The Lord of the Rings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Lord of the Rings
Sampul yang didesain oleh Tolkien. Versi ini kemudian dijadikan sampul untuk edisi 50th anniversary.
PengarangJ. R. R. Tolkien
NegaraBritania Raya
BahasaInggris
Genre
PenerbitBritania Raya
Tanggal terbit
  • 29 Juli 1954
  • 11 November 1954
  • 20 Oktober 1955
Jenis mediaPrint (hardback & paperback)
Halaman1216 pp (total halaman)
Didahului olehThe Hobbit 

The Lord of the Rings adalah novel kisah fantasi epik karangan J. R. R. Tolkien. Diterbitkan dalam tiga jilid pada tahun 1954 dan 1955, masing-masing jilid terdiri dari dua buku. Jilid pertama diberi judul Sembilan Pembawa Cincin, jilid kedua Dua Menara dan jilid ketiga Kembalinya Sang Raja. Kisah ini ditulis dari tahun 1937 sampai 1949 dan menjadi salah satu karya sastra abad ke-20 yang paling populer dan diterjemahkan ke dalam 38 bahasa. The Lord of the Rings telah difilmkan tiga kali, yang pertama sebagai film animasi oleh Ralph Bakshi pada tahun 1978 (sebagai bagian pertama dari dua film yang mulanya direncanakan), yang kedua pada tahun 1980 sebagai acara televisi. Karya ketiga, trilogi film The Lord of the Rings oleh sutradara Peter Jackson yang dirilis pada tahun 2001, 2002, dan 2003, memenangkan beberapa Academy Award dan memperbaharui minat publik dalam trilogi ini dan karya Tolkien lainnya.

Arti Rajah pada Cincin[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai ketika hobit Bilbo Baggins berangkat meninggalkan Shire dan mewariskan hartanya ke pewarisnya, Frodo. Gandalf penyihir abu-abu, seorang teman Bilbo, menasehati Frodo untuk berhati-hati dengan cincin yang menjadi salah satu warisan Bilbo. Tujuh belas tahun kemudian berlalu, dan Gandalf menyuruh Frodo untuk membawa cincin itu keluar dari Shire karena tuan kegelapan Sauron sedang mencari-cari cincin tersebut. Frodo, Samwise Gamgee dan Peregrin Took (atau Pippin) berangkat dan mereka bertemu dengan Ring-wraiths dalam perjalanan mereka. Setelah sampai di Brandyhall, mereka bertemu dengan Meriadoc Brandybuck (atau Merry) dan keempatnya mulai perjalanan mereka menuju Bree. Mereka hampir dibunuh Barrow-wights jika Tom Bombadil tidak menolong mereka.

Ketika mereka sampai di Bree, mereka bertemu dengan seseorang misterius yang dipanggil dengan nama Strider yang berarti "sang pengembara". Sebuah surat dari Gandalf diberikan kepada Frodo, memberitahu bahwa Strider adalah teman Gandalf. Dalam surat itu, Frodo juga disuruh untuk pergi ke Rivendell. Strider menawarkan bantuannya kepada Frodo dan mereka pun menerimanya. Kelima tokoh ini pun akhirnya sampai di Rivendell, tetapi Frodo sempat ditusuk oleh pisau Morgul yang sangat mematikan.

Setelah Frodo disembuhkan oleh Elrond, sang penguasa Rivendell, sebuah rapat diadakan. Rapat itu menceritakan sejarah cincin dan mereka memutuskan untuk menghancurkan Cincin dengan cara membuang Cincin itu ke Orodruin (atau Mount Doom) yang berada di Mordor. Sebuah grup yang beranggotakan Frodo, Sam, Merry, Pippin, Gandalf, Aragorn, Boromir, Legolas, dan Gimli dibentuk.

Grup ini melewatkan banyak bahaya. Gandalf jatuh ke dalam kegelapan ketika para pembawa cincin berada di dalam Moria. Boromir meninggal dibunuh sekelompok Orc yang bersenjatakan panah. Merry dan Pippin pun diculik para Orc dan Frodo dan Sam pergi berdua ke Mount Doom.

Aragorn, Legolas, dan Gimli, sebagai sisa Pembawa Cincin, memutuskan untuk menyelamatkan Merry dan Pippin. Mereka menyebut diri mereka sebagai Tiga Pemburu (The Three Hunters) dan mengejar para Orc sampai ke Hutan Fangorn. Tiga Pemburu bertemu dengan pasukan Rohan yang telah membunuh para Orc yang telah menculik Merry dan Pippin.

Di Hutan Fangorn, tiga pemburu bertemu dengan Gandalf, yang ternyata hidup kembali. Gandalf menyuruh mereka semua untuk pergi ke Rohan dan membantu pasukan Rohan. Pada saat yang sama, Merry dan Pippin yang sudah berada di dalam Hutan Fangorn, pergi ke Isengard bersama para Ent yang ingin membalas dendam mereka terhadap Saruman, penghuni menara Orthanc di Isengard.

Gandalf, Aragorn, Legolas dan Gimli berperang dalam Pertempuran Helm's Deep bersama para Rohirrim dan mereka menang. Setelah menang, mereka pergi ke Isengard dan bertemu dengan Merry dan Pippin. Pada saat ini, Frodo dan Sam sedang berjalan menuju Mordor. Di lereng-lereng Emin Mule mereka bertemu dengan Golam (Smeagol) yang dulunya menemukan cincin Sauron di dasar sungai Anduin. Termakan oleh kuasa cincin itu, Golam selalu berusaha untuk mendapatkannya kembali. Tetapi setelah mengetahui kalau Frodo dan Sam lebih kuat dari dirinya, Golam menawarkan untuk membimbing mereka melalui Rawa-rawa mati (The Dead-marshes) ke gerbang hitam Mordor. Untuk sementara Golam menjadi teman mereka tetapi pengaruh jahat cincin itu selalu meresahkannya. Di depan gerbang Mordor, mereka mendapati kalau mereka tidak bisa masuk ke tanah terkutuk itu lewat situ karena pengawasannya terlalu ketat.

Kemudian Golam membawa mereka ke Ithilian, tanah yang tadinya dimiliki oleh kerajaan Gondor. Ia bermaksud untuk pura-pura membawa Frodo dan Sam (yang sangat dibencinya) masuk ke Mordor melalui Minas-Ithil/Minas-Morgol, melalui suatu puncak yang dinamai "Cirith Ungol", yang artinya tebing laba-laba. Ini karena Shelob (seekor laba-laba raksasa yang ganas) tinggal di situ.

Di hutan indah Ithilian mereka bertemu dengan Faramir, adik dari Boromir dan anak bungsu Denethor. Dengan berat hati ia membawa kedua hobit tersebut ke sebuah tempat rahasia yang terletak di balik sebuah air terjun. Setelah makan dan beristirahat, Faramir memberitahukan Frodo kalau suatu makhluk aneh tertangkap oleh para penjaga. Makhluk tersebut tak lain adalah Golam, yang melarikan diri saat Frodo bertemu dengan Faramir. Oleh permohonan Frodo, ia berhasil menyelamatkan Golam dari hukuman mati, tetapi Golam tak pernah melupakannya. Ia benci ikatan atau tambang dan Frodo menipunya dan ia diikat. Sebelum pergi, Faramir memperingatkan Frodo kalau nama Cirith Ungol adalah nama yang kejam dan sangatlah mungkin Golam bermaksud membawanya ke sana untuk menjebaknya. Tetapi Frodo tetap pergi dan Faramir memberikan Frodo makanan dan Frodo pun melanjutkan perjalanannya.

Sebagai tanda ancaman terakhir dari Orthank, sebuah batu Palantir dilemparkan ke arah Gandalf. Pippin yang memungutnya dihantui rasa penasaran dan ia menyelidikinya waktu tengah malam. Tapi ia telah menemukan batu penglihatan, yang pasangannya adalah milik Sauron. Dengan cara inilah tuan kegelapan itu mengetahui kalau Sarumand telah mengkhianatinya dan ia mengirimkan para nazgul, ring-wraiths untuk memerangi Sarumand.

Para penunggang kuda di Rohan bergegas pergi ke Minas Tirith. Waktu Frodo meneruskan perjalanannya ke Minas Morgol matahari ditelan awan kegelapan. Dalam gelap inilah Raja Theoden dan para pasukannya menunggang ke Gondor. Dalam gelap inilah Aragorn, keturunan Isildur menunggang jalan-jalan mati, memanggil arwah-arwah mereka yang tak memenuhi sumpahnya waktu Isildur masih hidup. Sementara Frodo memasuki tanah Mordor, Minas Tirith dikepung dan hampir terambil oleh pasukan Mordor. Faramir terluka, terpanah panah beracun buatan Mordor dan Denathor yang gila karena putus asa nyaris membakar diri di kuburan keluarganya. Faramir diselamatkan dan diobati oleh Gandalf dan dibawa ke rumah penyembuhan. Di sanalah ia bertemu dengan Eowen, gadis tameng dan jatuh cinta kepadanya. Ia yang tadinya mencintai Aragorn dan dalam keputus-asaannya berharap untuk mati di medan perang.

Ketika harapan sudah hampir hilang datanglah Theoden dari utara, dan angin selatan yang bertiup dari laut menyibak awan-awan yang dikerahkan Sauron.

Dengan terbitnya matahari, di situlah Theoden tewas dibunuh oleh pemimpin Nazgul dan makhluk jahanam itu ditakhlukan oleh Eowen, keponakan perempuan raja Theoden dan Merry. Demikianlah terpenuhi nubuat yang dikatakan seribu tahun sebelumnya kalau makhluk itu tidak akan terbunuh oleh laki-laki. Saat itu pula Aragorn tiba dari selatan, membawa kapal-kapal yang tadinya dipersiapkan untuk melawan Gondor. Dengan kekuatan baru itulah mereka mengalahkan musuh-musuhnya. Kemudian pasukan kemenangan Aragorn bersama Gandalf dan yang lainnya pergi ke gerbang Mordor dan berperang tanpa harapan. Di tengah peperangan itulah mereka menyaksikan kehancuran cincin Sauron, yang dulunya oleh para elves dinamai Gorthor: si kejam. Aragorn dimahkotai raja atas Gondor dan Arnor, dan menikahi Arwen yaitu puteri Elrond yang juga adalah sepupunya dari jauh karena Elros, ayah nenek moyangnya merupakan saudara Elrond. Elrond sendiri, bersama elves yang lain seperti Galadriel, Gildor Inglorian dan Gandalf menaiki sebuah kapal dan berlayar ke barat, Valinor di mana telah tersedia tanah tempat tinggal khusus untuk mereka, terpisah dari Dunia Tengah.

Persaudaraan Cincin[sunting | sunting sumber]

Makhluk-makhluk dalam Lord of the Rings[sunting | sunting sumber]

Dalam karya-karya fantasi J. R. R. Tolkien, satu hal yang paling menarik adalah kecintaannya terhadap bahasa. Hal ini tercermin dalam bahasa-bahasa buatannya: Quenya dan Sindarin. Kedua bahasa ini adalah bahasa yang digunakan oleh para Elf. Berikut adalah sketsa singkat arti terjemahan dari istilah-istilah yang digunakan Tolkien dalam buku-bukunya.

Barrow-wight[sunting | sunting sumber]

Makhluk ini merupakan kombinasi dari bahasa Inggris kuno: "wight" yang berarti makhluk, siluman, roh. Barrow berarti kuburan. Dalam "Legendarium" mereka disebut sebagai pengikut Sauron. tempat yang dinamai Barrow-Downs merupakan tanah kuburan nenek moyang orang-orang Numenorian. Setelah kehancuran kerajaan mereka di Arnor, raja penyihir dari Angmar memerintahkan supaya mereka menjaga kuburan itu dan tempat itu menjadi angker.

Dunedain: The Man of Westernesse, Numanorians[sunting | sunting sumber]

Konon mereka adalah tiga suku yang membantu para Elves memerangi Morgoth pada zaman pertama. Dari orang-orang inilah lahir Elrond dan Elros. Ayah mereka adalah Earendil, sang pelaut yang merupakan putera pernikahan antara elves dan manusia. Ibu mereka adalah Elwing, yang diturunkan dari Beren dan Tinuviel, sebuah cerita cinta antara elves dan manusia. Sebagai hadiah dan berkat, para penguasa Arda memberi mereka sebuah pulau yang dinamai Numenor, Westernesse, Elenach. Tapi karena pelanggaran manusia Numenor dihancurkan dan ditenggelamkan di laut. Sejak itulah Tol Eresea dipindahkan dari dunia kita. Dari Numenor datanglah Elendil dalam sembilan kapal kembali ke Dunia Tengah, yang disebut Endor, The Hither shore, dunia kita ini. Di situ mereka membangun Arnor di utara, dan Gondor di selatan. Peperangan antara Dunedain dan Sauron berlangsung panjang, mungkin bisa dikatakan beribu-ribu tahun. Peperangan itu benar-benar berakhir dengan kehancuran cincin Sauron.

dwarf[sunting | sunting sumber]

Mereka senang membuat barang-barang tempaan, dan tinggal di dalam gua-gua yang mereka gali di gunung-gunung. Yang paling terkenal adalah Durin, raja yang pertama dan terkaya. Kerajaannya bernama Khazad-dum. Tetapi setelah penggalian mereka di situ membangunkan Balrog (suatu roh Maiar jahat yang berapi)mereka melarikan diri dari situ. Orks menempatinya dan menjarah tempat itu sampai nama Khazad-dum menjadi sangat jahat dan para Elves menamainya Moria: jurang hitam.

Elf (jamak: elves)[sunting | sunting sumber]

Mereka adalah makhluk ciptaan pertama di dalam "Legendarium". Disebut "Eldar": anak-anak bintang. Mereka adalah Immortal yang berarti abadi. Elrond merupakan keturunan ras ini.

Hobbit[sunting | sunting sumber]

Hobbit juga disebut "Halfling" dan nama elvishnya adalah Perianath. Mereka adalah orang-orang yang berukuran kecil, lebih kecil dari kurcaci. Mereka mempunyai kaki yang tebal dan keras serta berbulu. Frodo,sams, Bilbo, Pippin dan Merry merupakan hobit yang berasal dari Shire.

Nazgul, ring-wraiths, Ulerie[sunting | sunting sumber]

Mereka adalah manusia yang dulunya memakai cincin-cincin buatan Sauron. Hidup mereka diperpanjang sampai mereka tak kuat lagi dan akhirnya menghilang ke alam maya di mana kekuatan Sauron selalu menguasai mereka. Yang paling jahat dan kuat di antara mereka disebut "The Witch-king of Angmar", Raja penyihir dari Angmar. Ribuan tahun yang lalu raja ini datang dari Mordor dan mengambil daerah yang bernama Angmar untuk dikuasainya. Dengan sihir dan pasukan yang tak kunjung habisnya ia menghancurkan kerajaan Arnor di utara. Tapi kekuasaannya singkat. Pasukan dari Gondor dan Elrond mengepung dan mengalahkannya. Earnil, putera mahkota Gondor ia benci dan setelah memalukannya di depan pasukannya, raja itu pergi. Earnil ingin mengejarnya tetapi Glorfindel, salah satu elf yang tinggal bersama Elrond mencegahnya. Ia bernubuat kalau raja itu tak akan dibunuh oleh laki-laki (men dalam bahasa Inggris bisa berarti laki-laki, atau manusia pada umumnya). Kenyataannya ia terbunuh oleh Eowen, seorang wanita dan Merry yang disebut "halfling".

Orks, goblin[sunting | sunting sumber]

Makhluk ini berasal dari berbagai kepercayaan kuno di Inggris dan Saxony. Dalam "Legendarium" mereka adalah makhluk ciptaan Morgoth (iblis) sebagai cemoohnya terhadap Elves dan manusia. Sebutan Orks muncul dalam "The Hobit" (1937) meskipun kebanyakan makhluk-makhluk tersebut disebut Goblin. Orks mempunyai peranan besar dalam "Legendarium". Hampir semua perbuatan jahat dan menghancurkan di dalamnya dilakukan oleh Orks. Mereka senang tinggal di tempat-tempat gelap, dan merupakan musuh semua makhluk lain.

Uruk-Hai[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya mereka adalah Orks yang diciptakan Sauron namun disempurnakan oleh Saruman. Treebeard (Ent yang tertua) mengira bahwa Uruk-hai berasal dari Ork dan manusia disilangkan. Uruk-hai, yang digambarkan sebagai ork hitam yang sangat besar dan mempunyai kekuatan yang luar biasa, pertama muncul di Mordor sekitar tahun 2475 Zaman ke-3, ketika mereka dengan singkat mengambil alih Ithilien dan kota Osgiliath.

Ents[sunting | sunting sumber]

Makhluk ini muncul di Dunia Tengah setelah Elves masuk. Mereka diciptakan oleh Eru atas permohonan Seorang Valar, Yavanna setelah dia mengetahui bahwa kurcaci akan menebang pohon-pohon hasil ciptaannya. Ents membalas dendam terhadap Saruman yang menduduki Isengard ketika mereka tahu sifat Asli Saruman.

Penyihir[sunting | sunting sumber]

Untuk mengalahkan Sauron, Valar mengirimkan Curumo Saruman, (Morinehtar) Alatar, Olórin Gandalf, Radagast Aiwendil, (Rómestámo) Pallando. Mereka Dilarang Untuk menguasai Dunia Tengah. Di Lord of The Rings, hanya Saruman dan Gandalf yang dibicarakan. Ketika Saruman mengabaikan perintah ini ia dikeluarkan dari tugas dan dibuang dari Valinor.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]