Abarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam mitologi Irlandia, Abarta (mungkin berarti "pelaku perbuatan"), adalah salah satu dari Tuatha Dé Danann, dan berhubungan dengan Fionn mac Cumhaill.

Salah satu kisah dari tipuan Abarta adalah di mana dia menawarkan dirinya sebagai pelayan untuk Fionn mac Cumhaill, tak lama setelah Mac Cumhaill menggantikan ayahnya sebagai pemimpin Fianna, kelompok prajurit Milesian perkasa. Dengan menunjukkan itikad yang baik, Abarta kemudian memberi mereka kuda liar abu-abu, yang empat belas orang Fianna harus dikatkan ke punggungnya sebelum dapat bergerak. Setelah Abarta telah mengikat Fianna pada bagian belakang kuda, kuda itu berlari pergi membawa prajurit ke dunia Lain di mana Tuatha Dé Danann telah didorong ke bawah tanah oleh para Milesians.

Fianna, yang dipimpin oleh asisten Fionn mac Cumhaill, Foltor, harus mendapatkan kapal ajaib untuk memburu kuda Abarta. Foltor yang menjadi Fianna terbaik dalam mencari jejak, berhasil mencari jalan ke dunia lain, yang dibuat Abarta untuk melepaskan prajurit Fianna yang dipenjara, dan untuk memenuhi kehormatan, harus berpegang pada ekor kuda dan diseret untuk dapat kembali ke Irlandia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cotterell, Arthur: The Encyclopedia of Mythology, page 96. Hermes House, 2007. ISBN 1-84038-894-3