Wikipedia:Menghapus cache di pencarian Google

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:UNGOOGLE)

Google dan mesin pencari lainnya seringkali menggunakan cache dalam menampilkan hasil pencarian mereka. Hal ini dilakukan untuk mempersingkat waktu pencarian sebab mesin pencari tidak perlu melakukan hal yang sama secara berulang-ulang. Bagi sebagian besar situs web, sistem seperti ini tidak menyebabkan masalah yang berarti karena konten situs web tersebut relatif tidak berubah-ubah. Meskipun demikian, Wikipedia merupakan situs web yang sangat dinamis. Dalam beberapa kasus, sebuah halaman yang terkena vandalisme akan ditampilkan di hasil pencarian Google dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menimbulkan masalah serius, terutama pada artikel-artikel biografi tokoh yang masih hidup.

Halaman ini menjelaskan bagaimana cara mengirim permohonan ke Google untuk menghapus cache dari halaman yang terkena vandalisme.

Catatan: apabila suatu halaman layak diberi {{NOINDEX}}, maka penanganannya akan lebih mudah.

  1. Pastikan halaman yang dimaksud sudah tidak mengandung teks yang tervandalisme. Apabila masih ditemukan vandalisme, Anda dapat mengembalikan revisi tersebut.
  2. Kunjungi laman https://www.google.com/webmasters/tools/removals dan masuk menggunakan akun Google Anda.
  3. Apabila Anda belum mempunyai akan, silakan buat akun atau minta pengguna lain untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.
  4. Pilih "Information or image that appears in the Google search results." kemudian klik Next>>.
  5. Pilih "The site owner has modified this page so that it no longer contains the information or image that concerns me." kemudian klik Next>>.
  6. Pada kotak pertama, masukkan URL lengkap dari halaman yang terkena vandalisme. Untuk Wikipedia bahasa Indonesia, pastikan URL berupa format http://id.wikipedia.org/wiki/JUDUL_ARTIKEL
  7. Pada kotak kedua, masukkan kata-kata tidak pantas yang ingin dihapus dari hasil pencarian. (Pastikan bahwa Anda tidak memasukkan kata yang masih memiliki konteks di halaman tersebut. Sebagai contoh, seorang vandal menuliskan kata "rasis" hingga muncul di pencarian Google. Namun, kata "rasis" juga ditemui pada bagian lain halaman. Pada kasus ini, jangan masukkan kata "rasis" pada permohonan tersebut.)
  8. Klik "Submit Request"

Google akan meninjau permohonan dalam selang waktu beberapa hari sebelum dapat menghapus konten yang tidak diinginkan. Anda dapat mengecek status permohonan. Apabila permohonan tersebut ditolak, maka kemungkinan Anda melakukan kesalahan di langkah ke-6 (memasukkan kata yang sudah ada sebelumnya di artikel.)