Anárion

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anárion adalah karakter fiksi dalam legendarium Middle-earth J.R.R. Tolkien. Namanya berasal dari Anar, yang berarti "Matahari" dalam bahasa Quenya yang diciptakan Tolkien. Ia adalah putra Elendil dan saudara Isildur, dan bersama mereka mendirikan Kerajaan Pengasingan di Dunia-Tengah setelah kejatuhan Númenor.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Anárion, bersama dengan ayah dan saudara lelakinya, adalah para pemimpin Kaum Yang Setia, minoritas kecil Númenórean yang menentang kekuasaan gelap Raja Ar-Pharazôn dan anggota dewannya, Sauron. Pada S.A. 3319 ketika Ar-Pharazôn menyerang tanah Aman, sembilan kapal Orang Yang Setia melarikan diri ke timur (empat kapal Elendil, tiga Isildur, dan dua Anárion). Mereka dipisahkan oleh badai besar yang muncul selama Kejatuhan. Elendil mendarat di Dunia-Tengah bagian utara dekat kerajaan Elves di Lindon dan di sana mendirikan wilayah Arnor. Namun, Isildur dan Anárion mendarat di selatan dan mendirikan wilayah Gondor pada tahun 3320.

Anárion dan Isildur memerintah bersama di Gondor dan terutama bertanggung jawab atas pemerintahan kerajaan. Mereka mendirikan kota Minas Anor dan Minas Ithil, serta jembatan dan kota Osgiliath. Nama-nama Elendil, Isildur, dan Anririon, masing-masing merujuk pada bintang-bintang, bulan, dan matahari; demikian juga, ini diperingati di Osgiliath "benteng bintang-bintang"; di Ithilien dan Minas Ithil "menara bulan"; dan di Anórien dan Minas Anor "menara matahari".

Tetapi Sauron juga selamat dari Kejatuhan Númenor dan masuk kembali Mordor pada 3320. Pada S.A. 3429 Sauron menyerang Gondor dengan kekuatan yang cukup besar untuk mengambil Minas Ithil dan memaksa Isildur melarikan diri. Sementara Isildur, istri dan putra-putranya berlayar dari Gondor mencari bantuan Elendil, Anárion mempertahankan Osgiliath dan mampu memukul mundur pasukan Sauron kembali ke pegunungan. Namun Sauron mengumpulkan kekuatan yang lebih besar dan Anárion tahu bahwa tanpa bantuan, Gondor akan jatuh.

Bantuan datang ketika Elendil, Isildur, dan Dúnedain Arnor, bersekutu dengan Raja Elf Gil-galad, membentuk Aliansi Terakhir Elves dan Manusia dan berbaris ke selatan. Anárion bergabung dengan tentara tersebut di dataran antara Cirith Gorgor dan Rawa-rawa kematian dan bertempur dalam Pertempuran Dagorlad. Aliansi tersebut memasuki Mordor dan mengepung Barad-dûr, tetapi Anarion terbunuh oleh batu yang dilemparkan pada tahun T.A. 3440.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Anárion memiliki empat anak, yang termuda adalah seorang putra, Meneldil. Meneldil adalah orang terakhir yang lahir di Númenor sebelum kehancurannya. Dikatakan bahwa dia sangat senang dengan kepergian Isildur dan putra-putranya. Setelah Bencana di Lapangan Gladden, Meneldil menjadi Raja Gondor dan kedua kerajaan di pengasingan terasing.

Helm perang Anárion, yang juga digunakan sebagai mahkota, hancur ketika dia terbunuh. Helm perang Isildur digunakan untuk penobatan Raja Gondor. Untuk menghormati para pendiri, Raja Rómendacil II membangun Pilar Para Raja yang diukir dalam bentuk yang mirip dengan Anarion dan Isildur di Argonath. Patung-patung Anárion dan Isildur yang monumental menjaga perbatasan Gondor paling utara di Gerbang Argonath di sungai Anduin.

Garis Keturunan Anárion bertahan lebih dari dua ribu tahun. Namun garis keturunan Anárion menyusut dan akhirnya menghilang ketika Raja Eärnur meninggal tanpa anak. Sejak saat itu, para Pengurus Tahta memerintah atas nama House of Anárion.

Garis keturunan Anárion dan Isildur dipersatukan kembali oleh perkawinan keturunan Anárion, Firiel dari Gondor, dengan keturunan Isildur, Arvedui dari Arthedain. Keturunan mereka, Aragorn pada akhirnya menjadi raja Kerajaan Reunited.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. The Silmarillion, "Of the Rings of Power and the Third Age", p. 290–1.
  2. The Silmarillion, "Of the Rings of Power and the Third Age", p. 293.
  3. Unfinished Tales, p. 279, note 10.