Ace Ventura: Pet Detective

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ace Ventura: Pet Detective
Ace ventura pet detective.jpg
Ace Ventura: Pet Detective poster
Sutradara Tom Shadyac
Produser James G. Robinson
Skenario Jack Bernstein
Tom Shadyac
Jim Carrey
Cerita Jack Bernstein
Pemeran Jim Carrey
Courteney Cox
Sean Young
Tone Lōc
Dan Marino
Musik Ira Newborn
Sinematografi Julio Macat
Penyunting Don Zimmerman
Studio Morgan Creek Productions
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
Durasi 86 menit
Negara USA
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $12 juta[1]
Pendapatan kotor $107,217,396


Ace Ventura: Pet Detective adalah sebuah film komedi Amerika tahun 1994 yang disutradarai oleh Tom Shadyac serta menampilkan Jim Carrey. Film ini dikembangkan oleh penulis asli film, Jack Bernstein, dan co-produser, Bob Israel, selama hampir enam tahun. Film ini turut menampilkan Courteney Cox, Tone Lōc, Sean Young dan mantan quarterback Miami Dolphins, Dan Marino. Film berhasil dengan baik di box office, mendapatkan penghasilan kotor $107.000.000 di seluruh dunia dengan anggaran sebesar $11 juta. Sebuah sekuel dibuat untuk mengulangi kesuksesan film ini yakni Ace Ventura: When Nature Calls.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ace Ventura (Jim Carrey) adalah seorang investigator pribadi yang tinggal di Miami, Florida, yang mengkhususkan diri dalam penyelamatan hewan peliharaan atau hewan yang ditawan. Meskipun metodenya berhasil, dia tidak sering menerima banyak tugas dan karenanya, ia tidak dapat membayar sewa atau memperbaiki Chevrolet Monte Carlo 1970 nya yang butut, sedangkan eksentrisitas nya membuatnya menjadi bahan tertawaan dari Departemen Kepolisisan Miami.

Di Joe Robbie Stadium, Snowflake, seekor lumba-lumba botol maskot dari Miami Dolphins, diculik dua minggu sebelum tim ini bermain di pertandingan Super Bowl. Pemilik Dolphins Mr Riddle, yang percaya bahwa tim takut akan kehilangan Super Bowl kecuali Snowflake dikembalikan, memerintahkan kepala operasi, Roger Podacter (Troy Evans), dan kepala humas, Melissa Robinson (Courteney Cox) untuk mencari Snowflake. Ventura disewa untuk memecahkan kasus ini dan menemukan petunjuk pertama dalam bentuk batu rubi berbentuk potongan segitiga, yang ia spekulasi berasal dari cincin Kejuaraan AFC 1984. Ventura kemudian mencoba untuk menemukan pelakunyanya dengan mendatangi setiap anggota skuad juara agar menunjukkan cincin mereka, namun upaya ini gagal.

Kemudian, Podacter secara misterius meninggal karena jatuh dari apartemennya, membuat Ventura dan Robinson pergi untuk menyelidiki. Meskipun Kepala Polisi Miami, Letnan Lois Einhorn (Sean Young) menegaskan bahwa kematian itu adalah bunuh diri, Ventura membuktikan bahwa itu pembunuhan, membuatnya malu. Ketika mencoba untuk mengetahui bagaimana kematian Podacter yang terhubung ke hilangnya Snowflake itu, Ace mengetahui kicker Dolphins mantan bernama Ray Finkle, yang tidak terjawab selama penyelidikan sebelumnya. Finkle telah melewatkan potensi kemenangan pada permainan tendangan gol pada akhir dari Super Bowl XVII, menyebabkan Dolphins kehilangan permainan dan karirnya sendiri gagal.

Setelah menemukan obsesi Finkle dengan sesama pemain Dan Marino, yang tidak menyalahkan untuk penurunan itu, Ventura yakin betul Finkle adalah pelakunya, tetapi tidak dapat menemukannya. Ace dan Melissa pergi ke rumah sakit jiwa di mana Finkle terakhir terlihat, di mana menyamar dengan kedok seorang pasien sakit jiwa, Ace mencari barang Finkle dan menemukan sebuah artikel koran tentang seorang wanita yang hilang, kebetulan bernama Lois Einhorn. Belajar ini, Ventura menyadari secara jijik bahwa Letnan Lois Einhorn adalah Finkle yang menyamar.

Ventura kemudian mengikuti Finkle ke dermaga saat ia pulang dari kantor polisi, di mana ia menemukan Marino diculik dan Snowflake. Ketika polisi tiba, Finkle memerintahkan polisi untuk menembak Ace; Ace kemudian mencoba untuk mengekspos Finkle dengan merobek pakaiannya, tapi gagal sampai akhirnya dibantu oleh Marino.

Marino dan Snowflake kembali pada waktunya untuk Super Bowl XXVII antara Miami Dolphins dan Philadelphia Eagles. Pada turun minum, Ventura mencoba untuk menangkap merpati albino yang adalah subyek kasus lain ia pegang, tapi dicegah oleh sapuan maskot Eagles. Marah karena kelakuannya tersebut, Ventura memukuli maskot dan disaat yang sama berterima kasih melalui JumboTron karena menyelamatkan Marino dan Snowflake.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]