Acanthaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Acanthaceae
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Acanthaceae
Genera

lihat teks.

Acanthaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut Sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk dalam bangsa Lamiales.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kebanyak genus dari Acanthaceae adalah herba, daunnya tunggal, berhadapan, dan tanpa daun penumpu. Bunga terkadang tunggal/berpasangan, tumbuh dari ketiak daun, dan ada pula yang tumbuh membentuk bulir dan tandan. Buganya berkelamin 2, setangkupnya tunggal. Kelopak bunganya terbagi dan dekat dengan pangkalnya. Ada yang berlekuk, dan berjumlah 4-5 buah. Mahkota bunganya kebanyakan berdaun 5, berbibir 2 dengan tabung yang panjang. Benang sarinya 4, panjangnya 2 cm, sering memiliki staminodia 1-3. Akal buah menumpang, beruang dua, kebanyakan dengan 2-8 bakal biji tiap ruang. Tangkai putik 1, bentuknya benang; kepala putik kebanyakan memiliki 2 taju.[1]

Buah kotak membuka menurut ruang. Biji sering terdapat pada pertumbuhan bentuk kait dari tali pusat.[1]

Zat kimia[sunting | sunting sumber]

Acanthaceae jarang ada yang memiliki cyanogenic (syanogenik), ada pula yang tidak. Ada pula yang memiliki alkaloid, ada pula yang tidak. Zat-zat iridoid (iridoid) (dalam subfamilia Acanthoideae dan Ruellioideae.). Arthroquinones (Artraquinon) ditemukan di genus Barleria; yang berasal dari asam shikimat. Verbascosida ditemukan pada 5 genus. Proanthocyanidin tidak ditemukan.[2] Flavonol ada, namun jarang, tapi ada pula yang tidak mengandung zat itu; Saat ada, kaempferol dan quercetin dalam bentuk jejak. Asam elagat ditemukan di 8 spesies, dan 7 genus. Saponin/sapogenin ada, namun ada pula yang jarang. Tidak didapati akumulasi aluminium. Fisiologi zat C3 tercatat di genus Adhatoda, Barleria, Beleropone, Fittonia, Graptophyllum, Justicia, Lepidogathis. Sementara itu, C4 didapati di Blepharis.[2]

Genus terpilih[sunting | sunting sumber]

Salah satu spesies dari Acanthaceae, yakni Thunbergia, memiliki 90-100 spesies.[1] Ada 246 genus dalam Acanthaceae menurut Germplasm Resources Information Network (GRIN).

Diluar genus[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Anonim (2006). Family Acanthaceae. IPB. hal.5. Diakses pada 17 Juni 2013.
  2. ^ a b Watson, L.; Dallwitz, M.J. (1992). "The families of flowering plants". Delta-Intkey.  Unknown parameter |accesdate= ignored (|tanggal akses= suggested) (help)
  3. ^ Acanthaceae (TSN {{{ID}}}). Integrated Taxonomic Information System.
  4. ^ Wortley, A.H., Harris, D.J. & Scotland, R.W.; Harris, D. J.; Scotland, R. W. (2007). "On the Taxonomy and Phylogenetic Position of Thomandersia.". Systematic Botany 32 (2): 415–444. doi:10.1600/036364407781179716. 
  5. ^ "GRIN genera sometimes placed in Acanthaceae". Germplasm Resources Information Network. United States Department of Agriculture. Diakses 2011-07-29.