Alumniportal Deutschland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alumniportal Deutschland
Alumniportal Deutschland Logo.jpg
Didirikan September 2008
Lokasi  Jerman
Orang penting 12 karyawan[1]
Situs resmi www.alumniportal-deutschland.org

Alumniportal Deutschland adalah sebuah situs web untuk jaringan sosial yang bersifat nirlaba untuk keperluan profesi maupun pribadi para "Alumni Jerman". Alumni Jerman adalah siapapun dari seluruh dunia yang telah mempelajari, meneliti, bekerja atau menyelesaikan pelatihan atau mengunjungi kursus bahasa di Jerman. Penggunaan Alumniportal Deutschland adalah gratis. Proyek ini dikelola oleh kelompok inti yang terdiri dari lima organisasi besar Jerman, dan didukung oleh beberapa mitra strategis dan dibiayai oleh Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ).

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Alumniportal Deutschland menawarkan alumni Jerman kesempatan untuk membangun dan memperdalam kontak mereka dengan alumni Jerman lainnya serta ke negara Jerman dan instansi, organisasi, dan bisnis yang terkait dengan Jerman. Selain fitur komunitas, situs ini juga menawarkan lowongan kerja internasional dan pasar karier, informasi tentang program pelatihan dan event di seluruh dunia, bagian editorial dengan artikel tentang budaya, masyarakat, ilmu pengetahuan pendidikan, penelitian, dan ekonomi serta pelatihan bahasa Jerman secara daring.

Portal ini terbuka untuk setiap alumni Jerman, terlepas dari apakah apakah mereka menerima beasiswa dari salah satu organisasi pemberi beasiswa Jerman atau mendanai sendiri (freemover). Dengan jaringan kontak yang global memungkinkan organisasi yang berpartisipasi untuk mengkoordinasikan pekerjaan alumni mereka lebih baik. Selain itu potensi para alumni Jerman untuk kerja sama ekonomi dapat lebih dipertegas. Situs ini memungkinkan perusahaan untuk dapat terhubung dengan calon karyawan, ahli, ataupun mitra potensial.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Projek Alumni, yaitu kewenangan yang berhubungan dengan lulusan pendidikan tinggi dan pelatihan biasanya dikerjakan hampir secara eksklusif oleh institusi masing-masing. Diperkirakan 80 persen lulusan mahasiswa asing, yaitu sekitar 14.000 orang per tahun, adalah mereka yang telah membiayai sendiri studi atau pelatihan professional di luar negeri. Penjalinan kontak dengan para alumni tersebut biasanya merupakan upaya yang rumit dan sering sia-sia. Dengan latar belakang ini maka Alumniportal Deutschland dibentuk. Hal ini dalam bentuk ini adalah satu-satunya situs yang menyatukan projek alumni Jerman juga beragam keterampilan dan potensi Alumni Jerman, - untuk para alumni sendiri, organisasi pendukung dan perusahaan maupun organisasi Jerman lainnya yang membutuhkan kontak dan karyawan di seluruh dunia. Sejak dimulai pada tahun 2008, lebih dari 43.590 pengguna dari negara-negara 184 telah terdaftar dengan Alumniportal (per awal Februari 2012).

Struktur situs[sunting | sunting sumber]

Fokus dari Alumniportal Jerman adalah komunitas daring. Untuk menjadi pengguna di komunitas tersebut diperlukan sebuah pendaftaran, namun bersifat gratis. Alumni dapat memelihara dan mengembangkan jaringan sosial kontak mereka satu sama lain dan dengan organisasi-organisasi dan perusahaan-perusahaan. Selain itu dalam kerangka Alumniportal Jerman juga tersedia fasilitas untuk menulis blog.

Di bagian "Infothek", yang dapat diakses secara bebas tanpa mendaftar, tersedia berbagai konten dan impuls tematik bagi komunitas tersebut, agenda acara, informasi seputar bahasa Jerman, program pelatihan, maupun pendidikan lanjutan untuk berbagai jurusan, bagian editorial dengan berbagai artikel tentang ekonomi, ilmu pengetahuan, penelitian, dan budaya.

Juga di bagian "Infothek", tetapi hanya untuk alumni yang mendaftar, terdapat bursa lowongan kerja. Perusahaan Jerman dan organisasi dapat menggunakan Infopoint ini untuk mencari karyawan baru dengan koneksi yang tersedia dengan para alumni Jerman. Setelah mendaftar pada Alumniportal, mereka dapat mengirimkan iklan lowongan kerja atau mencari tenaga ahli maupun agenda (acara) presentasi mereka. Alumniportal Deutschland saat ini tersedia dalam bahasa Jerman, Inggris, Perancis, Spanyol, Mandarin, dan Arab. Tidak ada bahasa komunikasi resmi yang digunakan dalam setiap komunitas.

Mitra organisasi[sunting | sunting sumber]

Lima organisasi kerjasama internasional bertanggung jawab atas projek kerjasama yaitu:

Selain itu sepuluh "mitra strategis" mendukung kerjasama tersebut, antara lain Departemen Luar Negeri Federal Jerman, Kementerian Federal Jerman untuk Pendidikan dan Penelitian, dan beberapa yayasan politik seperti Friedrich Ebert Foundation, Konrad Adenauer Foundation, dan Heinrich Böll Foundation.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menurut informasi dari Alumniportal Deutschland

Pranala luar[sunting | sunting sumber]