WE.177 (bom nuklir)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari WE.177)

WE.177, awalnya WE 177, dan kadang-kadang hanya sebagai WE177, adalah serangkaian senjata nuklir taktis dan strategis yang digunakan oleh Royal Navy (RN) dan Royal Air Force (RAF). Ini adalah senjata nuklir utama yang dijatuhkan dari udara di Inggris sejak akhir tahun 1960an hingga tahun 1990an.

Desain dasarnya didasarkan pada W59 AS, yang diperoleh Inggris sebagai bagian dari keterlibatan mereka dalam program Skybolt GAM-87. RAF tidak senang dengan tahap utama W59, yang berpotensi mengalami ledakan yang tidak disengaja jika terkena guncangan mekanis. Persyaratan Operasional Kementerian Udara OR.1177 dikeluarkan untuk desain baru yang menggunakan bahan peledak yang kurang sensitif, yang dilakukan di Badan Penelitian Senjata Atom sebagai "Cleo". Ketika Skybolt dibatalkan, Inggris memperoleh akses ke rudal UGM-27 Polaris dan hulu ledak W58-nya , tetapi mereka terus mengembangkan Cleo sebagai senjata taktis untuk menggantikan Red Beard. Persyaratan selanjutnya untuk senjata taktis dan anti-kapal selam yang jauh lebih kecil untuk penggunaan Angkatan Laut dipenuhi dengan menggunakan senjata primer baru sebagai senjata fisi yang diperkuat.

Tiga versi diproduksi, A, B dan C. Yang pertama diproduksi adalah TNT (1.900 TJ) WE.177B berkekuatan 450 kiloton, yang mulai digunakan oleh RAF di RAF Cottesmore pada bulan September 1966. Pengiriman selanjutnya ditunda karena kebutuhan. untuk menyelesaikan hulu ledak untuk Polaris A3T. Angkatan Laut baru mulai menerima ~10 kt (42 TJ) WE.177A hingga tahun 1969. Model 190 kt (800 TJ) C untuk RAF menyusul.

Semua versi dapat dikirimkan dengan pesawat sayap tetap dan dapat menggunakan retarder parasut. WE.177A, dalam mode anti-kapal selam, juga dapat dibawa oleh helikopter.

Senjata Angkatan Laut dipensiunkan pada tahun 1992, dan semua senjata RAF lainnya dipensiunkan pada tahun 1998. Ketika akhirnya ditarik pada tahun 1998, WE.177 telah beroperasi lebih lama dibandingkan senjata nuklir Inggris lainnya. WE.177 adalah bom nuklir terakhir yang digunakan oleh Royal Air Force, dan senjata nuklir taktis terakhir yang digunakan oleh Inggris.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]