Adelasia dari Torres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Adelasia (1207–1259), putri sulung Marianus II dari Logudoro dengan Agnes dari Massa, putri William I dari Cagliari, dan pewaris kakandanya, Barisone III, pada tahun 1236, merupakan seorang Giudice Logudoro dari tahun 1236 dan Giudice Gallura dari tahun 1238.

Oleh suatu perjanjian yang ditandatangani antara ayahnya, yang memiliki minat di dalam Giudice Gallura, Lamberto Visconti Pisa di bulan Nopember 1218, Adelasia pertama-tama menikah dengan pewaris Gallura, putra Lamberto Ubaldo II pada tahun 1219. Paus Honorius III, musuh warga Pisa, segera mengirim kapelannya Bartolomeo untuk membatalkan pernikahan itu, namun ia gagal dan perjanjian antara Pisa dan Logudoro ditegakkan.

Ubaldo mewarisi Giudice Gallura pada tahun 1225. Marianus wafat pada tahun 1232 dan, dengan wasiatnya, digantikan oleh putranya Barisone III. Atas kematian Barisone (1236) tanpa keturunan, juga sebagai ketetapan dari wasiat Marianus, tokoh terkemuka Logudoro memilih salah satu putrinya, Adelasia atau Benedetta, sebagai pewaris. Mereka dengan suara bulat mengakui Adelasia, yang suaminya dapat membela hak-haknya. Jadi mereka melantiknya juga sebagai Giudice. Pada tahun 1237, Paus Gregory IX mengirim kapelannya Alexander ke Torres untuk menerima pengakuan dari Adelasia atas kekuasaan raja kepausan di Logudoro, juga atas wilayah-wilayah yang diwarisi dari kakeknya William dari Cagliari, di Pisa, Massa, dan Korsika. Di istana Ardara, dengan kehadiran Camaldolese kepala biarawan dan para biarawan S. Trinità di Saccargia, ia mengucapkan sumpah setianya dan Ubaldo mengkonfirmasikannya, menyerahkan kastil Monte Acuto kepada Uskup dari Ampurias sebagai suatu jaminan dari kepercayaannya. Namun Ubaldo tidak melakukannya, mengakui otoritas apapun atas Gallura daripada otoritas kuno Keuskupan Pisa.

Dengan wasiat Ubaldo, yang dibuat di bulan Januari 1237 di Silki, Gallura diwariskan kepada sepupunya John Visconti. Peter II dari Arborea menjadi pelindung Adelasia. Ia segera menikah kembali dengan Guelfo dei Porcari. Meskipun ia tidak hidup dengan lama setelah itu. Pada saat itu, keluarga Doria Genoa, saingan utama Pisa, meyakinkan Kaisar Frederick II untuk menikahkan anak haramnya Enzo dengan Adelasia dan mendirikan Kerajaan Sardinia. Enzo tiba dari Cremona di bulan Oktober pada tahun yang sama dengan kematian Ubaldo dan keduanya menikah dan mendapat gelar Raja dan Ratu Sardinia. Enzo pergi ke semenanjung di bulan Juli 1239 dan tak pernah kembali, dipenjarakan oleh Guelphs, sebuah penjara seumu hidup. Pada tahun 1245 atau 1246, pernikahan tersebut dibatalkan.

Setelah kejadian tersebut, Adelasia, sedih dan letih akan pemerintahan yang aktif dan mengudurkan diri ke kastilnya di Goceano. Ia wafat pada tahun 1259, tanpa keturunan, dan wilayahnya dibagikan di antara keluarga Doria, Malaspina, dan Spinola, yang semuanya memegangnya dari Genoa. Tetangganya Giudice Arborea berhasil mengambil beberapa wilayah. Sassari mengusir gubernur Pisa dengan bantuan Doria, melindungi kembali pertahanannya, dan mengadopsi model pemerintahan republik dalam persekutuannya dengan Genoa, yang mengirimkan podestà tahunan.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ferrabino, Aldo (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: I Aaron – Albertucci. Rome, 1960.
  • Sperle, Christian (2001). König Enzo von Sardinien und Friedrich von Antiochia. Zwei illegitime Söhne Kaiser Friedrichs II. und ihre Rolle in der Verwaltung des Regnum Italiae. ISBN 3-631-37457-7. 


Didahului oleh:
Barisone III
Giudice Logudoro
1236–1259
Diteruskan oleh:
tidak ada
Didahului oleh:
Ubaldo
Giudice Gallura
1238–1257
dengan Enzo
Diteruskan oleh:
John