Anak Basket

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anak Basket
Poster
SutradaraRully Manna
ProduserTia Hendani
SkenarioBaskoro Adi
Berdasarkan
Anak Basket the Series
oleh Dahsyatnya 2020
Pemeran
SinematograferMemet Nakesh
PenyuntingM.Sandi Prasetyo
Perusahaan
produksi
DistributorMedia Nusantara Citra
Tanggal rilis
  • 29 Mei 2021 (2021-05-29) (RCTI+)
Durasi75 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia

Anak Basket adalah film drama romantis Indonesia tahun 2021 yang disutradarai oleh Rully Manna.[1][2] Film ini diadaptasi dari Anak Basket the Series yang merupakan segmen sketsa dari program televisi Dahsyatnya 2020. Selain itu, film ini dibintangi oleh Randy Martin, Yoriko Angeline, dan Anrez Putra Adelio.[3] Film Anak Basket ini tayang secara eksklusif 29 Mei 2021 di RCTI+.[4]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Randy (Randy Martin), seorang anak basket andalan SMA Nusantara jatuh cinta kepada anak baru bernama Tiara (Yoriko Angeline), teman lamanya sewaktu SMP. Tapi di waktu yang sama, Valdo (Anrez Putra Adelio), anak kaya raya juga jatuh cinta kepada Tiara. Saat Valdo mengetahui Tiara suka dengan anak basket, Valdo memaksa masuk tim basket dan mengusik usaha Randy.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Perilisan trailer[sunting | sunting sumber]

Teaser trailer dari film Anak Basket diunggah di Instagram MNC Pictures (@mncp_movie) pada tanggal 22 Mei 2021 berdurasi 16 detik.[5]

Bersamaan dengan pengunggahan teaser trailer dari film Anak Basket, MNC Pictures juga menggugah foto yang mengumumkan bahwa film Anak Basket tayang eksklusif di RCTI+ mulai 29 Mei 2021.

Selain itu, MNC Pictures juga menggugah klip film dalam platform digital RCTI+ sebelum penayangan film. Terdapat 3 klip film yang masing-masing berjudul "Persaingan Dua Pujangga Basket" yang berdurasi 59 detik, "Janji Valdo untuk Tiara" yang berdurasi 24 detik, dan "Semua Dipertaruhkan Demi Cinta" yang berdurasi 16 detik. Klip berjudul "Semua Dipertaruhkan Demi Cinta" merupakan teaser trailer yang sebelumnya diunggah di Instagram @mncp_movie.

Pada tanggal 27 Mei 2020, MNC Pictures (@mncp_movie) mengunggah teaser trailer 2 yang merupakan klip film yang sebelumnya diunggah di RCTI+ berjudul "Janji Valdo untuk Tiara" yang berdurasi 24 detik.

Official trailer dari film Anak Basket diunggah di Instagram MNC Pictures (@mncp_movie) pada tanggal 28 Mei 2021 berdurasi 59 detik. Sebenarnya trailer ini merupakan klip film yang sebelumnya diunggah di RCTI+ berjudul "Persaingan Dua Pujangga".

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Judul lagu Penyanyi Komposer Produksi
"Terpesona" Isyana Sarasvati, ft Gamaliel Tapaheru Isyana Sarasvati, Daniel Caesar Sony Music Indonesia
"Kau adalah" Isyana Sarasvati, ft Rayi Putra Rahardjo Alam Urbach Sony Music Indonesia
"I..I..Love" Asora Ayiela sora, Fia, Daniel Samarkand Soundsbettermusic
"Tiba-Tiba"
Andmesh Kamaleng
HITS Records
"Demi Waktu" Ungu Enda Trinity Optima Productions
"Tak Terbalas" Drive E-Motion Entertainment
"Cobalah Mengerti" NOAH Ariel Musica Studio's
"Aku Jatuh Cinta" Coldien Badai

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Film Anak Basket diadaptasi dari sebuah drama televisi atau segmen sketsa dari acara televisi Dahsyat 2020–2021 berjudul Anak Basket the Series. Drama ini menceritakan kisah cinta seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), yaitu Tiara (Tiara Andini) dengan pebasket Anrez (Anrez Adelio).

Sketsanya sendiri terdiri dari 7 episode dengan durasi per episode antara 11–13 menit. Seluruh episode tersebut didistribusikan di kanal YouTube RCTI pasca penayangan di televisi.

Pemeran versi sketsanya terdiri dari Tiara Andini, Anrez Adelio dan Randy Martin sebagai pemeran utama dengan tambahan Ayu Dewi dan Raffi Ahmad yang merupakan pembawa acara DahSyat serta Dede Sunandar sebagai pemeran pendukung. Denny Cagur berperan sebagai sutradara dari sketsa tersebut.[6]

Trivia[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SEGERAAA! RCTI+ Original Movie Anak Basket..." Instagram. @rctiplusofficial. 5 Mei 2021. Diakses tanggal 8 Mei 2021. 
  2. ^ "Penasaran sama Anak Basket? Stay Tune terus..." Instagram. @rctiplusofficial. 6 Mei 2021. Diakses tanggal 8 Mei 2021. 
  3. ^ "@randymartinn @anzadelio @yorikooangln_ siap menemani waktu nontonmu dalam Anak Basket mulai 29 Mei 2021!..." Instagram. @mncp_movie. 22 Mei 2021. Diakses tanggal 22 Mei 2021. 
  4. ^ "Nonton Streaming Anak Basket Online Sub Indo". RCTI+. Diakses tanggal 22 Mei 2021. 
  5. ^ "Bakal sengit banget nih 😳 Vibesnya Anak Basket nggak nahan!..." Instagram. @mncp_movie. 22 Mei 2021. Diakses tanggal 22 Mei 2021. 
  6. ^ Untari, Pernita Hestin. "Anak Basket The Series Episode 4 Hadir Hari Ini di Dahsyatnya 2020". Okezone.com. Diakses tanggal 11 Juni 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]