Ubaldo dari Gallura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ubaldo II Visconti, putra Lamberto dan Elena de Lacon, merupakan seorang Giudice Gallura dari tahun 1225 sampai kematiannya pada tahun 1238. Ia memerintah setiap giudicato di pulau Sardinia pada satu titik dan lainnya menyelamatkan Arborea.

Dengan suatu perjanjian yang ditandatangani di bulan Nopember 1218 dengan Marianus II dari Torres, ayahnya melindungi pernikahannya dengan Adelasia, Putra sulung Marianus. Pernikahan tersebut dilangsungkan pada tahun 1219. Paus Honorius III, musuh warga Pisa, segera mengirimkan kapelannya Bartolomeo untuk membatalkan pernikahan tersebut, namun ia gagal dan oerjanjian antara Pisa dan Logudoro ditegakkan.

Ubaldo mewarisi Giudicato Gallura pada tahun 1225. Pada tahun 1230, ketika pamannya, Ubaldo I Visconti, wafat, ia menyerang giudicato di Cagliari untuk memastikan kelanjutan pengaruh keluarga Pisa disana. Ia akhirnya menjadi wali raja untuk Benedetta sampai tahun 1232.

Marianus wafat pada tahun 1232 dan, dengan wasiatnya, digantikan oleh putranya Barisone III. Atas kematian Barisone (1236) tanpa keturunan, juga seperti yang dicantumkan di dalam wasiat Marianus, tokoh terkemuka Logudoro memilih satu dari putrinya, Adelasia atau Benedetta, sebagai pewaris. Mereka secara bulat memilih Adelasia, yang suaminya dapat melindungi hak-haknya. Jadi mereka juga melantiknya sebagai Giudice. Pada tahun 1237, Paus Gregory IX mengirim kapelannya Alexander ke Torres untuk menerima pengakuan dari Adelasia dari kuasa kepausan. Di istana Ardara, dengan kehadiran Camaldolese kepala baira dan para biarawan S. Trinità di Saccargia, ia memberikan sumpahnya dan Ubaldo menjadi saksinya, menyerahkan kastil Monte Acuto kepada uskup Ampurias sebagai sebuah jaminan dari keyakinannya. Namun Ubaldo tidak melakukan hal itu, mengakui otoritas manapun atas Gallura daripada otoritas yang kuno Uskup Agung dari Pisa.

Ubaldo membuat sebuah wasiat di bulan Januari 1237 di Silki. Keponakannya John dinominasikan untuk menggantikannya, namun suami kedua jandanya, Enzo, mengambil alih kontrol baik Gallura dan Logudoro dan diberikan gelar Raja Sardinia oleh ayahnya, Kaisar Frederick II.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ferrabino, Aldo (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: I Aaron – Albertucci. Rome, 1960.
Didahului oleh:
Lambert
Giudice Gallura
1225–1238
Diteruskan oleh:
John
Didahului oleh:
Barison III
Giudice Logudoro
1236–1238
dengan Adelasia
Diteruskan oleh:
Enzo
Didahului oleh:
Ubaldo I
Giudice Cagliari
1230–1232
dengan Benedetta
Diteruskan oleh:
William II