Address Unknown (film 2001)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Address Unknown
Nama lain
Hangul
Hanja
Alih Aksara yang DisempurnakanSuchwiin bulmyeong
McCune–ReischauerSuch'wiin pulmyŏng
SutradaraKim Ki-duk
ProduserLee Seung-jae
Ditulis olehKim Ki-duk
PemeranYang Dong-geun
Ban Min-jeong
Bang Eun-jin
Cho Jae-hyun
Mitch Malem
SinematograferSeo Jeong-min
PenyuntingHahm Sung-won
DistributorTube Entertainment
Tanggal rilis
  • 02 Juni 2001 (2001-06-02)
Durasi117 menit
NegaraKorea Selatan
BahasaKorea

Address Unknown (Hangul수취인불명; RRSuchwiin bulmyeong) adalah sebuah film Korea Selatan tahun 2001 garapan Kim Ki-duk. Film tersebut adalah film pembuka Festival Film Venesia 2001. Film tersebut berdasarkan pada kisah nyata dari kehidupan sutradaranya, dan orang-orang yang mengenalnya.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini secara umum diterima dengan baik. Arahan Kim Ki-duk sangat bagus. Visualnya menangkap kesunyian yang tak henti-hentinya terjadi di lingkungan sekitar penduduk desa. Dengan sinematografi Seo Jeong-min, gambarnya terlihat kumuh dan dingin, seperti diseret di tanah yang lembap dan kotor sebelum diolah. Sangat sedikit yang cantik atau indah, palet warna memancarkan nuansa lembut dan suram. Selain itu, ia mempertahankan kesan metafora yang kental dalam karya tersebut. Seringkali adegan berlangsung di balik pintu tertutup, atau dikaburkan oleh terpal plastik, dahan atau pagar rantai. Sebagian besar juga terjadi dari jarak jauh. Karakter-karakter ini terjebak di tempat ini, tanpa bantuan orang lain, disadari atau tidak.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Costello, Paul (2011-06-28). "A Cinephile's Journey: Address Unknown (2001)". A Cinephile's Journey. Diakses tanggal 2016-12-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]