Amy Lee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Amy Lynn Hartzler
Amy Lee in São Paulo 2.jpg
Latar belakang
Nama lahir Amy Lynn Lee
Lahir 13 Desember 1981 (umur 32)
Riverside, California, Amerika Serikat
Asal Bendera Amerika Serikat Little Rock, Arkansas,
Amerika Serikat
Genre Alternative rock
Pekerjaan Penyanyi, penulis lagu, pianist
Instrumen Vokal, piano, gitar
Tahun aktif 1998 – sekarang
Label Wind-up
Artis terkait Evanescence
Situs web AmyLeeOfficial.com

Amy Lynn Hartzler (lahir di Riverside, California, 13 Desember 1981; umur 32 tahun dan lebih dikenal dengan nama Amy Lee) adalah penyanyi & penulis lagu Amerika dan pianis piano klasik terlatih. Dia adalah anggota pendiri dan vokalis dari grup band rock yang memenangkan Grammy Award, Evanescence. Pengaruh gaya musiknya berasal dari musisi klasik seperti Mozart sampai ke artis modern seperti Björk, Tori Amos, Danny Elfman, dan Plumb.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal Hidup[sunting | sunting sumber]

Lee lahir di Riverside, California dari pasangan John Lee, seorang disc jockey, dan Sara Lee (Cargill). Dia diberi nama setelah lagu 70-an "Amie" oleh Pure Prairie League. Keluarganya pindah ke banyak tempat dan akhirnya menetap di Little Rock, Arkansas ketika berusia 13 tahun. Dia memiliki dua saudara perempuan, Carrie dan Lori, dan satu saudara, Robby. Dia punya adik ketiga yang meninggal tahun 1987. Lee menulis lagu "Helllo" dan "Like You" untuk almarhum adiknya. Lee pertama kali ingin menjadi seorang komposer klasik. Dia menulis "Eternity of the Remorse" pada piano di usia sebelas dan menjelaskannya sebagai bagian "menyedihkan" dan "dramatis". lagu "nyata" pertamanya adalah "A Single Tear". Ini ditulis untuk tugas Bahasa Inggris kelas delapan. Dia menulis lagu dan merekamnya di kaset dengan seorang teman yang menjadi back-up vokal. Lee belajar di Pulaski Academy. Dia mengidentifikasi dirinya sebagai "seni kutu buku" atau "paduan suara kutu buku" selama tahun SMA-nya dan mendengarkan alternative dan musik heavy metal. Dia bergabung paduan suara campuran sekolah dan menyanyi alto, kemudian menjadi presiden paduan suara pada tahun seniornya. Pada usia 17, Lee menulis lagu paduan suara disebut "Listen To The Rain" yang mengesankan guru paduan suaranya. Dia mengarahkan paduan suara selama upacara wisuda dan mendapat reaksi positif dari para penonton. Menurut Lee, pengalaman ini membuat ia merasa lebih diterima untuk keahliannya di antara teman-temannya.Dia lulus dari SMA pada tahun 2000 dan singkat mengikuti Middle Tennessee State University untuk belajar teori musik dan komposisi, namun keluar untuk fokus pada band-nya.

Evanescence[sunting | sunting sumber]

Terbentuk[sunting | sunting sumber]

Amy Lee membentuk bandnya dengan Ben Moody. Mereka bertemu di Youth Camp ketika Lee memainkan “I’d Do Anything for Love (but I Won’t Do That)” karangan Meat Loaf. Selama setahun, mereka berdua bermain akustik di toko buku Arkansas dan kedai kopi sebelum mereka merekam dua EP, Evanescence EP (pada tahun 1998) lalu Sound Asleep EP yang juga dikenal dengan nama Whisper EP (pada tahun 1999). Pada tahun 2001, band ini mendatangi Ardent Studios di Memphis. Di sana mereka bertemu produser Pete Matthews yang terkesan oleh pekerjaan mereka dan mengundang band untuk pindah ke Memphis dan bekerja pada lebih banyak lagu sementara ia memamerkan demo mereka ke sejumlah label. Setelah bermain lagu "My Immortal" untuk atthews, Diana Meltzer di Wind-Up Records, ia menjadi tertarik mengontrak band untuk rekaman. Selama ini, Lee mendapat kelas akting dan gerakan. Dia juga menjadi pelayan sebelum Fallen dirilis.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Lee terlibat dalam sejumlah isu kontroversial dengan band. Moody meninggalkan band pada tahun 2003 karena "perbedaan kreatif" dengan Lee. Moody kemudian menjelaskan alasan dia untuk meninggalkan Evanescence dalam sebuah wawancara dengan MTV "Jika saya tinggal, saya pikir Amy dan aku akan menghancurkan [Evanescence] karena kita tidak menuju ke arah yang sama, kami menariknya dalam dua arah yang berbeda. itu buruk ". Moody juga mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Majalah spin bahwa ia telah mencoba meyakinkan Lee untuk meninggalkan band ini sebagai gantinya "Saya telah mencoba sebelumnya, dari kebodohan, kesombongan, dan kebencian, untuk meyakinkan Amy bahwa ia harus pergi. Bahwa kita akan lebih baik dan Evanescence tidak membutuhkannya "dan pernyataan ini diikuti dengan permintaan maaf kepada Lee. Pada tahun 2007, ia memecat gitaris John LeCompt dan segera setelah itu, drumer Rocky Gray keluar dari band, membuat Lee anggota asli yang tersisa di band. Dalam posting blog, LeCompt menyatakan bahwa Lee memecatnya melalui panggilan telepon tanpa "ada peringatan atau negosiasi" dan "tanpa alasan". Lee membela pilihannya, mengklaim bahwa LeCompt "tidak benar-benar peduli dengan Evanescence sama sekali, dan hanya tinggal untuk uang" dan dia memecatnya untuk menyelamatkan band agar tidak "didorong ke dalam tanah".

Bakat Seni[sunting | sunting sumber]

Lee adalah penulis lirik dan komposer utama dalam band, yang dikreditkan sebagai penulis lagu di setiap lagu sejak rilis Fallen. Dia juga yang menulis kredit untuk lagu seperti Lithium dan Lost in Paradise. Lee mengklaim bahwa selama bertahun-tahun sebagai mahasiswa sekolah tinggi, dia mendengarkan musik yang belum tentu populer pada saat itu. Liriknya sering dikaitkan dengan tema mulai dari keputusasaan, introspeksi dan kehilangan harga diri dan pemberdayaan. Lee dipengaruhi oleh berbagai seniman dan genre. Musiknya sering digambarkan sebagai perpaduan antara rock dan musik klasik memiliki karakter emosional dan gelap. Dia menulis komposisi klasik pertama nya di atas piano pada usia 11 dan menjelaskannya sebagai bagian "sangat dramatis". Dia juga menamakannya "Lacrymosa", bagian dari Mozart Requiem, karya musik favorit klasik nya. Dia mengutip Bjork sebagai pengaruh besarnya. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Revolver, Lee mencatat pengaruh Bjork di lirik nya "Cara [Bjork] menggunakan bahasa Inggris, mungkin karena itu bukan bahasa pertamanya. Yang selalu menginspirasi saya. Ketika saya sedang menulis lirik, saya berpikir seperti itu juga." Artis rekaman Amerika Kelly Clarkson menggambarkan pertunjukan konser Lee "kuat" dan berpikir bahwa dia itu "vokalis yang indah, dan memiliki selera tinggi dalam melodi dan musik". Clarkson juga mengungkapkan melalui Twitter bahwa dia ingin bernyanyi duet dengan Lee.

Vokal[sunting | sunting sumber]

Lee memiliki jangkauan vokal total 3,3 oktaf (C3-E6), dengan catatan tertinggi rekaman suara dada G5 dalam lagu "What You Want" dan "Never Go Back", dan suara kepala C#6 di lagu "Weight of the World". Catatan terendahnya C3 dalam lagu "Never Go Back". Dalam MTV spesial, Lee berhasil mencapai E6 langsung saat pemanasan vokal pada vokal full head, juga menunjukkan bahwa ia mampu mencapai hingga A7 melalui seruan. Dia sering digolongkan sebagai mezzo-soprano, meskipun hal ini belum dikonfirmasi oleh Lee sendiri.Lee tidak terlatih dalam menyanyi dan menggunakan apa yang ia pelajari dari tahun sebagai seorang anggota paduan suara di SMA. Dia menggabungkan vokal opera dalam gayanya dan menggunakan crescendos nya. Dia juga menggunakan teknik campuran-pada ke 5 oktafnya dan dapat mempertahankan catatan oktaf ke-5 di semua vokal.

Para pengkritik sering menganggap vokal Lee menjadi salah satu yang menarik dari musik band(Evanescence), menggambarkannya sebagai "halus" , "Dramatis" dan "menghantui" sementara memuji "kuat" dan "kristal" kualitas.

Lagu dan Tema Lirik[sunting | sunting sumber]

Sebuah tema yang sangat penting dalam lirik Lee adalah perjuangan hubungan. Dia sering mengidentifikasi berbagai peristiwa dalam kehidupan dengan cerita antara dirinya dan pecinta, jelas dalam lagu "What You Want" yang sebenarnya terinspirasi oleh cintanya untuk band dan penggemar. Dia juga menulis tentang perjuangan hubungannya yang sebenarnyanya, contoh termasuk "Call Me When You're Sober", merujuk pada mantan pacarnya Shaun Morgan. Selain itu, dia sering menggabungkan tema gelap dan misterius dalam musik band ', dan telah disebutkan bahwa dia sangat terpesona dengan ide kematian dan seterusnya. Dia juga memilih tema imajinatif dan indah seperti yang terlihat dalam lagu-lagu seperti "Imaginary" dan "Lithium". Lagu-lagu "Hello" dan "Like You" yang ditulis untuk menghormati almarhum adiknya. Selain itu, lagu-lagu Lee umumnya terinspirasi oleh perjuangan hidupnya dan pengalaman pribadi. "Bring Me to Life" ditulis setelah bertemu seorang psikiater yang memahami perasaan nya yang tersembunyi. Sedangkan "Snow White Queen" ditulis setelah pengalaman bergolak dengan penguntit, dia menggambarkan proses penulisan nya dalam lagu "All That I'm Living For", menjelaskan bahwa ia menulis sebagian besar di malam hari.

Setelah kepergian Moody dari band, Lee menolak asumsi umum bahwa musik Evanescence akan menjadi lebih lembut dan bahwa "semua hal cengeng berasal dari [nya]", menjelaskan bahwa Moody "lebih banyak tentang pengaruh pop dan menjadi komersial" sementara dia ingin melakukan "lebih artistik, hal yang aneh". Lee menulis sebagian dari self-titled album band 'dengan penggemar dalam pikiran, menggambarkan hubungannya dengan mereka melalui tema lirik yang berbeda.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Lee menikah dengan terapis dan teman lama Josh Hartzler. Mereka bertunangan pada tanggal 8 Januari 2007, dengan Lee membuat pengumuman resmi pertama pada tanggal 9 Januari. Mereka menikah pada tanggal 6 Mei 2007 dan melalui pos ke papan pesan fan club 'band, dia mengumumkan bahwa dia resmi "Mrs Amy Hartzler". Hartzler adalah inspirasi di balik lagu "Bring Me to Life" dan "Good Enough". Lee terlibat dalam hubungan romantis dengan vokalis Seether Shaun Morgan dari tahun 2003 sampai 2005. Perpisahan mereka terinspirasi Lee untuk menulis lagu "Call Me When You're Sober" yang katanya adalah tentang "hubungan besar [dia] berada dalam, dan perpisahan secara keseluruhan, yang benar-benar panjang". Lee belum berbicara dengan Moody sejak keberangkatannya dari band. Dia menyatakan dalam sebuah wawancara dengan Blender pada tahun 2006 bahwa dia tidak membenci Ben, tetapi mereka "hanya perlu menjalani hidup [mereka] terpisah".

Dalam sebuah wawancara dengan MTV, Moody mengisyaratkan menuju kemajuan nya untuk memperbaiki hubungan mereka dengan mengundang dia untuk sebuah film bersama dengan David Hodges. Meskipun Lee tidak menanggapi, perwakilan mengatakan kepada Moody bahwa dia benar-benar mempertimbangkan menerima undangan. Ketika ia masih muda, Lee ingin menjadi dokter hewan, namun kehilangan minatnya setelah melihat operasi anjing di televisi. Lee menyebutkan bahwa jika dia tidak mengejar karir di bidang musik, dia akan memasuki bidang di mana ia bisa membantu orang, terutama anak-anak disiksa. Selama hiatus band ', Lee sedang mempertimbangkan mengambil pekerjaan sebagai guru musik untuk anak-anak.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Lee memiliki gaya pakaian beragam sebagian besar terinspirasi oleh fashion Victoria, Gothic dan Jepang. Dia dikenal merancang banyak pakaian-nya, seperti pakaian yang dikenakannya untuk video "Going Under", dan gaun yang dipakainya ke konser Nobel Peace Prize pada tahun 2011. Dia kadang-kadang membuat pakaiannya sendiri. Dalam sebuah wawancara dengan VEVO stylized, Lee memamerkan dan menjelaskan gaya busana nya, berkomentar bahwa ia lebih suka membuat pakaian sendiri karena sulit untuk menemukan apa yang sebenarnya ia inginkan di tempat lain. Lee menyatakan bahwa gaya sehari-hari sangat berbeda ketika dia tampil, menggambarkan sebagai "funky, seram, lucu" dalam sebuah wawancara.

Dia menjelaskan bahwa pada lemari panggung nya dimaksudkan untuk mempertahankan suasana lagu dan ikuti citra. Dalam wawancara lain, ia menyatakan bahwa ketika band pertama mulai tampil, dia dulu memakai korset berat karena takut menipiskan citra band, namun secara bertahap menjadi lebih nyaman dengan gayanya sendiri. Banyak penggemar mengagumi Lee untuk tidak menggunakan daya tarik seks dalam musiknya. Lee sering mengkritik perempuan yang terlibat dalam acara-bisnis untuk menyalahgunakan posisi mereka sebagai berhala oleh seksualitas citra mereka. Lagu "Everybody's Fool" ini ditulis oleh Lee untuk mengejek selebriti seperti setelah melihat bagaimana adiknya tergila-gila oleh trend ini. video untuk lagu ini menekankan bagaimana selebriti menjajakan kebohongan mereka. Pada tahun 2005, Lee masuk nomor 4 dalam daftar Kerrang 's! 50 Sexiest People in Rock. Dia terdaftar di Blender sebagai salah satu "Hottest Women in Rock" pada tahun 2006, bersama penyanyi lain seperti Joan Jett dan Liz Phair. Majalah Revolver menobatkan Lee sebagai #1 Hottest Chick in Hard Rock untuk edisi 2011 tahunan mereka dan ia muncul di sampul depan.

Proyek Lain[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, Lee menyanyikan 2 lagu dari mantan pemain keyboard Evanescence, David Hodges, Breathe dan yang belum pernah dirilis, Fall Into You. Dia tampil vokal cadangan untuk "Missing You", sebuah lagu dari Big Dismal debut album, Believe pada 2003, dan menyanyikan vokal cadangan pada dua lagu dengan 'supergrup' The Damning Well, meskipun vokalnya di potong dari rilis akhir karena masalah label rekaman. Lee kemudian melakukan duet dengan mantan kekasihnya Shaun Morgan di lagu "Broken" untuk album Seether, Disclaimer II. Lagu ini juga sebagai bagian dari soundtrack untuk film 2004 The Punisher. Pada tahun 2004, Lee mengaku menulis lagu untuk The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe, ditolak oleh studio karena "terlalu gelap." Namun, produsen Narnia menyatakan bahwa Lee tidak pernah diminta untuk menulis apapun untuk film, dan musik itu ditulis oleh Harry Gregson-Williams, mengatakan "Tidak ada musik Evanescence direncanakan untuk soundtrack." Sementara ada beberapa spekulasi bahwa salah satu lagu telah dipotong dan digunakan dalam beberapa lagu dari The Open Door, Lee menyatakan ini tidak benar kecuali untuk bagian dari itu digunakan untuk segue ke dalam lagu terakhir dari album, "Good Enough" .

Lee menjadi ketua Out of the Shadows Amerika pada tahun 2006. Organisasi ini merupakan fondasi internasional dengan tujuan memberikan pendidikan tentang epilepsi. Adik Lee, Robby, sebelumnya didiagnosis dengan kondisi ini. Penyanyi ini juga membuat penampilan singkat dalam video musik untuk Johnny Cash "God's Gonna Cut You Down" pada akhir tahun 2006. Karena setiap selebriti yang ditampilkan diizinkan untuk memilih apa yang mereka akan lakukan untuk video, Lee memilih untuk tampil meletakkan bunga di kuburan. Adegan nya direkam di Gereja Trinity di Manhattan, di mana ia mengenakan mantel beludru hitam yang sebelumnya milik Tim Burton.

Pada bulan Februari 2007, MTV merilis MTV Unplugged: Korn untuk televisi dan radio, di mana Lee adalah tampil selama lagu " A Freak on Leash". Lagu ini juga dirilis sebagai single pertama dari album.Pada bulan November 2007, VH1 memproduksi mockumentary dalam Behind the Music, berjudul Rock Band Cometh: The Rock Band Band Story, untuk mempromosikan video game Rock Band. Lee adalah salah satu yang berakting cemerlang.

Pada bulan Juni 2008, Asosiasi Penerbit Musik Nasional ' memberi penghargaan Lee dengan Songwriter Icon Award pada 2008 yang "mengakui penulis lagu yang luar biasa untuk prestasi pribadi mereka". [41]

September 2008, Walt Disney Records merilis Nightmare Revisited, Lee menyanyikan remake dari "Sally's Song". Album ini berisi materi baru dan sampul lagu dari soundtrack Nightmare Before Christmas. Lee melakukan tafsiran langsung dari "Sally Song" selama October 17 Nightmare Before Christmas rilis ulang perdana di Hollywood, dan 13 Oktober tampil di acara The Tonight Show with Jay Leno. pada tahun 2011, Lee meng-cover "Halfway Down The Stairs" untuk Muppets : Green Album dan pada tahun 2012 meng-cover "I'm So Lonesome I Could Cry" untuk tribut album "We Walk The Line: A Celebration of the Music of Johnny Cash."

Pada 2013, Lee menyanyi bersama musisi Paula Cole untuk lagu "Find A Way" pada acara Benefit Concert.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]