Alena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alena
Alena
Alena
Latar belakang
Nama lahir Caroline Gunawan
Lahir 9 November 1981 (umur 33)
Bendera Indonesia Malang, Indonesia
Jenis Musik pop, pop mandarin
Pekerjaan presenter, penyanyi
Tahun aktif 1994 - sekarang
Perusahaan rekaman Blackboard
Terkait dengan Delon, The Saba
Pasangan Popo Fauza
Orang tua Guntur, Maria Gunawan
Situs resmi www.alenamusic.com
Akun twitter @Alena_Wu

Caroline Gunawan atau biasanya dipanggil Alena (lahir di Malang, Jawa Timur, 9 November 1981; umur 33 tahun) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Album kedua Alena, Seindah Diriku dirilis tahun 2008. Dipilihnya Lavender sebagai lagu unggulan tak lain karena Alena memang membidik pangsa pasar Mandarin. Lagu versi Mandarin, yang berjudul Lavender, dijadikan single pertama dari lagu ini.

Alena sering disamakan dengan Helena dari Indonesian Idol di berbagai kesempatan, menanggapi fakta ini, Alena berkomentar: "saya sih ok aja, Helena teman saya & beberapa kali sempat menyanyi bersama. Sepertinya banyk yang bingung karena nama kita mirip & sama-sama keturunan Tionghoa, tapi begitu lebih kenal pasti kelihatan beda karena jenis suara & penampilan kita beda banget, aku yakin ini juga sering dialami Helena".

Album[sunting | sunting sumber]

No Nama Album Tahun Produksi
1 Alena 2002 Universal Music Indonesia
2 Seindah Diriku 2008 Nagaswara
Album Kompilasi
No Nama Album Tahun Lagu
1 Cilapop 2006 2006 Bintang-bintang

Video klip[sunting | sunting sumber]

Syuting klip "Seindah diriku"[sunting | sunting sumber]

Setelah menelurkan album keduanya, kali ini Alena telah melakukan syuting video klip Seindah Diriku yang disutradarai oleh Ivan Handoyo, dengan produser Ari dari rumah produksi Green Production. Syuting tersebut telah dilakukan pada Rabu, 23 April 2008 di jalan Jatipadang Raya no 42, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dari pukul 10.00 pagi sampai dengan selesai.

Video klip Alena kali ini menghadirkan imej yang berbeda dari biasanya, yakni konsep yang lebih menonjolkan kencantikan oriental modern/futuristik serta sisi keseksian dan glamour dari Alena.

Konsep video klip akan terdiri dari tiga set utama. Set pertama Alena menampilkan konsep oriental dengan menggunakan kostum bertema cheongsam futuristic. Pada set kedua, tema yang diusung adalah pure natural dengan kostum yang sexy feminin dan set terakhir bertema glamor dengan menggunakan kostum berwarna silver. "Jadi set pertama lebih ke oriental high fashion, yang kedua aku bersama model, disini kita berperan sebagai suami istri. Dan yang ketiga aku tampak sedang "show" duet dengan The Saba (Marthin, Denny, Ivan)" kata Alena.

Video klip ini merupakan langkah pertama dari rencana perubahan konsep imej Alena, yang tahun ini akan segera bisa disaksikan sensasi terbaru yang akan dihadirkan oleh Alena dan timnya. Karena itu, perancang Swasti Manggalia dengan serius membuat kostum "glamor nan lembut" yang dikenakan Alena dan designer Era Soekamto membuat kostum The Saba. Sisi keglamoran seorang Alena akan sangat terlihat dari kostum & aura feminim lembut yang memang senantiasa dibawakannya.

Pada lagu Seindah Diriku, Alena mengajak penyanyi The Saba untuk bergabung menjalankan proyek ini karena diangap memilki kesamaan visi dalam bermusik. Alena membawakan lagu ini dengan penuh penghayatan karena lagu ini bercerita tentang pengalaman pribadinya, ditambah Alena sendiri menulis liriknya ditemani Rully Roel (band Senyawa).

Alur lagu Seindah Diriku bercerita mengenai kisah sepasang manusia yang saling mencintai tanpa syarat, sehingga mereka bisa menjadi yang terbaik sebagai dirinya sendiri. Tembang ini mengisahkan tentang pertemuan antara dua insan yang menemukan kecocokan dan bisa saling mengasihi dan menerima apa adanya. Sebuah love song yang akan disukai oleh pasangan yang akan menikah atau yang telah menemukan soulmatenya. Lagu ini awalnya dinyanyikan solo, namun agar berkesan lebih romantis maka akhirnya dijadikan duet bersama The Saba.

"Karena lagu ini romantis, aku ingin video klipnya juga romantis. Tetapi tetap menitikberatkan pada fesyennya," ujar Alena yang baru saja terpilih sebagai salah satu duta baca pada Hari Buku Dunia ketiga ini.

Sementara Ivan Handoyo selaku sutradara klip tersebut mengatakan proses pengerjaannya tidak ada yang sulit, karena Alena mudah diarahkan dan memiliki bahasa tubuh yang baik. Selain itu, pengerjaannya cukup satu hari dan diadakan dalam ruangan sebuah studio.

Diharapkan klip ini akan mengobati kerinduan para penggemar Alena yang ingin melihat lebih banyak sisi Alena.

Presenter[sunting | sunting sumber]

Sinematografi[sunting | sunting sumber]

Aktivitas Sosial[sunting | sunting sumber]

Alena sebagai DuTa Baca 2008[sunting | sunting sumber]

Sementara itu, dalam rangka menyambut World Book Day, Alena dan beberapa artis lainnya yang concern terhadap masalah pendidikan menyambut baik perayaan yang diadakan tiap tanggal 23 April itu. Dalam kesempatan jumpa pers di Gedung Depdiknas tadi pagi, Alena menyambut gembira adanya perayaan tersebut.

Alena artis penyanyi yang gemar membaca ini mengaku sangat tertarik mengkampanyekan baca buku sebagai bagian dari gaya hidup disamping untuk kecerdasan dan menambah wawasan. “Senang sekali aku diminta sebagai salah satu duta baca karena memang aku gemar membaca dari kecil. Melalui buku kita bisa melihat dunia. Dengan buku ini juga aku bisa seperti sekarang ini,” ujar Alena yang baru saja meluncurkan album keduanya berjudul Seindah Diriku. Alena mengaku, saat ini dia suka membaca buku-buku ekonomi dan segala yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan diri. Alasannya kedua buku tersebut dapat menjadi motivasi dirinya untuk bisa lebih berkarya lagi.

Menyinggung keikutsertaan dirinya dalam World Book Day ini Alena menegaskan misinya sama dengan yang diusung oleh Unesco melalui World Book Day yakni mengedukasi mayarakat agar gemar membaca buku. “Karena aku sendiri sudah suka baca buku sejak dari kecil. Buku itu benar-benar jendela dunia. Melalui buku kita jadi semakin cerdas,” ujar artis yang menyandang gelar Cum Laude Fakultas IISIP, Universitas Pelita Harapan ini.

Sementara itu hari buku internasional yang jatuh setiap tanggal 23 April merupakan tanggal dimana penulis terkenal asal Spanyol Carvantes dan pujangga asal Inggris William Shakespear meninggal pada tanggal tersebut. Karena itu setiap tangal 23 April adalah Hari Buku Internasional UNESCO untuk menghormati kedua tokoh yang meninggal pada tanggal yang kebetulan bersamaan ini. Tahun ini di Indonesia Hari Buku International akan diperingati pada tanggal 23 April di Museum Bank Mandiri, Kota dan berakhir pada 27 April 2008. Acara Peringatan Hari Buku International ke 10 dan ketiga di Indonesia ini akan dibuka oleh Menkoinfo kom Bapak Muhammad Nuh.

Dalam acara tersebut akan diadakan pameran buku, talkshow, di wisata malam kota tua Jakarta, pengunjung akan diajak menelusuri jejak-jejak tersembunyi gedung-gedung tua. Tak hanya itu, rupanya World Book Day 2008 kali ini juga menyisipkan zona kegiatan yang belum pernah ada sebelumnya seperti festival layang-layang dan festival jajanan tradisional. Perayaan "World Book Day" merupakan bentuk penghargaan dan kemitraan antara pengarang, penerbit, distributor, organisasi perbukuan sertakomunitas-komunitas yang semuanya bekerja sama mempromosikan buku dan literasi sebagai bentuk pengayaan diri dan meningkatkan nilai-nilai sosial budaya kemanusiaan.

Alena and global warming issue[sunting | sunting sumber]

Sementara Global Warming yang sekarang ini sedang naik daun, ternyata disambut baik oleh Alena. Salah satu yang dia lakukan dalam mencegah terjadinya percetapan Global Warming ada banyak hal. Misalnya, sejak kecil dia sudah terbiasa buang sampah di tempatnya. Sekalipun tidak menemukan tempat sampah, tapi sampah tersebut disimpan dulu sampai akhirnya menemukan tempat sampah. Selain itu, dia mengurangi pemakaian AC jika tidak penting atau keadaan sangat panas. “Saya juga selalu mematikan charger hp atau alat-alat listrik lainnya dari tempat kontaknya jika sudah tidak dipakai lagi,” ujar Alena yang juga gemar menanam pepophonan di rumahnya.

Bersamaan dengan kampanye Peduli Lingkungan ini, artis yang baru saja meluncurkan album keduanya bertitel Seindah Diriku itu akan tampil dalam acara Rotaray Preserve Panet Earth yang akan berlangsung pada hari Minggu tanggal 29 Juni pukul 07.00 di depan Gran Indonesia, Jakarta.

Alena akan tampil sebagai artis pendukung gerakan REA tersebut karena sesuai dengan kepeduliannya terhadap lingkungan. “Aku akan senang sekali bisa tampil di acara seperti ini karena sesuai dengan visi ku dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Salah satunya dimulai dari diri sendiri dengan peduli terhadap lingkungan, terutama isu global warming. Rotary memang sangat peduli dengan pelestarian bumi. Terlebih dalam rangka menanggulangi pemanasan global. Sebab itulah dibentuk komite Preserve Planet Earth yang dilaksanakan oleh Rotary sedunia. Demikian dikatakanketua panitia React Green a-thon, Djatnika Soekarta.

Dia menjelaskan REACT Green a-thon yang akan dilaksanakan pada hari minggu 29 Juni 2008 pukul 07.00 ini akan dibuka oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup Ir Rachmat Witoelar.

Jadi bagi yang ingin dan peduli dengan lingkungan dalam rangka mengamankan bumi dari pemanasan global, silakan ikut program ini. Apalagi, usai jalan lagi akan dihibur oleh artis cantik Alena yang akan membawakan beberapa tembang barunya.

Prestasi & penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Hasil
2000 Final Asia Bagus Malaysia Grand Champion
2000 Choir Olimpiade LINZ-Austria dengan Elfa's Singers Medali Emas
2003 MTV Award 2003 Dinominasikan sebagai "Most Promissing Newcommer"
2008 Timeplace Award Talented Artist

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • GATRA No. 09 Tahun XIV 10-16 Januari 2008

Pranala luar[sunting | sunting sumber]