Facelift

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Facelift (album))

Facelift Facelift adalah album studio debut oleh band rock Amerika Alice in Chains, dirilis oleh Columbia Records pada 21 Agustus 1990. Lagu We Die Young, Man in the Box, Sea of Sorrow dan Bleed the Freak dirilis sebagai single. Man In The Box dinominasikan untuk Grammy Award untuk Best Hard Rock Performance with Vocal pada tahun 1992. Facelift menjadi album pertama dari gerakan grunge yang mendapatkan sertifikat emas pada 11 September 1991. Album ini memuncak di No. 42 di tangga lagu Billboard 200,[1] disertifikasi platinum dan telah disertifikasi double-platinum oleh RIAA untuk pengiriman dua juta kopi di Amerika Serikat.

Facelift
Album studio karya Alice in Chains
DirilisAgustus 21, 1990[2]
DirekamDesember 1989 – April 1990
StudioLondon Bridge Studio, Seattle & Capitol Recording Studio, Hollywood
Genre
Durasi54:02
LabelColumbia
ProduserDave Jerden
Kronologi Alice in Chains
We Die Young
(1990)
Facelift
(1990)
Sap (EP)
(1992)
Singel dalam album Facelift
  1. "We Die Young"
    Dirilis: Juli 1990
  2. "Man in the Box"
    Dirilis: Januari 1991
  3. "Sea of Sorrow"
    Dirilis: 1991
  4. "Bleed the Freak"
    Dirilis: 1991

Latar belakang dan rekaman[sunting | sunting sumber]

Promotor lokal Randy Hauser mengetahui Alice in Chains di sebuah konser, dan menawarkan untuk membayar rekaman demo. Namun, satu hari sebelum band tersebut dijadwalkan untuk rekaman di studio Music Bank di Washington, polisi menutup studio tersebut selama penggerebekan mariyuana terbesar dalam sejarah negara bagian itu.[5] Demo terakhir - dijuluki The Treehouse Tapes - sampai kepada manajer Kelly Curtis dan Susan Silver, yang juga mengelola Soundgarden yang berbasis di Seattle. Curtis dan Silver memberikan demo tersebut kepada perwakilan A&R Columbia Records, Nick Terzo, yang membuat janji dengan presiden label Don Ienner. Berdasarkan The Treehouse Tapes (dijual oleh band di pertunjukkan), Ienner mengontrak Alice in Chains to Columbia pada tahun 1989. Alice in Chains menjadi prioritas utama bagi label tersebut, yang merilis rekaman resmi pertama band pada Juli 1990: EP We Die Young. Single utama dan lagu utamanya menjadi hit di radio metal. Setelah sukses, label tersebut segera memproduksi album debut Alice in Chains dengan produser Dave Jerden "Saya memberi tahu Jerry Cantrell,'Metallica membawa Tony Iommi dan mempercepatnya. Apa yang Anda lakukan adalah Anda memperlambatnya lagi,'" kenang Jerden. "Dia menatap saya dan berkata, 'Anda mengerti.' Begitulah cara saya mendapatkan pertunjukan."

Drummer Sean Kinney mengklaim telah memainkan album ini dengan tangan patah:

Saya hampir tidak memainkan rekamannya - mereka mulai berlatih dengan drummer dari Mother Love Bone, Greg Gilmore. Saya duduk di sana bermain dengan satu tangan, membimbingnya melewatinya. Dave Jerden masuk dan mereka mulai mencoba melakukannya. Dia seperti, 'Persetan - cabut stekernya. Ini tidak akan sama. 'Untungnya, kami mengambil sedikit waktu istirahat. Saya telah melakukan cast itu untuk sementara waktu, dan seperti,'Saya tidak bisa melewatkan ini.' Saya memotong gips saya di studio dan menyimpan seember es di dekat drum set. Biarkan tangan saya membeku dan bermain dengan tangan yang patah. Saya mencoba untuk tidak melakukannya lagi - terobosan besar pertama Anda, dan Anda mengacaukannya.

Facelift direkam di London Bridge Studio di Seattle dan di Capitol Recording Studio di Hollywood dari Desember 1989 hingga April 1990. Cuplikan dari sesi Facelift dapat ditemukan di Alice in Chains Music Bank: The Videos DVD.

Musik dan lirik[sunting | sunting sumber]

Gitaris Jerry Cantrell menyatakan album itu dimaksudkan untuk memiliki "aura murung" yang merupakan "akibat langsung dari atmosfer dan nuansa Seattle." Mengenai musik untuk Man in the Box, Cantrell berkata dalam box set Music Bank 1999, "Seluruh beat dan grind itu adalah ketika kami mulai menemukan diri kami sendiri itu membantu Alice menjadi seperti apa adanya".Ide untuk menggunakan kotak suara dalam lagu tersebut datang dari produser Dave Jerden, yang sedang berkendara ke studio suatu hari ketika Livin 'on a Prayer dari Bon Jovi mulai diputar di radio.

Cantrell juga memuji I Can't Remember karena membantu band menemukan suaranya.It Ain't Like That keluar dari riff yang disebut Cantrell sebagai kesalahan, namun dia menyebutnya "kesalahan yang keren."

Cantrell menyebut Love, Hate, Love sebagai "masterpiece dari rekaman itu," menambahkan tentang lagu yang vokal Staley itu "luar biasa" dan menampilkan salah satu solo gitar favoritnya yang pernah ia tampilkan.

Mengenai isi liriknya, Cantrell mengatakan dia menulis We Die Young setelah "naik bus untuk latihan dan [melihat] semua anak berusia 9,10,11 tahun ini dengan pager yang sedang menjual narkoba. Pemandangan seorang anak berusia 10 tahun dengan sebuah pager dan ponsel yang menjual obat-obatan sama dengan We Die Young bagi saya".

Dalam rekaman wawancara dengan MuchMusic USA, vokalis Layne Staley menyatakan bahwa lirik untuk Man in the Box adalah tentang penyensoran di media massa, dan "Saya benar-benar teler saat menulisnya."

Membahas Bleed the Freak, Cantrell menyatakan bahwa liriknya mewakili "kami melawan dunia, orang-orang yang merendahkan Anda."

Cantrell menulis Sunshine tentang kematian ibunya.Facelift didedikasikan untuk ingatannya.

Staley "Sexual Chocolate, baby" scream di akhir "Real Thing" adalah referensi ke film Coming to America yang dibintangi oleh Eddie Murphy, yang karakternya adalah penyanyi dari sebuah band bernama Sexual Chocolate.

Packaging dan judul[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara dengan Video Metal Sheet pada tahun 1991, Jerry Cantrell mengatakan bahwa ide asli untuk sampul album adalah "jenis embrionik" yang mewakili kelahiran band. Tapi akhirnya mengambil lebih dari nada menakutkan dan cukup cocok dengan musik.[6] Band ini mendiskusikan beberapa ide untuk sampul album dengan fotografer Rocky Schenck. Salah satu ide itu adalah membuatnya tampak seolah-olah muncul dari bola mata. Columbia Records tidak memberi band anggaran besar untuk pemotretan, tetapi Schenck sangat menyukainya sehingga dia bersedia membuatnya bekerja. Anggarannya hampir tidak cukup untuk pemotretan satu hari, tetapi Schenck menghabiskannya selama lebih dari tiga hari. Pemotretan hari pertama berlangsung pada 2 Mei 1990, di kolam renang Oakwood Apartments di Burbank, California. Kolam itu ditutup dengan sepotong plastik tipis untuk memberi gambaran bahwa pita itu muncul dari bola mata. Mereka harus berenang di bawah plastik, naik ke permukaan dan bernapas saat mereka muncul, sehingga plastik mendistorsi wajah mereka. Salah satu foto dari sesi itu adalah foto Layne Staley yang dibungkus plastik dengan anggota lain yang memegangnya, yang digunakan sebagai sampul untuk single "We Die Young".[7]

Schenck sedang bereksperimen dengan beberapa eksposur dalam kamera, di mana dia akan membuat gambar terdistorsi dengan mengekspos bagian yang berbeda dari satu frame film satu eksposur pada satu waktu, teknik yang telah dia gunakan selama bertahun-tahun dalam video dan fotografi seninya. Band ini telah melihat portofolio Schenck tentang potret hitam putih wajah-wajah berhantu dan terdistorsi, dan memintanya untuk menduplikasi teknik tersebut. Schenck tidak ingin menggandakan foto hitam putih asli, jadi dia mencoba teknik yang sama dalam warna dengan menggunakan foto wajah masing-masing anggota band. Foto bassis Mike Starr dipilih sebagai sampul album. Setelah melihat foto tersebut, band ini memutuskan untuk menamai album tersebut dengan Facelift. Konsep asli untuk sampul tersebut adalah agar wajah keempat anggota ditumpangkan menjadi satu ekspresi yang mengejutkan, yang muncul bertahun-tahun kemudian di Music Bank Box Set.

Rilisan dan Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penilaian profesional
Skor ulasan
Sumber Nilai
AllMusic 3.5/5 stars[8]
Kerrang! Favorable [9]
Q 4/5 stars[10]
Rolling Stone Album Guide 3/5 stars[11]
Classic Rock 4.5/5 stars[12]

Facelift dirilis pada 21 Agustus 1990, memuncak di nomor 42 pada musim panas 1991 di Billboard 200.[13] Itu adalah album pertama dari gerakan grunge yang mencapai 50 besar di Amerika pada Billboard 200, dan yang pertama disertifikasi emas oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika pada 11 September 1991,diikuti oleh Nirvana album Nevermind pada 27 November 1991.

Facelift termasuk single "We Die Young", "Man in the Box", dan "Sea of Sorrow", yang semuanya memiliki video musik pengiring. Album ini sukses kritis, dengan "Hollywood" Steve Huey dari AllMusic mengutip Facelift sebagai "salah satu catatan paling penting dalam membangun penonton grunge dan rock alternatif di antara pendengar hard rock dan heavy metal."

Facelift tidak sukses instan, terjual di bawah 40.000 eksemplar dalam enam bulan pertama rilis, hingga MTV menambahkan "Man in the Box" ke rotasi siang hari biasa.[14]

"Man in the Box" mencapai nomor 18 di tangga lagu Mainstream Rock, dengan single lanjutan album, "Sea of Sorrow", mencapai nomor 27,[15] dan dalam enam minggu Facelift terjual 400.000 copy di US.

Alice in Chains dinominasikan untuk "Grammy Award for Best Hard Rock Performance with Vocal" Grammy Award pada tahun 1992 untuk "Man in the Box", tetapi kalah dari Van Halen untuk album 1991 mereka "For Unlawful Carnal Knowledge".[16] Video musik untuk "Man in the Box" dinominasikan untuk Video Heavy Metal/Hard Rock Terbaik di MTV Video Music Awards 1991.[17] Album ini memenangkan Album Debut Terbaik di Forum Yayasan 1991.[18][19]

Pada Juni 2017, Ozzy Osbourne mencantumkan Facelift sebagai salah satu dari "10 Album Metal Favoritnya".[20]

Pada April 2019, album ini menduduki peringkat No. 14 dalam daftar "50 Album Grunge Terbaik" Rolling Stone.[21]

Soundgarden gitaris utama Kim Thayil juga memilih Facelift sebagai salah satu album Grunge favoritnya.[22]

Konser Tour[sunting | sunting sumber]

Band ini terus mengasah penontonnya, membuka artis seperti Iggy Pop,[23] Van Halen, Poison, Dan Extreme. Pada awal 1991, Alice in Chains mendapatkan slot pembuka untuk Clash of the Titans dengan Anthrax, Megadeth, dan Slayer, mengekspos band ke audiens metal yang luas.[24] Selama tur band menemukan diri mereka tunduk pada beberapa penonton yang bermusuhan; namun, bassis Anthrax Frank Bello mengingat bahwa mereka mendapatkan rasa hormat dari orang lain dengan membela diri mereka sendiri: "Jika ada pria yang memulai, Layne akan melompat ke penonton dan menghajar pria itu!".[25] Michael Christopher dari PopMatters mengamati "Dengan Facelift tahun 1990-an, sebelum Nirvana membuka lebar-lebar, Alice in Chains dari Seattle mendapatkan dorongan metal, mengadakan tur dengan orang-orang seperti Slayer dan Megadeth, berulang kali dicemooh dari panggung dalam genre di mana mereka tidak melakukannya."[26] Band ini kemudian merilis kompilasi video Live Facelift, yang difilmkan di Teater Moore pada tahun 1990.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh lagu ditulis oleh Jerry Cantrell, kecuali jika disebutkan.

No.JudulLirikMusikDurasi
1."We Die Young"  2:32
2."Man in the Box"Layne Staley 4:46
3."Sea of Sorrow"  5:49
4."Bleed the Freak"  4:01
5."I Can't Remember"Staley, Cantrell 3:42
6."Love, Hate, Love"Staley 6:26
7."It Ain't Like That" Cantrell, Mike Starr, Sean Kinney4:37
8."Sunshine"  4:44
9."Put You Down"  3:16
10."Confusion"StaleyCantrell, Starr5:44
11."I Know Somethin (Bout You)"  4:22
12."Real Thing"Staley 4:03
Durasi total:54:02

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alice in Chains Chart History – Billboard 200 – Facelift". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 14, 2018. Diakses tanggal December 6, 2017. 
  2. ^ "Alice In Chains' Facelift: 25 Album Facts". VH1. August 21, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 6, 2017. Diakses tanggal December 6, 2017. 
  3. ^ a b Rivadivia, Eduardo (August 21, 2015). "HOW ALICE IN CHAINS BRIDGED ROCK ERAS WITH 'FACELIFT'". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-16. Diakses tanggal January 9, 2019. 
  4. ^ Childers, Chad (June 6, 2013). "BEST DEBUT HARD ROCK ALBUMS". Loudwire. Diakses tanggal January 28, 2020. 
  5. ^ Music Bank. Alice in Chains. Columbia Records. 1996. 69580. 
  6. ^ "Jerry Cantrell explains the concept for the cover of Alice In Chains' album "Facelift"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-21. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  7. ^ de Sola, David (August 4, 2015). Alice in Chains: The Untold Story. Thomas Dunne Books. hlm. 126–128. ISBN 978-1250048073. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-17. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  8. ^ Huey, Steve. "Facelift". AllMusic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-17. Diakses tanggal 2008-01-01. 
  9. ^ https://web.archive.org/web/20130618050306/http://www.kerrang.com/wheretostartwith/artists/alice_in_chains link
  10. ^ "Alice In Chains - Facelift CD Album". Cduniverse.com. 1990-08-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-31. Diakses tanggal 2012-12-11. 
  11. ^ Brackett, Nathan. "Alice in Chains". The New Rolling Stone Album Guide. November 2004. pg. 13, cited March 17, 2010
  12. ^ Rock, Classic (23 September 2019). "Alice In Chains: Facelift - Album Of The Week Club review". Loudersound. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-04. Diakses tanggal 2020-01-31. 
  13. ^ "Alice in Chains - Artist chart History". Billboard.com. Diakses tanggal 2007-11-09. 
  14. ^ Gill, Chris (September 1999). "Dirt". Guitar World.
  15. ^ "Singles". Billboard.com. Diakses tanggal 2007-12-20. 
  16. ^ "34th Grammy Awards - 1992". Rockonthenet.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-01-05. Diakses tanggal 2007-12-08. 
  17. ^ "1991 MTV Video Music awards". Rockonthenet.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-03. Diakses tanggal 2007-12-08. 
  18. ^ "West Coast Awards Winners!" (PDF). RAW Magazine. October 30, 1991. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  19. ^ "Alice in Chains at Concrete Foundation Awards". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-29. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  20. ^ "Ozzy Osbourne's 10 Favorite Metal Albums". Rolling Stone. 26 June 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 June 2017. Diakses tanggal 27 June 2017. 
  21. ^ "50 Greatest Grunge Albums". Rolling Stone. April 1, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-03. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  22. ^ "Soundgarden's Kim Thayil: My Favorite Grunge Albums". Rolling Stone. April 2, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-02. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  23. ^ Glickman, Simon. "Enotes - Alice in Chains". Enotes.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-03. Diakses tanggal 2007-12-28. 
  24. ^ "Alice in Chains Guitarist Discusses 1990 Clash of the Titans tour, Touring With Ozzy". Blabbermouth.net. 2007-10-07. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-08. Diakses tanggal 2008-02-09. 
  25. ^ Sunday Old School: Alice in Chains Diarsipkan 2012-09-21 di Wayback Machine. Metal Underground.
  26. ^ Alice in Chains: Dirt < PopMatters Diarsipkan 2012-10-22 di Wayback Machine. Christopher, Michael. PopMatters.

Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Jerry Cantrell - Guitar, Backing Vocals
  • Kelly Curtis - Management
  • Peter Fletcher - Product Manager
  • Dave Jerden - Producer
  • Sean Kinney - Drums, Percussion
  • Susan Silver - Management
  • Mike Starr - Bass, Backing Vocals on "Confusion"
  • Layne Staley - Rhythm Guitar, Vocals
  • Nick Terzo - A&R