Administrasi apostolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Administrasi apostolik dalam Gereja Katolik diadministrasikan oleh seorang prelatus yang ditunjuk oleh Paus untuk bertugas sebagai Ordinaris untuk suatu wilayah tertentu. Entah wilayah tersebut belum menjadi keuskupan (sebuah 'pra-keuskupan' yang stabil, biasanya administrasi apostolik misionaris), atau merupakan keuskupan, eparki atau ordinariat permanen serupa (seperti prelatur teritorial atau keabasan teritorial) yang tidak memiliki uskup (administrator apostolik sede vacante, seperti setelah kematian uskup, pengunduran diri atau pemindahan ke keuskupan lain) atau, dalam kasus yang sangat jarang terjadi, memiliki uskup yang tidak mampu (administrator apostolik sede plena).

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Para administrator apostolik dalam administrasi stabil dalam Hukum Kanonik Gereja Katolik setara dengan uskup diosesan, yang berarti mereka pada dasarnya mempunyai wewenang yang sama dengan uskup diosesan. Administrator apostolik jenis ini biasanya adalah uskup dari tahap tituler.

Administrator sede vacante atau sede plena hanya menjalankan perannya sampai uskup diosesan yang baru terpilih mengambil alih keuskupan tersebut. Mereka dibatasi oleh hukum kanonik dalam melakukan apa yang dapat mereka lakukan terhadap keuskupan yang mereka kelola untuk sementara. Misalnya, administrator tersebut tidak boleh menjual properti milik keuskupan. Administrator jenis ini biasanya adalah uskup pembantu di keuskupan, imam yang menjabat sebagai vikjen keuskupan, atau Ordinaris di keuskupan tetangga.

Biasanya bila suatu keuskupan kosong, maka uskup koajutor yang ditunjuk sebelumnya akan mengambil alih tahta tersebut atau (jika tidak ada penggantinya) seorang vikaris kapitular/administrator keuskupan dipilih secara lokal, namun Paus, mempunyai kekuasaan pemerintahan penuh, dapat mendahului pilihan ini dan menunjuk seorang administrator apostolik. Kadang-kadang seorang uskup (uskup) yang pensiun, dipromosikan atau dimutasi ditunjuk untuk menjadi administrator apostolik sampai penggantinya ditunjuk dan menjabat; terkadang metropolitan atau sesama sufragan ditunjuk.

Administrasi Apostolik[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2021, terdapat administrasi apostolik stabil berikut ini, yang sebagian besar dikelola oleh seorang uskup (tituler atau eksternal).[1]

Sebagian besar berasal dari ritus Romawi; sebagian besar berada di negara-negara komunis dahulu atau saat ini.

Beberapa administrasi apostolik mempunyai yurisdiksi tidak hanya atas umat Katolik Ritus Latin, tetapi juga atas umat Katolik ritus lain, yang tidak mempunyai yurisdiksi sendiri di sana:

Juga beberapa administrasi apostolik mempunyai yurisdiksi hanya atas umat Katolik Ritus Bizantium, yang tidak mempunyai yurisdiksi sendiri di sana:

Keuskupan Pyongyang[sunting | sunting sumber]

Keuskupan Pyongyang, Korea Utara: uskup resmi terakhirnya, Fransiskus Hong Yong-ho, dipenjara oleh rezim komunis Kim Il Sung pada tahun 1949 dan kemudian menghilang. Metropolitan Uskup Agung Seoul (Korea Selatan) bertindak sebagai administrator apostolik untuk Pyongyang, ketika agama ditindas di Korea Utara.

Administrasi Apostolik Personal Santo Yohanes Maria Vianney[sunting | sunting sumber]

Selain itu, Administrasi Apostolik Personal Santo Yohanes Maria Vianney adalah yurisdiksi non-teritorial, mirip dengan prelatur pribadi, yang dikecualikan, yaitu tunduk langsung pada Tahta Suci, bukan bagian dari gerejawi mana pun. Keuskupan ini merupakan gereja partikular terpisah untuk Katolik tradisionalis di Keuskupan Campos di Brasil, sebuah suffragan dari Keuskupan Agung Metropolitan dari Niterói.

Administrasi apostolik pribadi dibentuk oleh Paus Yohanes Paulus II untuk melayani sekelompok imam Katolik tradisionalis, menggunakan Misa Tridentin, yang berdamai dengan Roma pada tanggal 18 Januari 2002. Kelompok tersebut dibentuk oleh Uskup Antônio de Castro Mayer dan telah dikaitkan dengan Masyarakat St. Pius X Uskup Agung Marcel Lefebvre.[6][7][8]

Administrasi sementara dari takhta kosong[sunting | sunting sumber]

Biasanya Paus menunjuk seorang administrator apostolik pada sebuah keuskupan yang tidak memiliki seorang ordinaris (uskup), sehingga menggantikan administrator keuskupan atau keuskupan agung. Biasanya, uskup emeritus akan ditunjuk dalam kasus seperti ini. Baru-baru ini (dan kecuali yang terakhir), keuskupan agung St. Andrews dan Edinburgh telah memilih Philip Tartaglia di bawah prosedur ini.

Misalnya, Luis Antonio Tagle, Uskup Agung Manila, diangkat sebagai Prefek Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa pada 8 Desember 2019 dan mengakhiri masa jabatannya sebagai uskup agung keuskupan agung tersebut ketika ia menjabat pada 9 Februari 2020. Broderick Soncuaco Pabillo, yang saat itu-Uskup auksilier dari Manila, kemudian diangkat sebagai administrator apostolik hingga Kardinal Jose Advincula menjadi penerus Tagle sebagai uskup agung pada 24 Juni 2021.

Ruperto Cruz Santos, Uskup Balanga di Bataan selama 13 tahun 14 hari yang menggantikan Socrates Villegas pada 8 Juli 2010 sebagai terakhir menjadi Uskup Agung Lingayen-Dagupan di Pangasinan pada 4 November 2009, diangkat menjadi Uskup Antipolo pada 24 Mei 2023 dan mengakhiri masa jabatannya sebagai uskup keuskupan ketika ia menjabat pada tanggal 22 Juli 2023. Florentino Galang Lavarias, Uskup Agung San Fernando, Pampanga, kemudian diangkat sebagai administrator apostolik sambil menunggu pelantikan penerus Santos sebagai Uskup Balanga.

Michael Yeung Ming-cheung, Uskup Hong Kong, meninggal pada tanggal 3 Januari 2019. Kardinal John Tong Hon, Uskup Emeritus, diangkat sebagai administrator apostolik .

Paus juga mempunyai kemampuan untuk menunjuk seorang administrator apostolik sede plena. Anthony Sablan Apuron, Uskup Agung Agaña, sedang diselidiki karena pelecehan seksual pada bulan Juni 2016; Paus Fransiskus menunjuk Savio Hon Tai-fai sebagai administrator apostolik sede plena, sebagai pengganti sementara. Pada tanggal 31 Oktober 2016, Michael J. Byrnes, yang saat itu menjadi Uskup Pembantu Detroit, diangkat menjadi Uskup Agung Koajutor Agaña dengan otoritas administratif penuh, dan kemudian berhasil menjadi uskup agung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apostolic Administrations GCatholic .org. Diakses 2014-07-11.
  2. ^ "Rinunce dan nominasi". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-21. 
  3. ^ "press.vatican.va/content/salastampa/en/bollettino/pubblico/2015/05/16/0373/00816.html - Penerjemah". 
  4. ^ Acta Apostolicae Sedis, 32 (1940), hal . 139-140.
  5. ^ Acta Apostolicae Sedis, 97 (2005), hal. 131-132.
  6. ^ Administrasi Apostolik Pribadi GGatholic.com. Diakses 10-04-2008.
  7. ^ Perpecahan tradisionalis di Brasil berakhir Diarsipkan 14 Oktober 2004 di Wayback Machine. (18 Januari 2002). Kantor Berita Zenit. Diakses 10-04-2008.
  8. ^ Administrasi Apostolik São João Maria Vianney Catholic-Hierarchy.org. Diakses 2008-04-10.