Ampel, Ligung, Majalengka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ampel
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Majalengka
Kecamatan Ligung
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Ampel adalah desa di kecamatan Ligung, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia. Ampel berbatasan dengan desa Bantarwaru di Selatan, Kabupaten Indramayu di Utara, desa Kedungkencana di Timur, Serta dengan Desa Pangkalan Pari( JATITUJH ).

DAERAH

Ampel terdiri dari beberapa blok yaitu : Blok Danaraja Kidul, Blok Danaraja Lor, Blok Bojong Tirem, Blok Bojong Jiwa, Blok Elo, Blok Cibuer, Blok 9 Mas, Blok 88, Blok Puteran, Dan Blok Menur

SARANA DAN PRASARANA DESA

  1. 1.SDN Ampel 1 Terletak di Blok Bojong Tirem
  2. 2.SDN Ampel 2 Terletak di Blok Puteran
  3. 3.SDN Ampel 3 Terletak di Blok Bojong Tirem
  4. 4.SDN Ampel 4 Terletak di Blok Bojong Tirem

KEUNGGULAN

Ampel adalah desa yang diapit oleh dua sungai yaitu Sungai Cimanuk di sebelah Barat, Serta Sungai Sindupraja di Timur, Sehingga meskipun Musim Kemarau Panjang Ampel tidak akan kekeringan Ampel Adalah Produsen Lele Terbesar se Kecamatan Ligung, Pusatnya yaitu di Blok 88 dan di Blok Puteran

SEJARAH

Dahulu kala disebuah kampung yang sekarang bernama Ampel ada sepasang suami istri yang hidup bahagia aman dan damai. Sepasang suami yang sangat rajin dan tekun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, suami istri itu bercocok tanam di samping menanam padi juga menanam palawija seperti timun dan terong. Akhirnya sampai sekarang banyak orang-orang Ampel banyak menanam terong dan kacang panjang maka jelaslah bahwa penduduk Desa Ampel sebagian besar kehidupannya sebagai petani dan buruh tani.

Tempat tinggal suami istri tersebut diapit oleh 2 buah sungai yang membujur utama yang mata airnya di Sumedang.

Disamping sebagai petani, sang suami juga memelihara kerbau untuk membajak sawah. Pada suatu hari ketika memandikan kerbaunya di musim penghujan pada saat memandikan kerbau orang itu menemukan sepotong bambu Ampel yang hanyut disungai tersebut. Bambu itu dibawa pulang dan dibakar dengan rumput pada tempat perapian aneh beberapa saat berpindah tempat orang itu tidak jadi membakar bambu tersebut. Akhirnya bambu tersebut di tanamnya di belakang rumah setelah beberapa tahun ditanam, tanah dikampung itu jadi sangat subur dan banyak orang yang berdatangan di kampung untuk mendirikan pemukiman dan pada saat itulah warga kampung tersebut menamainya dengan Desa Ampel.

Ampel adalah desa di kecamatan Ligung, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia. Ampel berbatasan dengan desa Bantarwaru di Selatan, Kabupaten Indramayu di Utara, desa Kedungkencana di Timur, Serta dengan Desa Pangkalan Pari( JATITUJH ).