Andromakhe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Andromakhe Meratapi Hektor" karya Jacques-Louis David, 1783

Dalam mitologi Yunani, Andromakhe ( /ænˈdrɒmək/; bahasa Yunani Kuno: Ἀνδρομάχη) adalah istri Hektor dan putri Eetion, serta merupakan saudari Podes. Ia lahir dan dibesarkan di kota Thebe Kilikia, yang diperintah oleh ayahnya. Nama "Andromakhe" bermakna "pertempuran manusia", dari kata ἀνδρός (andros) "manusia" dan μάχη (makhē) "pertempuran".[1]

Dalam Perang Troya, Hektor dibunuh oleh Akhilles, dan putra mereka Astyanax dilemparkan dari atas dinding kota oleh orang Yunani Talthybios. Neoptolemos lalu menjadikan Adromakhe sebagai selirnya dan saudara Hektor, Helenos, sebagai budaknya. Bersama Neoptelemos, Andromakhe mmperoleh anak bernama Molossos, dan juga, menurut Pausanias,[2] Pielos dan Pergamos. Serelah Neoptolemos meninggal, Andromakhe menikahi Helenos dan menjadi Ratu Epiros. Pausanis juga menyiratkan bahwa putra Helenos, yaitu Kestrinos, adalah anak Andromakhe. Pada akhirnya Andromakhe tinggal bersama Pergamos di Pergamon hingga akhir hayatnya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Campbell, Mike. "Andromache". Behind the Name. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 10 December 2007. Diakses 2007-11-12. 
  2. ^ Pausanias. Hellados Periegesis, 1.11.1.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Andromache". Encyclopædia Britannica (ed. 11th). Cambridge University Press