Windows Live Hotmail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hotmail
URL www.hotmail.com
Komersial? Yes
Jenis situs Web application (E-mail, Webmail)
Pendaftaran Diperlukan
Bahasa 36 bahasa
Pengguna 369 juta (March 29, 2011)[1]
Lisensi konten Proprietary
Pemilik Microsoft
Dibuat oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith
Diluncurkan 4 Juli 1996; 17 tahun yang lalu (1996-07-04)
Status saat ini Online

Windows Live Hotmail, atau yang sebelumnya dikenal dengan nama MSN Hotmail dan seringkali hanya disebut dengan Hotmail, merupakan layanan e-mail berbasis web gratis yang dioperasikan oleh Microsoft sebagai bagian dari Windows Live Group. Layanan e-mail berbasis web gratis ini diprakarsai oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith, dan pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 1996 dengan nama HoTMaiL. Didanai oleh perusahaan modal ventura Draper Fisher Jurvetson, Hotmail merupakan salah satu pioneer penyedia layanan e-mail berbasis web gratis. Nama asli dan kapitalisasi layanan e-mail gratis satu ini, yaitu HoTMaiL, berasal dari kata HTML (HyperText Markup Language), bahasa pengkodean yang digunakan oleh World Wide Web (www). HoTMaiL kemudian diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 1997 senilai $ 400 juta, dan tak lama setelahnya, layanan e-mail gratis ini berubah nama menjadi MSN Hotmail. Versi kini dari layanan e-mail gratis ini, Windows Live Hotmail, secara resmi diumumkan pada 1 November 2005 dan dirilis di seluruh dunia pada 7 Mei 2007.

Windows Live Hotmail memiliki fitur penyimpanan yang tidak terbatas, pengamanan dengan hak paten, teknologi Ajax, dan integrasi dengan Windows Live Messenger, Spaces, Calendar, SkyDrive, dan Contacts. Menurut comScore (Agustus 2010), Windows Live Messenger merupakan layanan e-mail berbasis web terbesar di dunia, dengan jumlah pengguna sekitar 364 juta. Sedangkan posisi kedua dan ketiga dipegang oleh Yahoo! Mail dengan 280 juta pengguna, dan Gmail dengan 191 juta pengguna. Windows Live Hotmail tersedia dalam 36 bahasa yang berbeda. Pengembangan Hotmail memiliki basis di Mountain View, California. Ketika Hotmail Corporation masih berupa perusahaan independen, kantor pusatnya berada di Sunnyvale, California.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Serupa dengan layanan webmail besar lainnya, Hotmail menggunakan teknik pemograman Ajax dan mendukung versi terbaru dari Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, dan Google Chrome. Beberapa fiturnya, termasuk kontrol keyboard, memberikan kemampuan navigasi di seluruh halaman tanpa harus menggunakan mouse, kemampuan untuk mencari pesan-pesan pengguna yang mengandung syntax query terstruktur seperti dari: ebay, filterisasi pesan, pengorganisasian pesan berbasis folder, penyelesaian alamat kontak secara otomatis ketika menulis, pengelompokan kontak, mengimpor dan mengekspor kontak sebagai file CSV, format rich text, signature berupa rich text, penyaringan spam, dan virus scanning. Dalam perbandingannya dengan layanan webmail lainnya, Hotmail menawarkan fitur-fitur unik sebagai berikut.

Tampilan Aktif[sunting | sunting sumber]

Tampilan aktif (active view) pada Hotmail memungkinkan penggunanya untuk secara langsung berinteraksi dengan isi dan fungsi dalam pesan e-mail mereka. Sebagai contoh, setiap lampiran foto dapat ditampilkan langsung menggunakan active view ini. Selain itu, Hotmail juga menyediakan partner platform yang memungkinkan isi dan fungsi dari berbagai situs dan layanan seperti YouTube, Flickr, LinkedIn dapat dilihat langsung dalam pesan e-mail pengguna. Sebagai contoh, pengguna dapat melihat video YouTube dalam Hotmail ketika mereka menerima e-mail berisi link ke video YouTube tadi.

Integrasi Hotmail dengan Aplikasi Office Web[sunting | sunting sumber]

Hotmail terintergrasi dengan Office Web Apps untuk memungkinkan tampilan dengan ketelitian tinggi dan pengeditan dari Microsoft Office Word, Excel, dan dokumen PowerPoint yang terlampir dalam pesan. Pengguna dapat langsung membuka lampiran dokumen-dokumen Office tersebut dalam web browser dan menyimpannya dalam Windows Live SkyDrive mereka. Pengguna juga dapat melakukan pengeditan pada dokumen Office apapun yang diterima, dan langsung membalas kepada pengirim dengan dokumen yang sudah diedit tersebut. Sebagai tambahan, dengan menggunakan Hotmail, pengguna juga dapat mengirim dokumen Office sampai 10 GB (masing-masingnya maksimal 50 MB) dengan mengunduh dokumen-dokumen tersebut ke Windows Live SkyDrive dan membaginya kepada pengguna-pengguna lain.

Berkas Percakapan[sunting | sunting sumber]

Hotmail menyediakan kemampuan untuk secara otomatis mengelompokkan e-mail terkirim dan diterima yang berasal dari percakapan yang sama ke dalam thread percakapan yang sama, yang memungkinkan pengguna untuk secara cepat menelusuri semua e-mail dalam thread percakapan yang sama. Fitur yang satu ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan, tergantung pada preferensi si pengguna.

Penyapuan[sunting | sunting sumber]

Hotmail menawarkan ‘virtual broom’ (sapu virtual) yang memungkinkan pengguna untuk menghapus atau memindahkan sejumlah besar e-mail ke dalam folder tertentu berdasarkan informasi pengirim. Setelah penyapuan atau sweep dilakukan, pengguna dapat memilih untuk mengkonfigurasikan Hotmail untuk mengingat pengaturan sweep dan melakukan langkah pemindahan atau penghapusan yang sama untuk ke depannya. Pengguna juga dapat membuat pengaturan pesan khusus berdasarkan informasi penerima atau pengirim, subjek e-mail, atau lampiran yang ada pada e-mail.

Tampilan Cepat dan Penyaringan Sekali Klik[sunting | sunting sumber]

Quick view (tampilan cepat) memungkinkan pengguna untuk menyaring semua e-mail (dalam semua folder) berdasarkan lampiran dokumen, lampiran foto, pesan yang ditandai, ataupun waktu pengiriman. One-click filters (penyaringan dalam satu kali klik) memungkinkan pengguna untuk menyaring kotak masuk (atau folder tertentu) berdasarkan sudah atau belumnya pesan dibaca, Windows Live Contacts list, grup milis atau Windows Live Group, atau dari situs jejaring sosial.

Registrasi[sunting | sunting sumber]

Dalam proses registrasi, pengguna baru dapat memilih alamat domain Hotmail yang diinginkan, seperti user@hotmail.com, atau user@windowslive.com, atau untuk pengguna Indonesia, dapat memilih user@hotmail.co.id. Sebagai contoh, kita menginginkan sebuah e-mail beralamat ni_sa_6363@hotmail.co.id.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peluncuran Hotmail[sunting | sunting sumber]

Layanan Hotmail didirikan oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith, dan merupakan salah satu layanan webmail pertama yang ada di Internet. Hotmail diluncurkan secara komersial pada tanggal 4 Juli 1996, pada hari kemerdekaan Amerika, sebagai simbolisasi ‘kebebasan’ dari e-mail berbasis ISP dan kemampuan untuk mengakses inbox pengguna dari seluruh penjuru dunia. Nama Hotmail dipilih dari berbagai kemungkinan nama berakhiran –mail, karena nama tersebut mengandung huruf-huruf H, T, M, L dari HTML (HyperText Markup Language) sebagai bahasa yang digunakan untuk membuat situsnya (sebagai penekanan, nama tersebut aslinya ditulis dengan HoTMaiL). Batas untuk penyimpanan gratis adalah 2 MB. Hotmail awalnya didukung oleh perusahaan modal ventura Draper Fisher Jurvetson. Pada bulan Desember 1997, Hotmail tercatat memiliki lebih dari 8,5 juta pelanggan. Hotmail awalnya dijalankan dengan FreeBSD-Apache dan akhirnya dikonversi menjadi produk Microsoft pada tahun 2000.

MSN Hotmail[sunting | sunting sumber]

Hotmail dijual kepada Microsoft pada Desember 1997 seharga $ 400 juta, dan bergabung ke dalam layanan grup MSN. Hotmail dengan cepat meraih popularitas, karena layanan ini dialokasikan untuk pasar yang berbeda di seluruh dunia dan menjadi layanan webmail terbesar di dunia, serta memiliki lebih dari 30 juta anggota aktif pada Februari 1999. Hotmail awalnya berjalan atas kombinasi FreeBSD dan sistem operasi Solaris. Kemudian, sebuah proyek mulai memindahkan Hotmail ke Windows 2000, dan pada Juni 2001, Microsoft mengklaim proyek tersebut tercapai; namun beberapa hari setelahnya ditarik kembali dan diakui bahwa fungsi DNS dari sistem Hotmail masih bergantung pada FreeBSD. Setelahnya, pembangunan melihat bahwa layanan ini terikat pada skema otentikasi web Microsoft, Microsoft Passport (sekarang disebut Windows Live ID), dan integrasi dengan instant messaging Microsoft dan program jejaring sosial, MSN Messenger dan MSN Spaces (yang sekarang disebut Windows Live Messenger). Pada periode tersebut, muncul insiden keamanan yang paling luas penyebarannya dalam sejarah web, yaitu setiap orang dapat memasuki akun Hotmail apapun hanya dengan menggunakan password eh.

Pada tahun 2001, layanan Hotmail kembali dikompromikan oleh para hacker yang menemukan bahwa siapapun dapat login ke akun Hotmail mereka kemudian memisahkan pesan-pesan dari akun Hotmail lain dengan menyusun URL dengan username dari akun kedua dan nomor pesan yang valid. Sungguh sebuah serangan simpel, puluhan surat kabar dan ratusan situs mempublikasikan deskripsi tepat yang memungkinkan puluhan ribu hacker merajai Hotmail. Eksploitasi kerentanan ini menyebabkan jutaan akun terkena gangguan, yaitu antara 7 Agustus dan 31 Agustus 2001. Setelah stagnasi teknologi, industri webmail melakukan perbaikan signifikan pada tahun 2004, ketika Google mengumumkan layanan e-mail-nya sendiri, Gmail. Memiliki ruang penyimpanan data yang lebih besar, fleksibilitas kecepatan dan tampilan, pesaing baru ini memacu gelombang inovasi dalam industri webmail. Pemegang industri utama kelas berat, Hotmail dan Yahoo! Mail, kemudian memperkenalkan versi upgrade dari layanan e-mail mereka dengan kecepatan yang lebih tinggi, serta fitur dan tingkat keamanan yang lebih baik.

Windows Live Hotmail[sunting | sunting sumber]

Sistem e-mail baru dari Microsoft diumumkan pada 1 November 2005, di bawah nama sandi Kahuna, dan versi betanya dirilis ke beberapa ribu penguji. Penggemar webmail lain yang ingin mencoba versi beta dapat meminta undangan untuk diberikan akses. Layanan baru ini dibangun dari awal, dan menekankan tiga konsep utama, yaitu ‘lebih cepat, lebih simpel, dan lebih aman’. Versi baru dari layanan beta telah diterapkan selama masa pengembangan, dan pada akhir tahun 2006, jumlah penguji beta telah mencapai jutaan.

Nama Hotmail awalnya direncanakan untuk dihilangkan ketika Microsoft mengumumkan bahwa sistem e-mail baru akan disebut Windows Live Mail, namun para pengembang segera menarik kembali setelah penguji beta menjadi kebingungan dengan perubahan nama tersebut, dan lebih memilih nama yang telah dikenal baik, yaitu Hotmail. Maka, ditetapkanlah Windows Live Hotmail. Setelah masa pengujian beta, Windows Live Hotmail secara resmi dirilis untuk pengguna baru maupun lama di Belanda, pada 9 November 2006, sebagai pasar percontohan. Pengembangan beta selesai pada bulan April 2007, dan Windows Live Hotmail dirilis untuk masa pendaftaran baru, pada 7 Mei 2007, dan 260 juta akun MSN Hotmail di seluruh dunia pun memperoleh akses ke sistem yang baru. Tampilan MSN Hotmail yang lama hanya dapat diakses oleh pengguna yang terdaftar sebelum tanggal rilis dan tidak memilih untuk memperbaharuinya menjadi layanan Hotmail yang baru. Proses update untuk para pengguna ini selesai pada Oktober 2007. Windows Live Hotmail juga kemudian dianugerahi Choice Award PC Magazine Editor pada Februari dan Maret 2007, dengan rating 4 dari 5 bintang.

Pada tahun 2008, di situs web Windows Live Hotmail diumumkan bahwa pelayanan akan diperbaharui dengan memfokuskan diri pada peningkatan kecepatan, penambahan ruang penyimpanan data, dan pengalaman pengguna yang lebih baik akan kegunaan fitur-fitur yang ada. Diumumkan bahwa sign-in dan kecepatan akses e-mail akan meningkat sampai 70%, sedang versi lengkap dan klasik dari Windows Live Hotmail akan dikombinasikan ke dalam rilis yang baru. Sebagai hasil umpan balik dari para pengguna, Hotmail telah diperbaharui sehingga penggiliran kerja bagi para pengguna yang memiliki panel baca, dimatikan. Diharapkan pula, tim Hotmail akan memindahkan iklan dari atas halaman ke samping halaman, menambahkan lebih banyak themes, meningkatkan jumlah pesan yang dapat ditampilkan dalam setiap halamannya, dan menambahkan kemampuan untuk saling mengirim pesan instan dari inbox pengguna pada rilis yang akan mendatang.

Dukungan untuk Mozilla Firefox pada Windows Live Hotmail yang telah di-upgrade memakan waktu selama beberapa bulan untuk dapat terselesaikan. Dukungan penuh untuk Google Chrome juga kemudian ditambahkan pada 4 November 2008. Pada 30 Okktober 2008, beberapa pemegang akun yang menggunakan browser berbasis macam-macam Linux mulai dapat merasakan akses read-only. Akan tetapi, dengan kegunaan dari pengganti user agent untuk mengecoh Hotmail agar berpikir bahwa pengguna mengaksesnya dari Windows, fungsi normal pun dikembalikan, yang mengindikasikan bahwa Windows Live Hotmail tidak memungkinkan diakses oleh semua browser.

Sebagai bagian dari pembaharuannya, Microsoft juga menambahkan kemampuan terintegrasi untuk pesan instan dengan kontak pada layanan Windows Live Messenger. Fitur ini merupakan realisasi proyek yang dimulai sebagai Windows Live Web Messenger pada 2007 silam, sebagai pengganti dari layanan MSN Web Messenger yang telah ketinggalan zaman, yang pertama kali diluncurkan pada Agustus 2004. Tercatat bahwa Windows Live Web Messenger aslinya memiliki fitur tab percakapan yang ditampilkan pada conversation workplace, akan tetapi fitur ini dihapus sejak integrasinya dengan Hotmail.

Pada 18 Mei 2010, Microsoft meluncurkan update dari Hotmail, Wave 4, yang menawarkan fitur-fitur seperti One-Click Filter, Active View, Inbox Sweeping, dan 10 GB lampiran foto dan dokumen Microsoft Office. Wave 4 juga mencakup integrasi dengan Windows Live SkyDrive dan Windows Live Office, sebuah versi gratis dari Microsoft Office Web Apps suite. Versi baru ini memulai rilisnya secara bertahap untuk seluruh pengguna Hotmail pada 15 Juni 2010 dan selesai pada 3 Agustus 2010. Dukungan Exchange ActiveSync telah diaktifkan untuk semua pengguna Hotmail pada 30 Agustus 2010, yang memungkinkan mereka untuk melakukan sinkronisasi pesan, kontak, kalender, dan tasks ke perangkat mobile yang mendukung protokol. Sebagai tambahan, tersedia pula fitur seperti SSL versi lengkap yang akan dirilis kemudian pada tahun 2010.

Akses Desktop Mail Client[sunting | sunting sumber]

POP3[sunting | sunting sumber]

Akses POP3 tersedia untuk semua akun Hotmail sebagai bagian dari rilis Wave 3, menambahkan dukungan pada akses Hotmail dari e-mail client manapun – terutama perangkat mobile.

WebDAV[sunting | sunting sumber]

Hotmail sering dikritisi karena hanya mengizinkan pelanggan berbayar yang dapat mengakses melalui protokol WebDAV, yang memungkinkan pengunduhan e-mail secara lokal melalui desktop e-mail client seperti Microsoft Outlook Express atau Mozilla Thunderbird (dengan ekstensi webmail). Akses WebDAV ini awalnya tersedia untuk seluruh pengguna Hotmail, namun layanan bebas tersebut dicabut pada tahun 2004. Jika akun Hotmail pengguna lebih tua dari tahun 2004 tersebut, masih memungkinkan bagi pengguna tersebut untuk mengakses secara bebas akun Hotmail mereka dari luar internet web browser, yakni dengan program-program yang menggunakan WebDAV yang telah disebutkan sebelumnya. Jika akun pengguna terbilang lebih baru, akses WebDAV, sayangnya, hanya tersedia dalam layanan Hotmail premium. Pada 4 Juni 2009, Microsoft menginformasikan bahwa WebDAV akan dihentikan pada 1 September 2009.

DeltaSync[sunting | sunting sumber]

Untuk akses melalui Outlook 2003, Outlook 2004, atau Outlook 2010, pengguna dapat mengunduh gratis Microsoft Office Outlook Connector. Dengan menggunakan Outlook Connector, pengguna dapat dengan bebas mengakses pesan-pesan e-mail, kontak, dan kalender di dalam akun Hotmail manapun, meski, akses kepada tasks dan notes membutuhkan langganan premium. Alternatif lain bagi para pengguna adalah untuk menggunakan Windows Live Mail desktop client yang telah terpasang dukungan untuk Hotmail. Kedua aplikasi tersebut, Windows Live Mail dan Microsoft Outlook, dapat mengakses Hotmail melalui protokol DeltaSync yang dimiliki. Saat ini, tidak ada alternatif Mac yang memanfaatkan DeltaSync, karena Microsoft Entourage tidak mendukung hal tersebut. Belum ada kabar dari Microsoft Entourage ataupun Windows Live Hotmail, apakah sebuah ‘Entourage Connector’ akan tersedia di masa mendatang.

Exchange ActiveSync[sunting | sunting sumber]

Sebagai bagian dari rilis Hotmail Wave 4, Microsoft telah menambahkan dukungan Exchange ActiveSync pada Hotmail, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi e-mail mereka, kontak, dan kalender pada perangkat manapun yang mendukung protokol Exchange ActiveSync.

Kebijakan Spam dan Penyaringan[sunting | sunting sumber]

Hotmail seringkali digunakan oleh para spammer untuk tujuan ilegal seperti e-mail sampah atau e-mail berantai, dan pemasaran yang tidak diinginkan. Hal tersebut dikarenakan oleh luasnya ketersediaan Hotmail, popularitas dan kemudahan dalam registrasinya. Bagaimanapun, Microsoft tidak mentolerir praktik tersebut, dan akun yang terlibat dengan aktivitas tersebut akan dimatikan tanpa peringatan terlebih dahulu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hachman, Mark (September 9, 2011). "Microsoft to Talk About 'Reinvented' Hotmail Next Month". PC Magazine. 

Referensi lain[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]