Lompat ke isi

Pengguna:Rossmiaty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komunikasi internasional

Pengertian komunikasi internasional secara sederhana adalah komunikasi yang dilakukan atau melibatkan bangsa atau negara di dunia.

Bentuk-bentuk komunikasi internasional antara lain : 1. Komunikasi interpersonal , yaitu upata untuk mengubah sikap,opini atau prilaku seseorang karena beberapa alasan, diantaranya : a. Komunikator dapat langsung mengetahui Frame of reference komunikan secara utuh dan penuh. Seperti pendidikan,suku bangsa,hobi dan unsur-unsur yang lain. b. Saat komunikasi berlangsung dialog-dialog berupa percakapan berupa tanya jawab, sehingga dapat mengetahui segala tentang diri komunikan. c. Komunikasi berlangsung secara tatap muka atau saling berhadapan. Dapat melihat ekspresi wajah,sikap,gerak tubuh, dan lain-lain.

2. Komunikasi Kelompok Didalam komunikasi kelompok ini setiap kelompok punya norma sendiri yang menentukan apakah boleh atau tidaknya sesuatu dilakukan.

3. Komunikasi massa , mempunyai beberapa ciri diantaranya: 1. Bersifat heterogen 2. Bersifat umum 3. Menimbulkan keserempakan 4. Komunikator dan komunikan bersifat non pribadi

4. Komunikasi politik adalah terkait bagaimana menjelaskan proses politik dari perspektif komunikasi. Kajian komunikasi politik juga terkait dengan komunikasi massa khususnya studi dampak media.

5.Komunikasi antar budaya Komunikasi ini dilakukan untuk mengurangi ketidakpastian atau hambatan terbesar mengenai sikap terhadap orang dari budaya lain.

Komponen komunikasi internasional, diantaranya:

1. Komunikator dan Komunikan , dapat berupa : a.Government to government (pemerintah ke pemerintah ) b.people to people ( orang ke orang) c.institution to institution ( lembaga ke lembaga )

2. Pesan a.Padat, ringkas, jelas, sopan, persuasif, tidak mengandung bias. b.mengandung tujuan 3. Saluran komunikasi internasional , berupa : a.Tatap muka b.melalui organisasi internasional seperti PBB dan lain-lain c.non formal d.media massa