Leland Bardwell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Leland Bardwell adalah seorang penulis novel dan penyair wanita Irlandia yang sudah membuat 13 buku puisi, fiksi, dan memoir.[1] Lahir di India tanggal 25 Februari tahun 1922.[2] Leland merupakan salah satu orang yang menyunting majalah sastra Cyphers, anggota penulis Irlandia yang berpengaruh pada tahun 1970an dan pendiri Festival Sastra Scríobh Sligoshe.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Leland Bardwell tumbuh besar di Leixlip, Co Kildare, bersama kakak laki-lakinya bernama Christoper dan seorang adik bernama Paloma. Ayahnya Pat Hone, seorang insinyur rel keret api berkebangsaan Irlandia. Ayahnya berasal dari keluarga yang selama berabad-abad telah melahirkan dua pelukis terkemuka, Nathaniel Hone the Elder and the Younger, seniman kaca patri Evie Hone, dan dua Joseph Hones, seorang penulis biografi dari Yeats, dan juga seorang penulis thriller.

Karier[sunting | sunting sumber]

Bardwell berkembang menjadi seorang penulis puisi, cerita pendek untuk radio, drama dan novel otobiografi. Lima volume puisinya yang terkenal adalah The Mad Cyclist (1970), The Fly and the Bed Bug (1984), Dostoevsky’s Grace (1991), her “new and selected” The White Beach (1998) dan The Noise of Masonry Settling (2005).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Leland Bardwell: Poet and founding editor of literary magazine 'Cyphers'". The Irish Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-10. 
  2. ^ "Leland Bardwell obituary". the Guardian (dalam bahasa Inggris). 2016-07-24. Diakses tanggal 2021-03-03.