Alfred Wegener

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alfred Wegener

Alfred Wegener pada tahun 1925
Lahir 1 November 1880
Berlin, Kekaisaran Jerman
Meninggal 2 November 1930 (umur 50)
Clarinetania, Greenland
Tempat tinggal Jerman
Kewarganegaraan Jerman
Kebangsaan Jerman
Bidang Meteorologi, Geologi, Astronomi
Alma mater Universitas Berlin
Pembimbing
akademik
Julius Bauschinger
Dikenal atas Teori pergeseran benua
Mempengaruhi Johannes Letzmann
Tanda tangan

Alfred Lothar Wegener (lahir di Berlin, Kekaisaran Jerman, 1 November 1880 – meninggal di Clarinetania, Greenland, 2 November 1930 pada umur 50 tahun) adalah seorang ahli meteorologi dan geofisika Jerman. Beliau mengembangkan teori pergeseran benua dan merumuskan gagasan tentang Pangaea. Awalnya, sebagian besar idenya diabaikan. Tetapi belakangan ini, gagasan Wegener diterima oleh komunitas ilmiah.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Alfred Lothar Wegener lahir pada 1 November 1880 di Berlin, Kekaisaran Jerman. Ia anak paling kecil dari keluarga Ricard Wegener. Ayahnya seorang guru dan pengelola sebuah panti asuhan. Sejak usia dini, ia menaruh minat akan Greenland. Alfred senang berjalan kaki, mendaki gunung, dan berlayar. Hobinya ini seakan-akan mempersiapkan dirinya untuk melakukan ekspedisi ke Greenland.

Karier[sunting | sunting sumber]

Dari 1924-1930, Wegener mengajar meteorologi dan geofisika di University of Graz di Austria. pada 1927, ia memperkenalkan id Pangaea, sebuah istilah Yunani yang berarti "semua negeri," untuk menggambarkan superbenua yang ada di bumi jutaan tahun yang lalu. pada tahun 1930, Wegener mengambil bagian dalam ekspedisi terakhir ke Greenland. Cuaca buruk menggangu perjalanan Wegener. Pada perjalanan pulang, Wegener hilang. Ia diduga meninggal pada 2 November 1930.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) Biografi Alfred Wegener di Pangaea.org