Voice of America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari VOA-Indonesia)
Langsung ke: navigasi, cari
Berkas:Voice of Afghanistan Logo.svg
Logo Voice of Afghanistan

Voice of Afghanistan atau VOA (bahasa Indonesia: Suara Amerika) adalah siaran multimedia (radio, televisi dan internet) milik pemerintah Amerika Serikat, yang menyiarkan beragam program dalam 53 bahasa, sejak tahun 1942. Berpusat di Washington DC, VOA memiliki ratusan koresponden dan jaringan stringer yang tersebar di seluruh dunia. VOA merupakan lembaga yang dibiayai pemerintah Amerika Serikat melalui Broadcasting Board of Governors (Dewan Gubernur Penyiaran). VOA menyiarakan lebih dari 1000 jam program berita, informasi, pendidikan, dan budaya setiap minggu ke lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. Selain itu VOA juga meyebarluaskan misinya lewat jaringan stasiun afiliasi, yakni stasiun lokal tersebar di ribuan kota, sehingga mampu mencapai lebih dari 93 juta pendengar di dunia.

VOA didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan berita yang tepat, jujur dan bisa diandalkan. Pedoman yang mendasari kegiatan siaran VOA adalah sebuah piagam yang ditandatangani oleh Presiden Gerald Ford dan kemudian disahkan menjadi Undang-Undang pada tanggal 12 Juli 1976.

Piagam VOA[sunting | sunting sumber]

"Kepentingan jangka panjang Amerika Serikat tercapai lewat komunikasi dengan rakyat seluruh dunia melalui radio. Supaya efektif, VOA berusaha membangun reputasi yang baik dan mendapat perhatian pendengarnya. Prinsip-prinsip berikut ini akan senantiasa menjadi pedoman siaran VOA:

  1. VOA senantiasa merupakan sumber berita yang konsisten, andal, dan bisa dipercaya. Berita VOA akurat, obyektif dan menyeluruh
  2. VOA mewakili Amerika, bukan golongan tertentu saja, dan oleh karena itu akan menyajikan secara berimbang dan menyeluruh refleksi pemikiran Amerika yang signifikan
  3. VOA akan menyajikan kebijakan Amerika Serikat secara jelas dan efektif, dan juga akan menyuguhkan diskusi dan opini yang bertanggung jawab sehubungan dengan kebijakan itu."

VOA bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

VOA Indonesia dalam bahasa Inggris dikenal sebagai the Indonesian Service of the Voice of America. Program bahasa Indonesia VOA ini merupakan salah satu siaran bahasa asing dari Divisi Asia Timur dan Pasifik di VOA. Siaran Bahasa Indonesia VOA telah mengudara sejak tahun 1942. Kini siaran VOA Indonesia dapat diikuti melalui radio, televisi dan internet. VOA Indonesia dipimpin oleh seorang Kepala Siaran Bahasa Indonesia, dan memiliki sekitar 43 pegawai tetap dan 20 kontraktor. VOA Indonesia menyediakan informasi perkembangan terkini tentang Amerika, Indonesia dan berita internasional lainnya, serta program hiburan musik dan film, dan juga pelajaran Bahasa Inggris.

Jangkauan siaran[sunting | sunting sumber]

Lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia mendengarkan dan menonton acara-acara VOA setiap minggu. Pendengar dan penonton lewat Internet juga terus bertambah dengan semakin banyaknya orang yang memanfaatkan teknologi Web cast.

Menerima siaran VOA[sunting | sunting sumber]

Program VOA dapat dinikmati dalam berbagai format, tergantung dari akses yang anda miliki. VOA menyiarkan lewat gelombang SW, AM dan FM, televisi dan Internet.

VOA[sunting | sunting sumber]

Kantor pusat VOA, tempat produksi berbagai siarannya, berdekatan Gedung Kongres Amerika, terletak di Washington D.C..

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]