Lompat ke isi

Pengguna:Rizky Rinaly

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ketenangan jiwa https://rizkyrinaly.com

Ketenangan jiwa adalah terhindar dari gangguan dan penyakit kejiwaan. Istilah lain mengatakan bahwa ketenangan jiwa itu ialah kemampuan seseorang menyesuaikan diri dalam menghadapi setiap masalah dan goncangan dalam kehidupan.

Kesehatan jiwa atau mental itu juga merupakan kemampuan terhadap diri individu dalam merasakan setiap kebahagiaan,kekuatan diri dan memahami akan arti harga diri. Seseorang yang dapat menghubung kaitkan fungsi jiwa mereka [1]dengan sesuatu yang positif dan kebaikan adalah orang yang berusaha agar dirinya dan jiwanya tetap dalam keadaan sehat.

Jika seseorang dalam keadaan terganggu jiwanya, biasanya akan berpengaruh terhadap perasaan, pikiran, kelakuan, dan kesehatan fisik, selalu dalam kebimbangan, perasaan tertekan, putus asa, acuh tak acuh dan lain lain.

Jika jiwa atau mental seseorang terganggu, kemampuan berfikir menjadi berkurang, tidak dapat memusatkan perhatiaan, menjadi orang yang mudah pelupa, serta tidak dapat meneruskan usaha yang telah direncanakan. Begitu juga akan berpengaruh kepada sifat - sifat yang negatif m seperti nakal, pendusta, mengganggu dan menganiaya orang lain, menyinggung perasaan orang lain dan sebagianya.

Gangguan jiwa juga dapat menyebabkan melemahnya kesehatan fisik, serta dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Jiwa seseorang yang tidak sehat, membuat dirinya menjadi tidak terurus, tidak menghiraukan aturan kehidupan yang sempurna, akhirnya berbagai penyakit akan datang menimpa.

Jelaslah bahwa ketenangan jiwa itu ialah terhindarnya diri dari berbagai penyakit kejiwaan, mampu menyesuaikan diri dengan berbagai keadaan, sanggup menghadapi setiap masalah. Serta merasakan diri sendiri berguna dan berharga sekaligus dapat menggunakan potensi yang ada dalam diri sendiri dengan sebaik-baiknya.

  1. ^ Riinaly, Rizky (11 Agustus 2021). [www.lintaspemuda.com "Ketenangan jiwa"] Periksa nilai |url= (bantuan). www.lintaspemuda.com. Diakses tanggal 11 Agustus 2021.