Alice in Chains

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alice In Chains
Alice In Chains.jpg
Alice In Chains pada September 2007. Dari kiri ke kanan: William DuVall, Sean Kinney, and Jerry Cantrell.
Latar belakang
Asal Seattle, Washington, Amerika Serikat
Genre Alternative metal,[1] alternative rock, grunge, heavy metal
Tahun aktif 1987–2002, 2005–sekarang
Label Columbia, Virgin/EMI
Artis terkait Class of '99, Comes with the Fall, Mad Season, Spys4Darwin
Situs web www. aliceinchains.com
Anggota Jerry Cantrell
Sean Kinney
Mike Inez
William DuVall
Mantan anggota Mike Starr
Layne Staley

Alice In Chains adalah kelompok musik rock berpengaruh yang dibentuk pada akhir tahun 1980-an di Seattle, Washington. Bersama dengan Nirvana, Pearl Jam, dan Soundgarden, Alice In Chains adalah salah satu band paling berhasil dari era grunge.

Pada 1987, Layne Staley bertemu dengan gitaris dan penulis lagu Jerry Cantrell pada sebuah pesta dan mengajaknya untuk bergabung dengan bandnya yang bernama Diamond Lie. Setelah itu teman Cantrell, bassist Mike Starr juga bergabung. Mereka juga merekrut drummer Sean Kinney. Band ini menyajikan lagu lagu berat (kebanyakan hasil karya Cantrell). Ciri ini menempatkan mereka sebagai band dengan musikalitas lebih progresif dibandingkan band-band grunge lain di Seattle.

Kelompok ini kemudian mengubah namanya menjadi Alice In Chains, berasal dari salah satu bekas band Staley yang bernama Alice N' Chainz. Setelah menandatangani kontrak dengan Columbia Records pada 1989 dan merilis LP pertama mereka, Facelift, tahun berikutnya. Album ini benar-benar berat dan gelap, dibangun di atas riff-riff Cantrell yang mengena serta erangan vokal Staley. Singel-singel awal mereka, "We Die Young" dan "Man in the Box", menjadi penanda keberadaan band ini, namun belum menggambarkan karakter band secara keseluruhan. Kebanyakan nomor dalam album ini menonjolkan riff-riff murung ala Black Sabbath dan taburan gaya bersolo era '70-an. Akibat penggambaran yang kurang pas, dan juga karena band ini berasal dari Seattle, Alice in Chains digolongkan sebagai band metal bercampur grunge (padahal rekaman mereka justru lebih populer di stasiun-stasiun radio metal).

Album berikutnya, Dirt (1992), menjadi album yang menentukan bagi Alice in Chains. Cantrell menyajikan penuh segala ciri permainan gitar hard rock, dari "Would?" yang bak mimpi buruk hingga "Rooster" yang dipenuhi riff berat. Pelapisan bebunyiannya begitu padat, sangat berbeda dari band-band lain masa itu. Bisa jadi Alice in Chains adalah satu-satunya band di Amerika yang menjual hard rock murni untuk kepentingan hard rock itu sendiri pada awal 1990-an.

Selepas kejayaan Dirt, band ini terjegal problem kecanduan obat yang diidap Staley. Hal ini memaksa Alice in Chains membatalkan pementasan dalam beberapa acara besar dan sejumla tur. Meskipun demikian, pada 1994 band ini berhasil menelurkan album Jar of Flies. Karya-karya dalam album ini merupakan hasil penjelajahan elemen-elemen bebunyian yang terberat hingga teringan. Menampilkan permainan tangkas Cantrell pada gitar elektrik dan akustik, luasnya gaya musik album ini menyerupai era "Physical Graffiti" Led Zeppelin, faktor yang membantu Alice in Chains mendapatkan lebih banyak penggemar

Band ini kembali menyapa para penggemar pada 1995 lewat album Alice in Chains, album rekaman studio penuh yang ketiga. Album ini amat gelap dan nyeri, bahkan menurut standar Alice in Chains sendiri. Album ini dijejali permainan Cantrell yang muram, seperti dalam "Grind" dan "Sludge Factory". meskipun kualitas produksinya bagus dan ragam musiknya luas, hanya ada secercah titik terang di sela-sela kemuraman ini.

Kekosongan berkepanjangan melanda Alice in Chains seiring dengan usaha Staley memperbaiki diri. Kecanduan-nya akan obat-obatan menjadi sumber masalah yang nyata, bukan skedar spekulasi. Untuk sesaat, Alice in Chains kembali tampil bersama untuk salah satu episode MTV, Unplugged (dibantu gitari tambahan Scott Olson), yang direkam di Brooklyn Academy of Music pada 1996 dan merupakan salah satu episode MTV unplugged yang sukses besar. Setelah itu Alice in Chains menghilang (namun tidak pernah resmi bubar). Sementara personel lain menunggu Staley sembuh membuka kesempatan bagi Alice in Chains untuk bersatu kembali, sayangnya hal ini tidak pernah terjadi.

Pada 20 April 2002 Staley ditemukan tewas di apartemennya karena overdosis heroin 9jasadnya sempat tergeletak selama dua minggu di apartemennya sebelum akhirnya ditemukan orang). Pemeriksaan forensik menyatakan Staley meninggal pada tanggal 5 April 2002, yang juga merupakan perkiraan tanggal kematian Kurt Cobain 8 tahun sebelumnya.

Pada 2005, Cantrell, Inez, dan Kinney bergabung untuk sebuah konser amal di Seattle untuk korban tsunami di Asia. Untuk konser ini mereka mengajak mantan vokalis Damageplan, Pat Lachman.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Tur[sunting | sunting sumber]

Mantan[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Terbit Judul Label Keterangan
Juli 1990 We Die Young Columbia EP
20Agustus 1990 Facelift Columbia US #42, 2xPlatinum
21 Maret 1992 Sap Columbia EP, Gold
29September 1992 Dirt Columbia US #6, 4xPlatinum
25 Januari 1994 Jar of Flies Columbia EP, US #1, 2xPlatinum
7November 1995 Alice In Chains Columbia US #1, UK #37, 2xPlatinum
30 Juli 1996 Unplugged Columbia Live, US #3,UK #20, Platinum
29 Juni 1999 Nothing Safe: Best of the Box Columbia US #20, Gold
26Oktober 1999 Music Bank Columbia 4CD box set, US #123
5 Desember 2000 Live Columbia Live, US #142, Gold
28Agustus 2001 Greatest Hits Columbia US #112, Gold

Single[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Erlewine, Thomas; Prato, Greg. "Alice In Chains Biography". Allmusic. Diakses 2007-11-28.