Tunjuk Ajar Melayu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tunjuk Ajar Melayu adalah sebuah buku yang berisi segala petuah, suri tauladan, amanah dan nasihat yang membawa manusia ke jalan yang diridhai Allah yang ditulis oleh Dr. (HC). H. Tenas Efendi, seorang sastrawan asal Riau. Yang berkahnya dapat menyelamatkan manusia dari dunia dan akhirat. Untuk menjaga pantun Tunjuk Ajar Melayu dan sejenisnya tidak di salah arti kan oleh generasi muda selanjutnya orang-orang tua akan menyampaikan pantun tersebut dan memperingatkan mereka untuk selalu mendengarkan petuah dan amanah yang berkaitan dengan isi pantun tersebut, tetapi kenyataanya di kalangan masyarakat sendiri pantun tersubut belum pernah di salah artikan maupun disalah gunakan, dikarenakan rakyat sudah terbiasa dengan pantun-pantun yang seperti itu.[1][2]

Setelah Islam masuk kedalam tradisi dan Budaya Melayu pantun-pantun tersebut semakin kekal di hati rakyat melayu karena semakin membuat kebudayaan melayu lebih bersinar. Al-Qur'an dan Hadits serta kitab-kitab para ulama semakin mengekalkan tiap butiran butiran dari tunjuk ajar tersebut. Maka tak heran jika buku ini memilki posisi yang sangat penting di kehidupan masyarakat dan dijadikan rujukan atau patokan pada pembentukan kesadaran moral serta pembentukan jati diri dalam kehidupan sosial masyarakat Melayu tradisional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Warisan BUdaya Tak Benda Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya. 2017. 
  2. ^ dediarman (2018-12-29). "Tunjuk Ajar Melayu dan Tenas Effendy". Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepulauan Riau (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-26.