Lompat ke isi

Pengguna:Syofiardi Bachyul Jb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Syofiardi Bachyul Jb, lahir di Jambi, 24 Juni 1970 dari keluarga asli Sungai Sariak, Padangpariaman, Sumatera Barat. Aktif menulis sejak Kelas II SMPN Sungai Sariak hingga SMA Negeri Tujuh Koto, Sungai Sariak, Padangpariaman di koran untuk pelajar KMS-Harian Singgalang.

Sejak SMA menulis di sejumlah media lain di Padang, Medan, Yogya, dan Jakarta, umumnya cerpen dan puisi. Di antaranya Harian Singgalang, Haluan, Semangat, Canang, majalah Estafet, Media Indonesia, Bisnis Indonesia, The Jakarta Post, dan Sinar Pagi.

Sejak mahasiswa Fakultas Sastra di Universitas Bung Hatta menjadi Asisten Redaktur Tabloid KMS-Harian Singgalang dan membidani lahirnya surat kabar mahasiswa di Universitas Bung Hatta, Padang, Wawasan Proklamator (1991-1994) dan menjadi pemimpin redaksi. Saat menjadi aktivis pers mahasiswa dicari-cari intel ABRI gara-gara menulis resensi buku Pramodya Ananta Toer (waktu itu dilarang) dan dianggap 'menadah' plus 'menyebarkan' buku dan buletin terlarang versi Orba.

Pada 2000 ikut membidani lahirnya Tabloid Bukittinggi Post di Bukittinggi dan menjadi Wakil Pemimpin Redaksi (2000-2001). Di tabloid ini ia membuat 'peringatan etika jurnalis' di bawah boks redaksi yang berbunyi: "Wartawan Bukittinggi Post dilarang menerima amplop dan pemberian lain dari narasumber". Peringatan ini menjadi contoh di banyak media pers Indonesia, termasuk televisi, setelah dipopulerkan oleh jurnalis senior Budiman S. Hartoyo dalam acara diskusi tentang integritas jurnalis Indonesia yang diadakan Yayasan Jurnalis Independen (YJI) di Jakarta.

Pada 2001 hingga 2008 menjadi Pemimpin Redaksi Tabloid Puailiggoubat (http://www.puailiggoubat.com), media untuk pemberdayaan masyarakat Mentawai yang diterbitkan Yayasan Citra Mandiri (http://www.ycmmentawai.org) dengan dukungan dana Rainforest Fund Norway. Sejak 2004-sekarang menjadi Koresponden Harian The Jakarta Post (http://www.thejakartapost.com) di Padang.

Padang Maret 2008 mendirikan Portal Berita Lokal di Padang, PadangKini.com ( http://www.padangkini.com )dengan menjabat sebagai Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi.

Syofiardi ikut mendirikan AJI (Aliansi Jurnalis Independen) AJI Padang (http://www.ajiindonesia.org) pada 2006 dan menjadi ketua pertama periode 2006-2009.