Ace Attorney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ace Attorney
Ace Attorney Logo.png
Logo seri, digunakan dari game kedua dan seterusnya.
Logo menggunakan kata Ace Attorney dalam huruf besar, disertai dengan nama dan siluet protagonis.
Genre Novel visual
Petualangan
Pengembang Capcom
Penerbit Capcom
Nintendo Australia/THQ (Australia)
Penulis Shu Takumi
Platform Game Boy Advance, Nintendo DS, Windows, WiiWare, iOS, Nintendo 3DS, Android
Platform asal Game Boy Advance
Rilis pertama Gyakuten Saiban (kemudian dibuat ulang dan dirilis dalam bahasa Inggris sebagai Phoenix Wright Ace Attorney)
11 Oktober 2001
Rilis terbaru Professor Layton vs. Ace Attorney
29 November 2012
Situs resmi http://www.ace-attorney.com/

Ace Attorney, yang dikenal di Jepang sebagai Gyakuten Saiban (逆転裁判?, lit. "Turnabout Trial"), adalah seri permainan video petualangan, yang dibuat oleh Shu Takumi[1] dan diterbitkan oleh Capcom, di mana pemain berperan sebagai seorang pengacara pembela dalam latar ruang sidang, yang didasarkan pada sistem hukum Jepang, berusaha agar klien mereka mendapat vonis "tidak bersalah" dengan penyelidikan, bukti, dan cross-examination (pemeriksaan silang) untuk membuktikan kasus mereka.

Tiga permainan pertama dalam seri, awalnya hanya dirilis di Jepang dan dalam bahasa Jepang antara tahun 2001 dan 2004 untuk platform Game Boy Advance, telah porting ke Nintendo DS serta diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan lainnya. Seri ini telah dikembangkan untuk DS dari bawah ke atas dimulai dengan game keempat. Remake DS dan permainan dalam seri mengambil keuntungan dari fitur DS, termasuk mikrofon dan layar sentuh. Seri ini dirilis pada WiiWare di Jepang tanggal 15 Desember 2009 dan di Amerika Utara dari 11 Januari 2010.

Tiga permainan pertama menampilkan dan kadang-kadang disebut oleh protagonis utama eponim, Phoenix Wright. Permainan keempat, diatur tujuh tahun setelah akhir permainan ketiga, memperkenalkan protagonis baru, Apollo Justice, yang mengambil alih pekerjaan Wright (meskipun Wright tampil kembali sebagai protagonis utama dalam Ace Attorney 5), dan Miles Edgeworth, karakter utama dari trilogi pertama, ditampilkan dalam dua judul interquel khusus yang diatur antara permainan ketiga dan keempat. Permainan pertama, Phoenix Wright: Ace Attorney, telah diadaptasi menjadi sebuah film ditahun 2012, Ace Attorney, disutradarai oleh Takashi Miike.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kronologi seri Ace Attorney

Latar[sunting | sunting sumber]

Permainan berlangsung di sebuah kota yang diatur pada tahun 2016 dan kemudian, untuk versi Jepang, kota ini adalah suatu tempat di Jepang, sementara Amerika Utara dan Eropa pelokalan menempatkan permainan di Los Angeles, California.[2] Perbedaan pelokalan kadang-kadang akan mencerminkan perbedaan di antara masyarakat, misalnya sisi mobil yang dikemudikan. Selain itu, nama-nama karakter utama telah disesuaikan untuk pelokalan, misalnya, karakter utama dari "Ryuichi Naruhodo", yang nama pada frase Jepang adalah "Saya melihat", telah diubah namanya di versi barat sebagai "Phoenix Wright", mengacu pada burung phoenix yang bangkit dari abunya sendiri, dan dengan "benar".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]