Liath Luachra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Liath Luachra, "abu-Abu dari Luachair", adalah nama dua karakter dalam Siklus Fenian dari mitologi Irlandia. Keduanya muncul di kisah Perbuatan Masa kanak-Kanak Perbuatan Fionn (The Boyhood Deeds of Fionn), yang merinci masa muda dan petualangan tokoh utama Fionn mac Cumhaill.

Liath Luachra yang pertama adalah salah satu ibu asuh Fionn yang membesarkannya setelah kematian ayahnya Cumhal di tangan Goll mac Morna. Dia adalah seorang pejuang besar dan pendamping bibi Fionn, druidess Bodhmall; bersama-sama mereka membesarkan Fionn itu secara rahasia di hutan Sliabh Bladhma. Akhirnya kabar tentang keberadaannya menyebar dan ia terancam oleh para pembuhun ayahanya, sehingga pengasuh mengirim dia untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Pada saat itu mereka telah mengajarkannya banyak hal sehingga dia bisa bertahan hidup sendiri, dan dia pergi sebagai pelayan raja dari Bantry.

Liath Luachra yang kedua adalah prajurit mengerikan dengan tubuh tinggi dan merupakan anggota Fianna. Dia telah menjadi musuh Cumhal, dan bahkan dia memberikan pukulan pertama untuk Cumhal dalam pertempuran di mana dia meninggal. Kemudian Goll mac Morna memberinya kepemilikan harta Cumhal, dan menjadikan dia sebagai pengurus harta resmi Fianna. corrbolg atau crane bag yang dimilikinya adalah salah satu kelompok prajurit pencari harta. Akhirnya dia membunuh seorang prajurit muda bernama Glonda; Fionn melihat ibu pria itu menangis darah atas pembunuhan itu dan memutuskan untuk membalaskan dendamnya. Dia membunuh Liath dengan mudah dan mengambil hartanya. Liath yang ini memiliki seorang putra, Conán mac Lia, yang menjadi tuan di Luchair dan perampok yang melawan Fionn dan Fianna. Dia akhirnya berdamai dengan kelompok dan bergabung dengan mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • MacKillop, James James MacKillop (1998). Dictionary of Celtic Mythology. Oxford. ISBN 0-19-860967-1.