Alfonsus dari Liguori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Alfonsus dari Liguori
Santo Alfonsus dari Liguori
Lahir 27 September 1696
Marianella, Italia
Wafat 1 Agustus 1787
Pagani, Italia
Dihormati di Gereja Katolik Roma
Dibeatifikasikan 15 September 1816 oleh Paus Pius VII
Dikanonisasikan 26 Mei 1839 oleh Paus Gregorius XVI
Hari peringatan 1 Agustus
Alfonsus dari Liguori

Santo Alfonsus dari Liguori (lahir 27 September 1696 – meninggal 1 Agustus 1787 pada umur 90 tahun), adalah seorang Uskup, Doktor Gereja, dan pendiri Kongregasi Redemptorist. Ia terlahir sebagai Alphonsus Marie Antony John Cosmos Damien Michael Gaspard de Liguori pada tanggal 27 September 1696 di Marianella, dekat Naples, Italia.

Dibesarkan dalam keluarga yang taat beragama, Alfonsus sering pergi retret bersama ayahnya, Don Joseph, yang merupakan seorang perwira angkatan laut dan seorang komandan kapal perang kerajaan. Alfonsus adalah anak sulung dari tujuh bersaudara, dibesarkan oleh seorang ibu yang taat beragama dan berdarah Spanyol.

Alfonsus menerima gelar doktor hukum dari Universitas Naples dalam usianya yang masih enam belas tahun. Ia sudah praktik menjadi pengacara pada usia sembilan belas tahun. Namun dia sudah berpikir untuk meninggalkan profesinya itu. [1]

Niat Alfonsus ini baru terwujud pada tahun 1723. Alfonsus kemudian mendedikasikan dirinya ke dalam kehidupan religius, walaupun sebagai akibatnyadia menderita perlakuan buruk dari keluarganya. Ia akhirnya setuju untuk menjadi imam tapi ia minta untuk tetap tinggal di rumah sebagai anggota sebuah grup misionaris sekular.

Alfonsus ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 21 Desember 1726, dan kemudian ia menjadi misionaris selama enam tahun di seluruh daerah Naples.

Pada bulan April 1729, Alfonsus tinggal di "Chiflese College" yang didirikan di Naples oleh Romo Matthew Ripa, seorang misionaris utama di Tiongkok. Disana ia bertemu dengan Uskup Thomas Falcoia, pendiri Kongregasi Pekerja Taat (Congregation of Pious Workers/Pii Operarii). Persahabatan seumur hidup dengannya, dan hubungannya dengan seorang biarawati suci Suster Mary Celeste, benar-benar mengarahkan jalan religius Alfonsus. Dengan bantuan mereka berdua, Alfosnus mendirikan Kongregasi Penebus Dosa Paling Suci (Congregation of the Most Holy Redeemer/Congregatio Sanctissimi Redemptoris (C.Ss.R atau CSSR)) pada tanggal 9 November 1732.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]