Munif Chatib

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Penulis & Praktisi Pendidikan
Munif Chatib

Munif Chatib (lahir 5 Juli 1969)[1] (meninggal pada 30 Juni 2022) adalah praktisi pendidikan dan penulis buku-buku pendidikan populer. Buku pertamanya berjudul Sekolahnya Manusia rilis pada tahun 2009 dan dibedah bersama Bobbi De Porter, penulis buku Quantum Learning dan juga mentornya saat studi Distance Learning di Supercamp Oceanside.

Supercamp Oceanside adalah sebuah lembaga pendidikan yang di pimpin oleh Bobbi De Porter di California, Amerika Serikat. Di lembaga tersebut, Munif Chatib tercatat sebagai alumni pertama (1998-1999) yang menduduki peringkat ke-5 dan satu-satunya lulusan dari Indonesia. Tesisnya yang berjudul Islamic Quantum Learning menjadi salah satu referensi yang diminati di Supercamp. Tesis itu berisi kritik tentang penokohan fiktif yang dikembangkan oleh Bobbi De Porter.[2]

Selain menulis buku Gurunya Manusia, Munif Chatib juga telah menerbitkan buku-buku pendidikan populer lain, di antaranya: Gurunya Manusia (2011), Sekolahnya Anak-anak Juara (Bersama Alamsyah Said, 2012), Orangtuanya Manusia (2012), Kelasnya Manusia (Bersama Irma Nurul Fatimah, 2013). Pengalaman mengasuh putrinya yang tidak suka dengan pelajaran matematika dituangkan dalam sebuah novel pendidikan berjudul Bella: Sekolah Tak Perlu Air Mata (2015). Ketika putrinya menikah, Munif Chatib pun menghadiahinya dengan menulis buku Menikah itu Ibadah (2017). Catatan-catatannya tentang pendidikan orang tua dan pola asuh anak diterbitkan dengan judul Parents Learn (2016). Semua buku tersebut diterbitkan oleh penerbit Kaifa, Bandung.[3] Pada tahun 2002, Munif Chatib mendirikan dan sekaligus menjadi CEO Next Edu Indonesia[4], sebuah lembaga konsultan dan pelatihan pendidikan yang telah membantu pengembangan berbagai sekolah, mulai dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Wamena.

Lewat Next Edu Indonesia, Munif Chatib juga mengembangkan program perkuliahan bernama Guardian Angel, yakni sebuah perkuliahan tentang konsep Sekolahnya Manusia yang digagasnya.[2] Nama Guardian Angel sendiri sebenarnya lahir dari sebuah kelakar yang dilontarkan Munif Chatib bahwa sekolah itu ternyata banyak "setan"-nya. "Setan" yang dimaksud adalah setan yang berwujud "virus-virus" negatif yang membuat sebuah sekolah susah berkembang, seperti malas, tidak disiplin, tidak mau belajar, tidak mau berubah, susah berinovasi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itulah, sekolah butuh orang-orang yang bertindak sebagai malaikat penjaga (Guardian Angel) yang akan menyelamatkan sekolah dari "setan" tersebut. Perkuliahan Guardian Angel sendiri sudah melahirkan ratusan alumni yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. Para alumni tersebut terdiri dari: guru, kepala sekolah, pemilik sekolah, ketua yayasan sekolah, pengawas sekolah, akademisi pendidikan, pemerhati pendidikan, orang tua siswa, dan pihak-pihak lain yang peduli terhadap dunia pendidikan.[5]

Melalui Next Edu Indonesia pula, Munif Chatib mengembangkan alat riset bernama Multiple Intellegences Research (MIR), yakni sebuah alat riset yang digunakan untuk mengetahui kecerdasan dominan pada anak. Sampai saat ini, Multiple Intellegences Research (MIR) sudah diterapkan di ratusan sekolah di Indonesia. Pemaparannya tentang konsep Multiple Intellegences Research (MIR) bisa dilihat dalam buku Semua Anak Bintang (2017), yang juga diterbitkan oleh penerbit Kaifa, Bandung (Mizan Group).[3] Pada tahun 2013, Munif Chatib mendapatkan penghargaan sebagai Inspiring Educator dari Mizan Group.

Munif Chatib mendirikan sekolah model untuk menerapkan konsep Sekolahnya Manusia yang digagasnya pada tahun 2015. Ia memberi nama School Of Human untuk sekolah model yang bergerak di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) tersebut. Dan juga model Islamic Boarding School yaitu Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School pada jenjang SMP dan SMA. Di sekolah yang terletak di CIbubur tersebut ia menjabat sebagai Direktur Sekolah hingga sekarang.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Sekolahnya Manusia (2009)
  • Gurunya Manusia (2011)
  • Sekolahnya Anak-anak Juara (Bersama Alamsyah Said, 2012)
  • Orangtuanya Manusia (2012)
  • Kelasnya Manusia (Bersama Irma Nurul Fatimah, 2013)
  • Bella: Sekolah Tak Perlu Air Mata (2015)
  • Parents Learn (2016)
  • Menikah itu Ibadah (2017)
  • Semua Anak Bintang (2017)

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Inspiring Educator 2013 dari Mizan Group[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About MUNIF CHATIB – Munif Chatib". munifchatib.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-08. Diakses tanggal 2018-05-08. 
  2. ^ a b Munif, Chatib, (Mei 2013). Orangtuanya manusia melejitkan potensi dan kecerdasan dengan menghargai fitrah setiap anak (edisi ke-Cetakan V). Bandung: Kaifa. ISBN 9786028994859. OCLC 1017987003. 
  3. ^ a b Chatib, Munif. 2017. Semua Anak Bintang. Kaifa, Bandung
  4. ^ http://nextedu.co.id. "Gambaran - TENTANG KAMI | Next Edu - Discovering Human Multiple Intelligence". nextedu.co.id. Diakses tanggal 2018-05-08. 
  5. ^ Alifi, Asril.2017.Rockstar Teacher. Bentang: Yogyakarta
  6. ^ "Woow….PENGHARGAAN INSPIRING EDUCATOR 2013 DARI MIZAN GROUP – Munif Chatib". munifchatib.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-09. Diakses tanggal 2018-05-09.