Zaini Arony

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Zaini arony)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
DR. H.
Zainy Arony
M.Pd
Berkas:Zainy Arony.jpeg
Bupati Kabupaten Lombok Barat
Mulai menjabat
2009
GubernurMuhammad Zainul Majdi
PendahuluDrs. H. Iskandar
Informasi pribadi
Lahir30 Oktober 1954 (umur 65)
Bendera Indonesia Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Kebangsaan Indonesia
PasanganHj. Nanik Suryatiningsih
AnakPutra Vauvar F Farinduan
Alma materUniversitas Mataram
PekerjaanPolitisi
Situs web[2]

Zaini Arony (lahir di Nusa Tenggara Barat, 30 Oktober 1954; umur 65 tahun) adalah Bupati Kabupaten Lombok Barat periode 2009 hingga 2014 dan periode 2014 - 2019.[1]

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Zaini Arony meniti karier mulai sebagai Pegawai Negeri Sipil sejak tahun 1982 pada Departemen Pendidikan Nasional Jakarta, kemudian menjabat Kepala Seksi Publikasi Subdit PU Wajar Depdikbud, Kasi Monitoring tahun 1994, tahun 1995 diangkat sebagai Kasubdit Monitor Dit Dikdasmen Depdikbud Jakarta, selanjutnya tahun 1998 mulai mengabdi di daerah dengan jabatan sebagai Koordinator urusan Administrasi Kanwil Depdiknas Provinsi NTB. Tahun 2001 menjabat Wakil Kepala Dinas Dikpora NTB. Jabtan terakhirnya saat ini adalah Sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Non Formal dan Informal Depdiknas. Pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga NTB mulai bulan September 2000 sampai dengan bulan Maret 2006. Pengalaman sebagai kepala dinas inilah yang membuatnya semakin tahu dan memahami secara luas dan komprehensif karakteristik masyarakat NTB.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Selama mengabdi di dunia pendidikan Zaini Arony pernah mengikuti pendidikan informal antara lain Training On Science And Math di Malaysia tahun 1985, Followship On Education Management di Kobe, Jepang tahun 1987-1989, Short Cource On Adaptation Training Material To Local Need di Italia tahun 1990, Short Cource On Student Active Learning di England tahun 1991, Workshop On Primary Education Quality Improvement di Washington tahun 1992, Short Visit On Distance And Flexible Learning di Australia tahun 1998 dan masih banyak lagi pendidikan informal lainnya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Disamping kesibukannya di dunia pendidikan Zaini Arony juga aktif dalam organisasi seperti aktif sebagai pengurus ICMI Jakarta Selatan, pengurus GUPPI pusat, pengurus PB PGRI dan anggota KORPRI. Mengenai keluarga, Zaini Arony memiliki seorang istri yakni Hj. Nanik Suryatiningsih yang saat ini berbisnis busana muslim. Dari perkawinannya dengan Hj. Nanik Suryatiningsih Zaini Arony dikaruniai seorang putra bernama Vauvar F Farinduan. Kaya dalam pengalaman pengabdian di dunia pendidikan memberikan inspirasi yang kuat untuk memberikan darma baktinya yang terbaik dan dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Putra kelahiran Dasan tapen ini menginvestasikan segala potensi untuk berikhtiar menjadi kepala daerah, namun ikhtiar tersebut penuh dengan tantangan namun semua itu dihadapinya dengan sabar dan ikhlas. “Biarkan orang lain yang menjadikan kita musuh, tetapi kita jangan punya niat menjadikan orang lain sebagai musuh, ikhtiar adalah kewajian dan hanya tuhan yang bisa menentkan” itulah penggalan kalimat yang sering diucapkannya. Berbekal pengalaman hidup dan ditopang kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual serta dilandasi disiplin kesabaran dan keikhlasan menjadikannya sebagai Bupati Lombok Barat periode 2009-2014.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Indonesia) [3]