Akademi Keperawatan Patria Husada Surakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Akademi Keperawatan Patria Husada Surakarta
Nama lain
Akper Patria Husada Surakarta
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan14 Juli 2008
DirekturHer Basuki, S.Kp., M.Kes.
Alamat
Jl. Sumpah Pemuda No.50, Kadipiro, Banjarsari
, , ,
57136
,
BahasaBahasa Indonesia
Situs webakperpatriahusada-surakarta.ac.id

Akademi Keperawatan Patria Husada Surakarta (disingkat Akper Patria Husada Surakarta) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta merupakan monumen hidup yang didirikan oleh keinginan luhur para pendiri, dan merupakan sumbangsih kepada bangsa dan negara melalui pendidikan bidang keperawatan. Sejalan dengan cita-cita luhur para pendiri, maka lahirlah Akademi Keperawatan Patria Husada Surakarta pada tahun 1982/1983, dan merupakan yang pertama dan tertua di Jawa Tengah. Sesuai dengan amanat undang-undang maka berdirinya Akademi Kperawatan Patria Husada Surakarta dilandasi semangat ikut mencerdaskan bangsa dan berperan aktif dalam pembangunan nasional bidang kesehatan. Lulusan yang dihasilkan adalah perawat vokasi setingkat ahli madya, setara dengan jenjang profesi level 5 (lima) pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang diharapkan dapat menjadi perawat yang cerdas, terampil, dan bertanggungjawab. Sampai saat ini Akper Patria Husada Surakarta telah menghasilkan sekitar lebih dari 2500 alumni yang tersebar di berbagai layanan kesehatan dan institusi pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa orang alumni saat ini telah mencapai manajer level atas di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta, dan di antaranya menjadi pionir pada berbagai asosiasi baik asosiasi institusi pendidikan maupu organisasi profesional tingkat regional dan nasional.

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Unsur pimpinan Akper Patria Husada Surakarta periode 2019-2023 terdiri dari:

  • Direktur: Her Basuki, S.Kp., M.Kes.
    • Wakil Direktur I: Anton Yuliawan S.Kep., M.Kes.
    • Wakil Direktur II: Pipi Anonyma, A.M.K., S.E., M.P.H.
    • Wakil Direktur III: Ismi Purwaningsih, S.Kep.

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

Akper Patria Husada Surakarta resmi dinyatakan sebagai institusi perguruan tinggi terakreditasi C oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan No.248/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 yang berlaku sejak tanggal 10 April 2019 sampai dengan 10 April 2024.

Program studi[sunting | sunting sumber]

Akper Patria Husada Surakarta memiliki 1 program studi sebagai berikut:

Jenjang Program Studi Akreditasi
BAN-PT
D3 Keperawatan B (Baik)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]