patriot pada tahun 1996.

Penerbit Bumilangit Komik
Muncul
perdana
1968
Pencipta Harya Suraminata (Hasmi)
Karakteristik
Nama KarakterKanigara
SpesiesManusia
Afiliasi
kelompok
Patriot
Rekan perjuanganGundala
Godam
Aquanus
Kalong
Tira
Merpati
Boga
Jin Kartubi
Sembrani
Pangeran Mlaar
Kemampuan
  • Kekuatan super
  • Memiliki belati yang dapat muncul jin (Jin Kartubi) yang tunduk atas perintahnya.

Maza adalah tokoh superhero komik ciptaan Hasmi. Muncul pertama kali pada tahun 1968.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Cover Maza di Negeri Jin, gambar oleh Hasmi.

Dalam suatu mimpi, Kanigara merasa dirinya adalah Maza. Seekor ular bernama Schobin meminta tolong kepadanya untuk menemukan sebuah mutiara biru dan putrinya yang bernama Vatienc. Pencurinya adalah penyihir jahat bernama Rahczor. Rahczor tinggal di Pulau Tengkorak Hitam. Ketika Maza bertemu penyihir itu dia meminta tebusan kepada Maza berupa tengkorak harimau putih bertanduk tiga. Orang-orang dari suku Galar membantu Maza menemukan benda tersebut. Rachzor melakukan kecurangan. Begitu tahu Maza telah berhasil dia menghadapkan Maza dengan monster-monster ciptaannya. Ketika itu pula Jin Kartubi datang menolong Maza dan membunuh Rachzor. Vatienc ditemukan. Segala sihir Rachzor sirna. Ular Schobin kembali ke wujud manusia. Raja Schobin. Mutiara biru juga telah kembali. Kartubi memberi Maza sebuah cincin. Ketika Maza merambati sebuah tebing ia terjatuh dan terbangunlah Kanigara dari mimpinya. Tiba-tiba sebuah kuas dengan cincin ajaib melingkar di gagangnya berbicara. Rupanya itu adalah suara Kartubi yang memberi tahu bahwa mimpi itu adalah tanda suatu kenyataan. Kanigara tanpa maksud tertentu mengetukkan kuasnya di meja dan ia pun berubah menjadi pria kekar bernama Maza Sang Penakluk, kemudian kuas berubah menjadi belati.

Patriot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996 Godam, Gundala, Aquanus dan Maza muncul dalam suatu serial komik Patriot.

Maza adalah salah satu anggota/bagian dari kelompok superhero yang bernama Patriot, dipimpin oleh seorang superhero wanita yang bernama Sri Asih.

BumiLangit [R]evolusi Maza: Prince of Dream[sunting | sunting sumber]

BumiLangit Revolusi Maza
Maza versi BumiLangit [R]evolusi, digambar oleh tim Mamomics

Pada tahun 2017, BumiLangit Komik membuat versi baru dari Maza bernama [R]evolusi Maza: Prince of Dream yang dibagikan gratis melalui situs Facebook.[1] Cerita ini ditangani oleh editor BumiLangit, Oyasujiwo (Nama asli: Goklas Teguh Sujiwo) dan ilustrasi dibuat oleh tim Mamomics.

Identitas asli Maza terbaru ini bernama Imaji, seorang pelukis muda yang terkenal karena caranya melukis dan juga wajahnya yang tampan. Imaji melukis dengan cara yang teatrikal, seperti menggunakan sepeda motor untuk membuat lukisan di lapangan dan pistol cat untuk membuat lukisan di gedung bertingkat.

Namun setelah kecelakaan di pertunjukan terakhirnya yang membuat kekasihnya, Renjana, lumpuh dan tidak sadarkan diri, Imaji ditinggal sponsor-sponsornya, dihujat oleh orang tua Renjana, dan nyaris dibunuh oleh kedua adik lelaki Renjana. Saat adik-adik lelaki Renjana akan melakukan pukulan terakhir dengan pemukul bisbol, muncul Jin Kartubi menyelamatkan Imaji.

Saat Imaji dirawat di rumah sakit, Kanigara mengunjunginya dan mengatakan "Istirahatlah dulu... tugas besar menantimu...". Imaji memanggil Kanigara dengan sebutan "Paman", tetapi tidak dijelaskan apakah Imaji mempunyai hubungan keluarga dengan Kanigara.

Imaji pun bangkrut, tinggal di sebuah rumah tua di kota Bandung dan terus dihantui rasa bersalah terhadap Renjana dan keluarganya. Di malam hari, Imaji bertarung sebagai Maza didampingi oleh Jin Kartubi yang kali ini berwujud macan kumbang.

Maza versi [R]evolusi bertarung di alam mimpi, melawan siluman-siluman yang merasuki alam pikiran manusia, membuat manusia menjadi tidak terkendali emosinya dan bermata merah. Setiap Maza berhasil menang, musuhnya akan membekas menjadi mural di dunia nyata, mural ini tidak bisa dihapus, tapi akan hilang dalam beberapa hari.

Komik [R]evolusi Maza memperkenalkan karakter mahasiswi bernama Karin yang memburu mural-mural misterius yang dihasilkan oleh Maza agar media sosialnya mendapatkan lebih banyak likes, follower dan menghasilkan banyak uang. Perburuan muralnya menyebabkan dia diserang oleh sekelompok pemuda mabuk yang dirasuki emosinya oleh siluman, Karin akhirnya diselamatkan oleh Imaji.

Meskipun Imaji/Maza adalah tokoh utama, komik ini diceritakan berdasarkan sudut pandang Karin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hasmi, 1970, Maza Rumah Seribu Bunga.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BumiLangit [R]evolusi Maza: Prince of Dream eps. 01". [R]evolusi Maza: Prince of Dream eps. 01. 2019-05-19. Diakses tanggal 2019-09-02.