Mogok kerja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemogokan di Oxford pada tahun 2006

Mogok kerja atau pemogokan adalah peristiwa di mana sejumlah besar karyawan perusahaan berhenti bekerja sebagai bentuk protes. Jika tidak tercapai persetujuan antara mereka dengan majikan mereka, maka mogok kerja dapat terus berlangsung hingga tuntutan para karyawan terpenuhi atau setidaknya tercapai sebuah kesepakatan.

Pemogokan kadang digunakan pula untuk menekan pemerintah untuk mengganti suatu kebijakan. Kadang, pemogokan dapat mengguncang stabilitas kekuasaan partai politik tertentu. Suatu contoh terkemuka adalah pemogokan galangan kapal Gdańsk yang dipimpin oleh Lech Wałęsa. Pemogokan ini bernilai penting dalam perubahan politik di Polandia, dan merupakan suatu upaya mobilisasi yang penting yang memiliki kontribusi terhadap runtuhnya pemerintahan komunis di Eropa Timur.

Mogok kerja dapat mengakibatkan kerugian yang besar terutama jika dilakukan oleh karyawan yang bekerja dalam industri yang berpengaruh besar pada masyarakat, seperti perdagangan atau pelayanan publik. Walaupun demikian, dalam UU Tenaga Kerja di banyak negara, termasuk Indonesia, mogok kerja merupakan hak setiap karyawan.

Strategi pemogokan memiliki sejarah yang sangat panjang. Pada akhir dinasti ke-20 Mesir Kuno, pada kekuasaan Firaun Ramses III pada abad ke-12 SM, para pekerja mengorganisasikan suatu pemogokan yang pertama kali dikenal dalam sejarah. Peristiwa ini dilaporkan secara mendetail dalam suatu papirus pada saat itu yang berhasil diselamatkan dan disimpan di Turin.[1] Pada era modern, pada tahun 1768, para pelaut yang mendukung demonstrasi di London, "merusak" layar kapal dagang yang berada di pelabuhan, sehingga melumpuhkan kapal-kapal tersebut.

Aksi Mogok Kerja di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Daumas, François (1969). Ägyptische Kultur im Zeitalter der Pharaonen. hlm. 309. 
  2. ^ "Revitalisasi Mogok Kerja, Dalam Mengubah Kebijakan Publik saat itu". Lembaga Bantuan Hukum ASPEK Indonesia. 2010-1-10.  [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ "Mogok Kerja Massal di KBN Berbuntut panjang". 2011-6-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-24. Diakses tanggal 2011-09-01. 
  4. ^ "Pedagang Tempe di pasar Tradisional Beri Imbauan Libur 3 Hari". detikcom. 8 September 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-06-11. Diakses tanggal 2013-11-19.