Agamemnon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Topeng Agamenon" yang ditemukan oleh Heinrich Schliemann pada tahun 1876 di Mikene.

Agamémnon (bahasa Yunani: Ἀγαμέμνων) adalah salah satu dari raja dan pahlawan dalam mitologi Yunani. Agamémnon juga merupakan judul sebuah drama tragedi.[1] Ia adalah anak raja Atreus dari Mikenai (atau Argos) dan ratu Airope, dan saudara dari Menelaos.

Ayah Agamemnon, Atreus, dibunuh oleh Aigisthos, yang menjadi raja Mikenai dan memerintah dengan ayahnya Thiestes. Agamemnon dan Menelaos berlindung pada Tindareus, raja Sparta. Mereka kemudian menikah dengan anak-anak Tindareus, Klitemnestra dan Helene. Agamemnon dan Klitemnestra memiliki lima anak: empat anak perempuan, Ifigeneia, Elektra, Khrisothemis, dan Ifianissa dan satu anak laki-laki, Orestes.

Menelaos menjadi raja di Sparta setelah Tindareus, sementara Agamemnon, dengan bantuan saudaranya, mengusir Aigisthos dan Thiestes untuk merebut kembali kerajaan ayahnya. Ia kemudian memperluas daerah kekuasaannya dan menjadi raja terkuat di Yunani.

Ketika Helene, istri Menelaos, diculik oleh Paris dari Troya, Agamemnon menjadi pemimpin armada Akhaia dalam Perang Troya. Setelah pulang dari Troya dia dibunuh oleh Aigisthos yang merupakan kekasih gelap istrinya, Klitemnestra. Klitemnestra juga membunuh Kassandra, selir Agamemnon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Margono dan dkk. Apresiasi Seni 2 Seni Rupa & Seni Teater. 2005. Jakarta. Penerbit: Yudhistira