Kong Hoa Sie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kong Hoa Sie (Disebut juga wihara Guang Hua-si) merupakan wihara yang terletak di Jakarta dan memegang peranan penting dalam proses pengembangan agama Budha di Indonesia. Berkaitan dengan nama yang sama di Nanshan, Tiongkok. Kong Hoa Sie merupakan satu klenteng atau wihara yang cukup besar dan luas di Jakarta. Didirikan oleh Lau Ho Siang sejak tahun 1951. Awalnya bernama Kong Hoa Sie, yang diambilkan dari sebuah nama klenteng kuno di Hok Kian Pou Cheng di Amoy Tiongkok. Pemeliharaan klenteng ada pada Yayasan Kong Hoa Sie, dengan ketuanya Oey Wen Sehn dan pengurus harian Sie Keng Hoat.

Kehadiran wihara ini erat hubungannya dengan upaya Yang Arya Sanghanata Aryamula Mahabiksu (Pen Ching Lao Ho Sang) mengembangkan agama Budha di Jakarta. Biksu berasal dari Kong Hoa Sie, Tiongkok ini merantau dan menjejakkan kakinya pertamakali di bumi Indonesia pada tahun 1901. Dalam pengembaraannya di Indonesia, ia menetap di Jakarta pada tahun 1926.[1]

Yang Arya Sanghanata Aryamula Mahabiksu memulai misinya dari sebuah cerita, Gok Lan Tong, di daerah petak Sinkian, Tangki Jakarta Barat. Setelah tempat ini diserahkan kepadanya untuk diurus lebih lanjut, ia mendapatkan dukungan umat untuk membangun sebuah wihara. Ini terjadi pada tahun 1951, dan sejak saat itu wihara tersebut resmi dinamakan Kong Hoa Sie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yayasan Untuk Indonesia.; Jakarta Raya (Indonesia). Dinas Kebudayaan dan Permuseuman. (2005). Ensiklopedi Jakarta : culture & heritage = budaya & warisan sejarah. [Jakarta]: Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Dinas Kebudayaan dan Permuseuman. ISBN 9798682491. OCLC 70850252.