Gaius Julius Hyginus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gaius Julius Hyginus (ca. 64 SM – 17 M) adalah seorang penulis Latin, murid dari Cornelius Alexander Polyhistor yang terkenal, dan mantan budak Augustus Caesar. Dia kemudian oleh Augustus diangkat sebagai superintenden di perpustakaan Palatine berdasarkan De Grammaticis 20, oleh Suetonius.[1] Tidak jelas apakah Hyginus berasal dari Spanyol atau Iskandariyah.

Suetonius menyebutkan bahwa Hyginus jatuh miskin pada masa tua, dan ditolong oleh sejarawan Clodius Licinus. Hyginus banyak melahirkan karya tulis; karya-karyanya meliputi risalah-risalah biografi dan tifografi, uraian mengenai Helvius Cinna dan sajak-sajak Virgilus, dan diskuisisi mengenai pertanian dan ternak lebah. Semua karya tersebut telah hilang.

Atas nama Hyginus, ada naskah kuno berupa risalah berisi mitologi Yunani, yaitu Fabulae ("kisah-kisah") dan "Astronomi Puitik"

Kawah bulan Hyginus dan planet minor 12155 Hyginus dinamai dari namanya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tidak semua orang yakin bahwa Hyginus penulis Fabulae adalah mantan budak Augustus; contohnya Edward Fitch, meninjau Herbert J. Rose, Hygini Fabulae dalam The American Journal of Philology 56,4 (1935), hlm 422.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • P.K. Marshall, ed. Hyginus: Fabulae 1993; corrected ed. 2002.
  • Rose, Herbert Jennings Hygini Fabulae (1934) 1963.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]