Adobe Illustrator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Adobe Illustrator
Adobe Illustrator Icon CS6.png
Pengembang Adobe Systems
Rilis stabil CS6 (13.0) (23 April 2012)
Rilis pratayang Tidak ada rilis pratayang untuk saat ini
Sistem operasi Mac OS X, Microsoft Windows
Jenis Editor gambar vektor
Situs web resmi www.adobe.com

Adobe Illustrator adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Illustrator CS6 merupakan versi terkini program ini, generasi keenam belas untuk produk Illustrator.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Versi 1-1,6 (Illustrator 88)[sunting | sunting sumber]

Adobe Illustrator pertama kali dikembangkan oleh Adobe Inc pada bulan Desember 1986 (pengiriman pada bulan Januari 1987) sebagai komersialisasi di rumah Adobe huruf pengembangan perangkat lunak dan PostScript format file. Adobe Illustrator adalah produk pendamping dari Adobe Photoshop . Photoshop adalah terutama diarahkan foto digital manipulasi dan fotorealistik gaya ilustrasi komputer , sementara Illustrator memberikan hasil dalam typesetting dan logo daerah grafik desain . Iklan majalah (ditampilkan di majalah desain grafis perdagangan seperti Komunikasi Seni ) produk itu disebut sebagai "Adobe Illustrator". Illustrator 88, nama produk untuk versi 1.7, [1] was released in 1988 and introduced many new tools and features.[2] dirilis pada tahun 1988 dan memperkenalkan alat-alat baru dan fitur. Pada 2011, Adobe Illustrator '88 format file yang digunakan dalam MATLAB bahasa pemrograman sebagai pilihan untuk menyimpan angka.

Versi 2-5[sunting | sunting sumber]

Meskipun selama dekade pertama Adobe Illustrator dikembangkan terutama untuk Macintosh, itu secara sporadis didukung platform lainnya. Pada awal 1990, Adobe merilis versi Illustrator untuk NeXT , Silicon Graphics , dan Sun Solaris platform, tapi mereka dihentikan karena pangsa pasr yang sedikit. Versi pertama Illustrator untuk Windows, versi 2.0, dirilis pada awal 1989. Windows versi berikutnya, versi 4.0, telah banyak dikritik karena terlalu mirip dengan Illustrator 1,1 bukannya Macintosh versi 3.0, dan tentu saja tidak sama paket yang paling populer Windows 'ilustrasi CorelDRAW . [3](Perhatikan bahwa tidak ada versi 2.0 atau 4.0 untuk Macintosh - meskipun rilis kedua untuk Mac berjudul Illustrator 88 -. Tahun rilis) Versi 4 itu, bagaimanapun, versi pertama Illustrator untuk mendukung pengeditan dalam modus pratinjau , yang tidak muncul dalam versi Macintosh hingga 5,0 pada tahun 1993.

Versi 6-10[sunting | sunting sumber]

Adobe Illustrator 10, versi terakhir sebelum mengubah citra Creative Suite

Dengan diperkenalkannya Illustrator 6 tahun 1996, Adobe membuat perubahan penting dalam antarmuka pengguna berkaitan dengan editing jalan (pemasangan user interface yang sama dengan Adobe Photoshop ), dan banyak pengguna memilih untuk tidak meng-upgrade. Illustrator juga mulai mendukung TrueType , efektif mengakhiri "font perang" antara PostScript Type 1 dan TrueType. Seperti Photoshop, Illustrator juga mulai mendukung plug-in, sangat dan cepat memperluas kemampuannya.

Dengan port sebenarnya dari versi Macintosh ke Windows dimulai dengan versi 7 tahun 1997, desainer akhirnya bisa standar pada Illustrator. Corel mengeluarkan CorelDRAW 6.0 untuk Macintosh pada tahun 1996-an, namun respon dari pasar kurang bagus, terlalu terlambat. Desainer cenderung lebih suka Illustrator, CorelDraw, atau FreeHand berdasarkan perangkat lunak yang mereka pelajari terlebih dahulu. Sebagai contoh, ada kemampuan dalam Freehand masih tidak tersedia di Illustrator (persentase skala yang lebih tinggi, maju mencari-dan-menggantikan fitur, selektif round-sudut editing, ekspor / mencetak objek yang dipilih saja, dll). Corel tidak pernah dianggap sebagai alat tingkat profesional oleh badan-badan besar atau toko desain. Terkenal, Aldus melakukan perbandingan matriks antara perusahaan sendiri Freehand, Illustrator dan Draw, dan satu Draw "menang" adalah bahwa ia datang dengan tiga kali dilihat clip art yang berbeda dari pankreas manusia.

Adobe membeli Aldus pada tahun 1994 untuk PageMaker.[4] Sebagai bagian dari transaksi, Federal Trade Commission mengeluarkan keluhan Adobe Systems pada 18 Oktober 1994 memesan divestasi FreeHand untuk "memperbaiki berkurangnya kompetisi yang bersumber dari akuisisi" karena perangkat lunak Illustrator Adobe. Akibatnya, Macromedia FreeHand diperoleh pada tahun 1995 dari pengembang aslinya, Altsys , dan terus perkembangannya hingga 2004. [5]

Perbedaan kekuatan antara Photoshop dan Illustrator menjadi jelas dengan munculnya Internet, Illustrator telah disempurnakan untuk mendukung penerbitan Web, rasterization melihat pratinjau, PDF , dan SVG (Scalable Vector Graphics). Adobe adalah pengembang awal SVG untuk web dan Illustrator diekspor file SVG melalui plugin File Format SVG.[6] Menggunakan Adobe SVG Viewer (ASV), diperkenalkan pada tahun 2000, memungkinkan pengguna untuk melihat gambar SVG di browser utama sebagian sampai dihentikan pada tahun 2009. [7] Dukungan asli untuk SVG tidak lengkap dalam semua browser utama Internet Explorer 9 sampai tahun 2011. [8]

Versi 9 termasuk fitur pelacakan, mirip dengan yang dihentikan dalam produk Adobe Streamline .

Versi CS-CS5[sunting | sunting sumber]

Illustrator CS adalah versi pertama untuk menyertakan 3-dimensi kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk mengusir atau berputar untuk menciptakan bentuk sederhana 3D objek.

Illustrator CS2 (versi 12) yang tersedia untuk kedua Mac OS X dan Microsoft Windows sistem operasi. Ini adalah versi terakhir untuk Mac yang tidak berjalan secara native di Intel prosesor. Di antara fitur-fitur baru termasuk dalam Illustrator CS2 adalah Live Trace, Live Paint, sebuah palet kustom kontrol dan ruang kerja. Live Trace memungkinkan untuk konversi citra bitmap ke vektor seni dan ditingkatkan kemampuan penelusuran sebelumnya. Live Paint memungkinkan pengguna lebih fleksibel dalam menerapkan warna pada obyek, khususnya mereka yang tumpang tindih. Pada tahun yang sama dengan rilis CS2, Adobe Systems mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Macromedia dalam pertukaran saham senilai sekitar $ 3,4 miliar dan itu terintegrasi operasi perusahaan, jaringan, dan pelanggan-organisasi perawatan segera sesudahnya.[9] Adobe sekarang dimiliki FreeHand bersama dengan lini produk Macromedia seluruh dan pada tahun 2007, Adobe mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan dan update program FreeHand. Sebaliknya, Adobe akan menyediakan alat-alat dan dukungan untuk memudahkan transisi ke Illustrator. [10]


CS3 termasuk update interface Bar Control, kemampuan untuk menyelaraskan poin individu, beberapa Tanaman Wilayah, panel Panduan Warna dan fitur Live Warna antara lain.

CS4 dirilis pada bulan Oktober 2008. Ini fitur berbagai perbaikan alat tua bersama dengan pengenalan beberapa merek alat baru yang diperoleh dari FreeHand. Kemampuan untuk menciptakan beberapa artboards merupakan salah satu utama penambahan CS4 itu dari FreeHand. The artboards memungkinkan Anda untuk membuat beberapa versi dari sebuah pekerjaan dalam satu dokumen. Peralatan lainnya termasuk Brush Blob, yang memungkinkan stroke beberapa vektor sikat tumpang tindih dengan mudah menggabungkan atau bergabung, dan alat gradien revamped memungkinkan untuk lebih mendalam manipulasi warna serta transparansi dalam gradien.

CS5 dirilis pada bulan April 2010. Seiring dengan sejumlah perangkat tambahan untuk fungsionalitas yang ada, fitur baru Illustrator CS5 termasuk alat Perspektif Grid diambil dari FreeHand, sebuah Sikat bulu (untuk stroke tampak lebih alami dan painterly) dan update yang komprehensif untuk stroke, disebut oleh Adobe sebagai "Strokes Indah ".

Versi CS6[sunting | sunting sumber]

Versi CS6 adalah generasi keenam belas dari Adobe Illustrator. Adobe menambahkan lebih banyak fitur dan beberapa perbaikan bug.

Branding[sunting | sunting sumber]

Dimulai dengan versi 1.0, Adobe memilih untuk lisensi gambar Sandro Botticelli '"s Birth of Venus The "dari Arsip Bettmann dan menggunakan bagian yang mengandung Venus 'wajah sebagai citra merek Illustrator. Warnock diinginkan gambar Renaissance membangkitkan visinya tentang Postscript sebagai Renaisans baru dalam penerbitan, dan Adobe karyawan Luanne Seymour Cohen, yang bertanggung jawab atas materi pemasaran awal, ditemukan Venus 'mengalir rambut kendaraan yang sempurna untuk menunjukkan kekuatan Illustrator dalam menelusuri kurva halus atas gambar bitmap sumber. Selama bertahun-tahun rendisi gambar ini di layar splash Illustrator dan kemasan menjadi lebih bergaya untuk mencerminkan fitur yang ditambahkan dalam versi masing-masing.

Citra Venus digantikan (meskipun masih dapat diakses melalui easter egg ) di Illustrator CS (11,0) dan CS2 (12,0) dengan bunga bergaya agar sesuai dengan Suite alam citra Kreatif.[11] Dalam CS3, Adobe mengubah suite branding sekali lagi, untuk blok warna sederhana dengan singkatan dua huruf, yang menyerupai tabel periodik unsur .[12] Illustrator diwakili oleh huruf Ai dalam putih terhadap latar belakang oranye (jeruk dan kuning adalah skema warna yang menonjol dalam branding Illustrator akan kembali sejauh sebagai versi 4.0). Ikon CS4 hampir identik, kecuali sedikit perubahan pada font dan warna yang abu-abu gelap. Ikon CS5 juga hampir sama, kecuali bahwa kali ini logo seperti kotak, bersama dengan semua CS5 logo produk lain, dengan kuning "Ai" terang. CS6 mengubahnya sedikit untuk sebuah persegi coklat dengan perbatasan kuning dan huruf kuning.

Kompatibilitas[sunting | sunting sumber]

Kompatibilitas dengan Inkscape: format asli Inkscape adalah SVG , yang didukung oleh AI, tetapi dua implementasi tidak 100% kompatibel. Inkscape juga ekspor ke PS , EPS dan PDF, format yang dapat mengenali Illustrator.

Sejarah perilisan[sunting | sunting sumber]

Versi Platform Release date Nama kode Fitur
1.0 Mac OS Januari 1987 Picasso
1.1 Mac OS Maret 19, 1987 Inca
88 Mac OS Maret 1988
2.0 Windows Januari 1989 Pinnacle
3 Mac OS, NeXT, other Unixes Oktober 1990 Desert Moose grafik penciptaan
3.5 IRIX 1991
4 Windows Mei 1992 Kangaroose
3.5 Solaris 1993
5 Mac OS Juni 1993 Saturn lapisan, hidup pengeditan dalam modus pratinjau
5.5 Mac OS, Solaris [13] Juni 1994 Janus spell checker, mencari / mengganti teks
5.5.1 IRIX 1995
5.1 Windows 1998 Pavel
6 Mac OS Februari 1996 Popeye gradien, penetes mata, cat ember
7 Mac/Windows Mei 1997 Simba palet dockable tab, mengubah palet, menyelaraskan palet, filter pixel Photoshop, rasterize, punk, mengasapi, gratis mendistorsi, grid layout, alat teks vertikal
8 Mac/Windows September 1998 Elvis pensil alat, bounding menangani kotak, panduan pintar, palet tindakan, pipet bitmap, mesh gradien, sikat hidup, link palet
9 Mac/Windows Juni 2000 Matisse Flash & output SVG, pratinjau pixel, rilis ke lapisan, drop bayangan, transparansi, bulu-bulu, opacity layer mask &, dukungan PDF asli
10 Mac/Windows November 2001 Paloma hidup bentuk pathfinder, simbol, mengiris, dukungan css lapisan, ODBC data link, palet variabel, simpan untuk web, distorsi hidup, amplop warping, (warp / jala / top objek), alat liquify, grid / garis / arc / alat grid kutub , flare alat, tongkat sihir
CS (11) Mac/Windows Oktober 2003 Pangaea/Sprinkles Efek 3D, OpenType dukungan, karakter & ayat gaya, template format file, efek coretan, kolom & baris, kerning optik, margin optik, setiap baris-komposer, pemimpin tab kustom, WYSIWYG menu font, dukungan tipe Jepang, jalur pilihan jenis, simpan untuk Microsoft Office
CS2 (12, 12.0.1) Mac/Windows April 27, 2005 Zodiac hidup jejak, cat hidup, colorized grayscale, dukungan Photoshop lapisan, pilihan stroke yang diperluas, kontrol palet, Adobe dukungan Bridge, Wacom dukungan tablet, SVG-t ekspor, PDF / X ekspor
CS3 (13) Mac/Windows April 2007 Jason hidup warna, Flash integrasi, alat penghapus, profil dokumen, area tanaman, modus isolasi
CS4 (14) Mac/Windows Oktober 2008 Sonnet beberapa artboards, transparansi dalam gradien, sikat gumpalan, mengedit gradien hidup, preview pemisahan, dalam palet-editing penampilan
CS5 (15, 15.0.1, 15.0.2) Mac/Windows Mei 2010 Ajanta perspektif gambar alat, variabel-lebar stroke, kontrol atas opacity dalam poin pada jerat gradien, shape tool pembangun (mirip dengan alat pathfinder) dan bulu sikat, yang memungkinkan pengguna untuk meniru stroke kehidupan nyata kuas tetap menjaga format vektor.
CS6 (16) Mac/Windows Mei 2012 Ellora Adobe Mercury Kinerja Sistem, dukungan 64-bit memori, antarmuka pengguna baru, gradien pada alat, stroke pola pencipta, ImageTrace (menggantikan Live Trace)

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marcin Wichary. "Illustrator splash screens". Guidebookgallery.org. Diakses 2010-12-04. 
  2. ^ “” (2007-09-20). "Illustrator 88 demonstration video". Youtube.com. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 20 October 2010. Diakses 2010-12-04. 
  3. ^ "FreeHand Firsts". The Nelson Group, Inc. 
  4. ^ "Merger creates stronger DTP competition". Folio. 1994-04-15. Diakses 2011-02-11. 
  5. ^ Macromedia’s purchase of Altsys raises questions. InfoWorld. 1994-11-07. Diakses 2011-02-11. 
  6. ^ "Scalable Vector Graphics". Adobe. 
  7. ^ "Adobe to Discontinue Adobe SVG Viewer". Adobe. 
  8. ^ "Scalable Vector Graphics: Support for SVG in web browsers: Compatibility". 
  9. ^ "Adobe Completes Acquisition of Macromedia". Adobe Systems. 2005-12-05. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 19 December 2008. Diakses 2008-12-29. 
  10. ^ "FreeHand no longer updated; moving to Illustrator". John Nack on Adobe. Adobe Blogs. 2007-05-16. Diakses 2009-07-19. 
  11. ^ "Inside CS2: MetaDesign Shares Its Secrets". CreativePro.com. 2005-04-27. Diakses 2010-12-04. 
  12. ^ "The new Adobe icons and branding | Veerle's blog". Veerle-v2.duoh.com. Diakses 2010-12-04. 
  13. ^ Michael J. Connolly (mjconnly@newton41.ckcorp.com). "1999: SUMMARY: Solaris-Adobe Products (a little long)". Sunmanagers.org. Diakses 2010-12-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]