Aigisthos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Aigisthos dibunuh oleh OrestesMuseum Louvre.

Dalam mitologi Yunani, Aigisthos (bahasa Yunani: Αἴγισθος) adalah putra Thiestes dan Pelopia.

Dalam mitologi[sunting | sunting sumber]

Thiestes merasa bahwa dia telah dijatuhkan dari kekuasaannya secara tidak adil oleh saudaranya, Atreus. Keduanya lalu berperang beberapa kali. Selain itu, Thiestes juga berselingkuh dengna istri Atreus, Aerope. Sebagai balasannya, Atreus membunuh putra-putra Thiestes dan menyajikannya sebagai makanan pada Thiestes. Thiestes marah setelah tahu bahwa dia memakan daging anaknya sendiri. Thiestes kemudian bertanya pada orakel bagaimana cara membalas perbuatan saudaranya. Orakel memberitahu bahwa Thiestes harus menghamili putrinya sendiri, Pelopia, dan anak yang lahir dari hubungan itu akan mampu membunuh Atreus.

Ketika Aigisthos lahir, ibunya malu atas hubungan itu dan membuang Aigisthos dengan membekalinya bersama sebilah pedang. Aigisthos kemudian diasuh oleh seorang gembala.[1][2] Atreus, yang tidak mengetahui asal usul Aigisthos, menemukannya dan mengadopsi Aigisthos untuk dibesarkan sebagai anaknya.

Setelah dewasa, Aigisthos disuruh Atreus untuk membunuh Thiestes. Tetapi ketika Aigisthos mendatangi Thiestes, Thiestes mengenali pedang Aigisthos dan menceritakan asal-usulnya. Akhirnya Aigisthos membunuh Atreus.[3] Thiestes dan Aigisthos mengambil alih kekuasaan atas Mikene dan mengusir anak-anak Atreus, Agamemnon dan Menelaos, ke Sparta.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian Thiestes, Aigisthos memerintah sebagai raja di Mikene dan tidak ikut serta dalam Perang Troya.[4] Ketika Agamemnon sedang berprang di Troya, Aigisthos berselingkuh dengan istri Agamemnon, Klitemnestra. Ketika Agamemnon pulang, Aigisthos dan Klitemnestra membunuhnya. Di kemudian hari Aigisthos mati dibunuh oleh Orestes, putra Agamemnon.[5][6][7][8][9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hyginus, Fabulae 87, 88;
  2. ^ Aelian, Varia Historia xii. 42
  3. ^ Hyginus, l.c. and 252.
  4. ^ Homer, Odyssey iv. 518, &c.
  5. ^ Homer, Odyssey iii. 263, &c.
  6. ^ Homer, Odyssey iv. 524, &c.
  7. ^ Pausanias, ii. 16. § 5.
  8. ^ Homer, Odyssey i. 28, &c.
  9. ^ Schmitz, Leonhard (1867), "Aegisthus", in Smith, William, Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology 1, Boston, hlm. 26–27