Edi Triono Jatmiko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Edi Triono Jatmiko (lahir di Mojokerto, 24 Juli 1964) adalah seorang wartawan dan sastrawan Jawa.[1] Berlatar belakang pendidikan bahasa dan sastra Jawa di IKIP Surabaya (kini Universitas Negeri Surabaya) membawanya menggeluti dunia sastra dan hiburan Jawa. Ia pernah menjabat sebagai sekretaris II PPSJS (Paguyuban Pengarang Sastra Jawa Surabaya). Selain menjadi wartawan di Surabaya Post, Edi Triono Jatmiko juga berperan dalam dunia seni panggung. Ia mendirikan sebuah grup lawak yang bernama The Manis bersama dengan kawan-kawannya. Grup lawaknya tersebut telah banyak tampil pada stasiun TVRI Surabaya.

Karyanya yang lain berupa guritan Jawa telah banyak diterbitkan di majalah Panjebar Semangat, Jaya Baya, dan rubrik Suket koran Surabaya Post Minggu. Karya guritan-nya yang berjudul "Balada Brajangkawat" (Panjebar Semangat, 12 Mei 1990), "Balada Tukang Kentrung" (Panjebar Semangat, 31 Oktober 1987), dan "Balada Ragapadmi" (Panjebar Semangat, 29 Agustus 1987) telah diantologikan oleh Suharmono Kasiyun dalam karya Kabar Saka Bendulmrisi: Kumpulan Guritan yang diterbitkan oleh Paguyuban Pengarang Sastra Jawa pada tahun 2001.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Priyo., Prabowo, Dhanu (2010). Ensiklopedi sastra Jawa. Kementerian Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa, Balai Bahasa Yogyakarta. ISBN 9789791852357. OCLC 801810329.